Pembentukan Manusia Ihsan dan Karakter Rabbani Dalam Al-Qur’an

Authors

  • Adek Kholijah Siregar UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, Indonesia
  • Tobroni Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Faridi Faridi Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5940

Keywords:

Pembentukan, Manusia Ihsan, Karakter Rabbani, AL-Qur'an

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan manusia ihsan dan karakter Rabbani dalam al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif -deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah library research atau kajian kepustakaan. Sumber data adalah data primer berupa buku-buku atau karya ilmiah yang terkait dengan judul penelitian ini, sedangkan data sekundernya berupa buku-buku dan karya ilmiah yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Pembentukan Manusia Ihsan  dan Karakter Rabbani dalam al-Qur’an adalah: keimanan, keihlasan, pembiasaan, pendidikan, keteladanan, ketaatan, kepatuhan 2) Keagungan akhlak Nabi Muhammad SAW yaitu : Akhlak Nabi Muhammad SAW adalah Al-Qur’an, seperti : ketaqwaan, keikhlasan, kesabaran, bersifat shiddiq, Amanah, tabligh dan jujur.

 

References

Arifin, R. (2022). Kurikulum pendidik Rabbani untuk peningkatan kompetensi kepribadian guru. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3). https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8103

Azis, I. (2020). Keteladanan Sifat Rasullah Muhammad SAW dalam Etika Profesi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 30(5). https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p06

Badriah, L. (2018). Implementasi Landasan Filosofis – Teleologis Pendidikan Islam Dalam Membangun Pendidikan Karakter (Telaah Surat Ali Imran Ayat 79). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(2). https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(2).128-137

Cahyawati, F. F., Muslihudin, M., & Suklani, S. (2021). Dampak Lingkungan Keluarga dan Program Pembiasaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.627

Devitasari, O. anggun, Rusman, R., & Asrori, A. (2023). Internalisasi Karakter Rabbani melalui Metode Keteladanan pada Mata Pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1592

Fauzi, R. (2022). Al-AmrÄdh Al-Qalbiyyah Dan Terapinya Dalam Ilmu Tasawuf. Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam, 2(2). https://doi.org/10.58572/hkm.v2i2.21

Hadi, N. (2022). Islam, Iman Dan Ihsan Dalam Kitab Matan Arba‘In An-Nawawi: Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi SAW. Intelektual, 9(April).

Halimah, S. (2022). Isi atau Materi Pendidikan: (Iman, Islam, Ihsan, Din, Amal Saleh). Journal of Islamic Education El Madani, 1(1). https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.12

Hambal, M. (2019). Pembentukan Karakter Rabbani di Pesantren Al-Islam Lamongan Jawa Timur Indonesia. Jurnal Tadarus, 8(1).

Hasanah, R. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS. Jurnal Holistika, 4(1). https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.22-26

Herawati, & Kamisah. (2019). Mendidik Anak Ala Rasulullah (Propethic Parenting). Journal of Education Science (JES), 5(1).

Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2021). Dinamika Kepribadian Dalam Perspektif Psikologi Islam; Telaah Konsep Amarah, Lawwamah, dan Muthmainnah serta Korelasinya Dengan Iman, Islam, dan Ihsan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 8(2). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.20031

Muhammad Fachri Rafiq. (2020). Peran Ihsan Dalam Pembentukan Akhlak Manusia. Jurnal Keislaman.

NAINGGOLAN, J. (2022). LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i2.501

Nasrullah. (2021). Implementasi Pendidikan Rabbani dalam Membentuk Karakter dan Kecerdasan Spiritual. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02). https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.248

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Nurul Mahruzah Yulia, Suttrisno, Zumrotus Sa’diyah, & Durrotun Ni’mah. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2). https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1204

Pratama, L. R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter PAUD. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1125

Razak, S. A., Zakaria, S. N. ’Aeshah, & Mokhtar, M. M. (2021). Pembangunan Rohani Generasi Muda Rabbani Berasaskan Kerohanian Nabi Muhammad Saw : Satu Analisis Awal. Jurnal Al-Sirat, 2(19).

Saihu, M., Suparto, & Balgis, L. F. (2021). Nalar Tasawuf dalam Pendidikan Islam : Kajian Atas Makna Ihsan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001).

Sari1, S. L., Devianti, R., & SAFITRI, N. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947

Shofiyah, S. S., & Handoko, H. H. (2023). PEMBIASAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI MEDIUM PEMBENTUKAN KARAKTER RABBANI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AHMAD YANI JABUNG. Journal Islamic Studies, 4(2). https://doi.org/10.32478/jis.v4i2.1495

Suranta, E. (2021). Membentuk Sumber Daya Manusia dengan Pondasi Ihsan melalui Emotional and Spiritual Quotient (ESQ). PARAMETER, 6(2). https://doi.org/10.37751/parameter.v6i2.176

Wahid, A. (2016). Konsepsi Ihsan Perspektif al-Qur’an. IAIN Surakarta.

Warasto, H. N. (2018). PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA. Jurnal Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.32

Zakariya, D. M. (2020). Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali. TADARUS, 9(1). https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5463

Published

12-02-2024

Citation Check