Implementasi Digital Islamic (Digislamic) Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Authors

  • Isep Djuanda Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hamidiyah Jakarta, Indonesia
  • Didi Suradi STIT Nusantara Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5993

Keywords:

Implementation, Digital Islamic, Learning Effectiveness

Abstract

Penelitian ini tentang implementasi Digital Islamic (Digislamic) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi digital islamic terhadap efektivitas pembelajaran pada berbagai mata pelajaran yang dilakukan di SMA Al Muslim Bekasi. Penelitian dilaksanakan selama satu semester terhadap peserta didik kelas X (sepuluh) sampai XII (dua belas) berjumlah 450 peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan instrumen kuesioner terhadap 40 sampel yang diambil secara proporsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digital islamic (Digislamic) dalam pembelajaran memiliki efektivitas yang sangat tinggi. Hal ini dilihat dari tingginya partisipasi belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara daring (dalam jaringan) maupun luring (diluar jaringan). Indikator lainnya dapat dilihat dari pembelajaran direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, menumbuhkan motivasi dan partisipasi belajar, menggunakan berbagai media, menyediakan bahan ajar yang menantang, menciptakan suasana belajar konusif, dan memberikan hasil belajar maksimal. seluruh indikator mendapatkan kriteria sangat tinggi.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika digital islamic (Digislamic) digunakan secara optimal dalam pembelajaran, maka akan meningkatkan efektivitas pembelajaran. 

References

Andi Prastowo. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Prenadamedia Group.

Asmidir Ilyas. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Remedial. Universitas Negeri Semarang.

Budiman Nasution, dkk. (2022). Pengantar Teknologi Digital. Guepedia.

Dyah Afifah Andari. (2021). Media Pembelajaran Berbasis ICT. Guepedia.

Endang Sri Wahyuningsih. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Munir Yusuf. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Selat Media Partners.

Sandriana Juliana Nendissa, dkk. (2022). Pengajaran Berbasis Teknologi Digital. Widina Bhakti Persada Bandung.

Sastya Hendri Wibowo, dkk. (2022). Teknologi Digital di Era Modern. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Sudirman. (2021). Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran: Dalam Perspektif Pragmatis. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Yuniar Sakinah Waliulu. (2022). Pendidikan Dalam Transformasi Digital. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Published

12-02-2024

Citation Check