Implementasi Digital Islamic (Digislamic) Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5993Keywords:
Implementation, Digital Islamic, Learning EffectivenessAbstract
Penelitian ini tentang implementasi Digital Islamic (Digislamic) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi digital islamic terhadap efektivitas pembelajaran pada berbagai mata pelajaran yang dilakukan di SMA Al Muslim Bekasi. Penelitian dilaksanakan selama satu semester terhadap peserta didik kelas X (sepuluh) sampai XII (dua belas) berjumlah 450 peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan instrumen kuesioner terhadap 40 sampel yang diambil secara proporsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digital islamic (Digislamic) dalam pembelajaran memiliki efektivitas yang sangat tinggi. Hal ini dilihat dari tingginya partisipasi belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara daring (dalam jaringan) maupun luring (diluar jaringan). Indikator lainnya dapat dilihat dari pembelajaran direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, menumbuhkan motivasi dan partisipasi belajar, menggunakan berbagai media, menyediakan bahan ajar yang menantang, menciptakan suasana belajar konusif, dan memberikan hasil belajar maksimal. seluruh indikator mendapatkan kriteria sangat tinggi. Â Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika digital islamic (Digislamic) digunakan secara optimal dalam pembelajaran, maka akan meningkatkan efektivitas pembelajaran.Â
References
Andi Prastowo. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Prenadamedia Group.
Asmidir Ilyas. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Remedial. Universitas Negeri Semarang.
Budiman Nasution, dkk. (2022). Pengantar Teknologi Digital. Guepedia.
Dyah Afifah Andari. (2021). Media Pembelajaran Berbasis ICT. Guepedia.
Endang Sri Wahyuningsih. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Munir Yusuf. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Selat Media Partners.
Sandriana Juliana Nendissa, dkk. (2022). Pengajaran Berbasis Teknologi Digital. Widina Bhakti Persada Bandung.
Sastya Hendri Wibowo, dkk. (2022). Teknologi Digital di Era Modern. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Sudirman. (2021). Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran: Dalam Perspektif Pragmatis. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Yuniar Sakinah Waliulu. (2022). Pendidikan Dalam Transformasi Digital. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).