Pembentukan Manusia Ihsan dan Karakter Rabbani Dalam Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5940Keywords:
Pembentukan, Manusia Ihsan, Karakter Rabbani, AL-Qur'anAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan manusia ihsan dan karakter Rabbani dalam al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif -deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah library research atau kajian kepustakaan. Sumber data adalah data primer berupa buku-buku atau karya ilmiah yang terkait dengan judul penelitian ini, sedangkan data sekundernya berupa buku-buku dan karya ilmiah yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Pembentukan Manusia Ihsan dan Karakter Rabbani dalam al-Qur’an adalah: keimanan, keihlasan, pembiasaan, pendidikan, keteladanan, ketaatan, kepatuhan 2) Keagungan akhlak Nabi Muhammad SAW yaitu : Akhlak Nabi Muhammad SAW adalah Al-Qur’an, seperti : ketaqwaan, keikhlasan, kesabaran, bersifat shiddiq, Amanah, tabligh dan jujur.
Â
References
Arifin, R. (2022). Kurikulum pendidik Rabbani untuk peningkatan kompetensi kepribadian guru. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3). https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8103
Azis, I. (2020). Keteladanan Sifat Rasullah Muhammad SAW dalam Etika Profesi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 30(5). https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p06
Badriah, L. (2018). Implementasi Landasan Filosofis – Teleologis Pendidikan Islam Dalam Membangun Pendidikan Karakter (Telaah Surat Ali Imran Ayat 79). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(2). https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(2).128-137
Cahyawati, F. F., Muslihudin, M., & Suklani, S. (2021). Dampak Lingkungan Keluarga dan Program Pembiasaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.627
Devitasari, O. anggun, Rusman, R., & Asrori, A. (2023). Internalisasi Karakter Rabbani melalui Metode Keteladanan pada Mata Pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1592
Fauzi, R. (2022). Al-AmrÄdh Al-Qalbiyyah Dan Terapinya Dalam Ilmu Tasawuf. Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam, 2(2). https://doi.org/10.58572/hkm.v2i2.21
Hadi, N. (2022). Islam, Iman Dan Ihsan Dalam Kitab Matan Arba‘In An-Nawawi: Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi SAW. Intelektual, 9(April).
Halimah, S. (2022). Isi atau Materi Pendidikan: (Iman, Islam, Ihsan, Din, Amal Saleh). Journal of Islamic Education El Madani, 1(1). https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.12
Hambal, M. (2019). Pembentukan Karakter Rabbani di Pesantren Al-Islam Lamongan Jawa Timur Indonesia. Jurnal Tadarus, 8(1).
Hasanah, R. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS. Jurnal Holistika, 4(1). https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.22-26
Herawati, & Kamisah. (2019). Mendidik Anak Ala Rasulullah (Propethic Parenting). Journal of Education Science (JES), 5(1).
Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2021). Dinamika Kepribadian Dalam Perspektif Psikologi Islam; Telaah Konsep Amarah, Lawwamah, dan Muthmainnah serta Korelasinya Dengan Iman, Islam, dan Ihsan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 8(2). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.20031
Muhammad Fachri Rafiq. (2020). Peran Ihsan Dalam Pembentukan Akhlak Manusia. Jurnal Keislaman.
NAINGGOLAN, J. (2022). LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i2.501
Nasrullah. (2021). Implementasi Pendidikan Rabbani dalam Membentuk Karakter dan Kecerdasan Spiritual. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02). https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.248
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481
Nurul Mahruzah Yulia, Suttrisno, Zumrotus Sa’diyah, & Durrotun Ni’mah. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2). https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1204
Pratama, L. R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter PAUD. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1125
Razak, S. A., Zakaria, S. N. ’Aeshah, & Mokhtar, M. M. (2021). Pembangunan Rohani Generasi Muda Rabbani Berasaskan Kerohanian Nabi Muhammad Saw : Satu Analisis Awal. Jurnal Al-Sirat, 2(19).
Saihu, M., Suparto, & Balgis, L. F. (2021). Nalar Tasawuf dalam Pendidikan Islam : Kajian Atas Makna Ihsan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001).
Sari1, S. L., Devianti, R., & SAFITRI, N. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947
Shofiyah, S. S., & Handoko, H. H. (2023). PEMBIASAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI MEDIUM PEMBENTUKAN KARAKTER RABBANI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AHMAD YANI JABUNG. Journal Islamic Studies, 4(2). https://doi.org/10.32478/jis.v4i2.1495
Suranta, E. (2021). Membentuk Sumber Daya Manusia dengan Pondasi Ihsan melalui Emotional and Spiritual Quotient (ESQ). PARAMETER, 6(2). https://doi.org/10.37751/parameter.v6i2.176
Wahid, A. (2016). Konsepsi Ihsan Perspektif al-Qur’an. IAIN Surakarta.
Warasto, H. N. (2018). PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA. Jurnal Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.32
Zakariya, D. M. (2020). Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali. TADARUS, 9(1). https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5463
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).