Penanaman Nilai Humanis Religius Terhadap Siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Ogan Ilir

Authors

  • Indat Nashihin Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia, Indonesia
  • Abdullah Idi Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia, Indonesia
  • Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5927

Keywords:

Penanaman Nilai, Humanis Religius, Madrasah Aliyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari jawaban tentang penanaman nilai humanis religious terhadap siswa di Madrasah Aliyah Kabapaten Ogan Ilir yang terdiri dari tiga Madrasah Aliyah yang berada di Kabupaten Ogan Ilir. Meliputi Madrasah Aliyah Negeri 1 Ogan Ilir, Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman dan Madrasah Aliyah Raudhatul Qurán Payaraman. Penelitian ini adalah kualitatif fenomenologis dengan teknikan alisis diskriptif analitik. Temuan penelitian, Penanaman nilai humanis religious di Madrasah Aliyah Kabupaten Ogan Ilir peneliti menemukan dalam sistem pendidikan integralistik Sedangkan dalam proses pendidikan terdapat dalam hidden kurikulum. Implimentasi nilai humanis religius di Madrasah Aliyah Swasta diwujudkan dalam bentuk budaya madrasah dimana ada aturandan program pendidikan yang harus dijalankan oleh siswa ketika dilingkungan Madrasah, tujuan pembentukan pendidikan nilai humanisreligius terwujudnya kebebasan dan kemandirian belajar, terbentuknya spiritualitas, kesalehan individual dan social siswa. Sedangkan dalam proses penanaman nilai humanis religious peneliti temukan dalam bentukhidden kurikulum yang dan dirancang melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan budaya yang sudah berjalan di madrasah.

References

Achmadi. (2010). Ideologi pendidikan Islam. paradigma humanisteosentris.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Abidin,U.K.(2016)Humanismependidikandalampembentukankesadarankeberagamanumatlintasagamadilamongan3 (1) 211-231 https://www.researchgate.net/publication/337218078_Humanisasi_Pendidikan_dalam_Pembentukan_Kesadaran_Keberagaman_Umat_Lintas_Agama_di_Lamongan

Alim, M. (2011)PendidikanAgamaIslam, Bandung:RemajaRosdakarya.

Amin, H. (2013) Aktualisasi humanisme religius menuju humanisme spiritual dalam bingkaifilsafatagama,substantia,15 (1) https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/substantia/article/view/4885

Anderson, L, W., & David R. K.(2021). A taxonomy forlearning, teaching, and assessing: A revision of bloomstaxonomyofeducationalobjectives.NewYork: Longman https://pdfroom.com/books/a-taxonomy-for-learning-teaching-and-assessing-a-revision-of-blooms-taxonomy-of-educational-objectives/jndOKGMGdRq

Arifin,H.M.(2008) IlmupendidikanIslam“Tinjauteoritisdanpraktisberdasarkanpendekataninterdisiplin, Jakarta :BumiAksara

Arief, A. (2011) Pendidikan humanistik: konsep, teori, dan aplikasi praksis dalam dunia pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Aziz, A. (2013) Implikasi nilai dalam proses pendidikan Islam, Ta’allum 1 (1), 111-121, https://media.neliti.com/media/publications/68233-ID-implikasi-nilai-dalam-proses-pendidikan.pdf

Bafadal, I. (2013) Teknik analisis data penelitian kualitatif dalam metodologi penelitian kualitatif : tinjauan teoritis dan praktis, Malang : Lembaga Penelitian UNISMA.

Baharuddin, K. (2007) Filsafat pendidikan Islam, Cet.I. Yogyakrta: Pustaka Belajar.

Basri, H. (2017) Filsafatpendidikan Islam, Bandung:Pustaka Setia.

Bostrom, N. (2002). A History of Transhumanist Thought,Broadbent,Lynne,andAlanBrown.IssuesinReligiousEducation.

Burhanuddin, H. (2018) Konsep pendidikan humanis dalam Al-Qurán, AL Ulya : Jurnal pedidikan Islam 3 (1)

https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/151

Chaerulsyah, E. M. (2014). Persepsi Siswa tentang Keteladanan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Semangat Kebangsaan. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 1–5. https://adoc.pub/persepsi-siswa-tentang-keteladanan-pahlawan-nasional-untuk-m.html

Dardiri, A. (2010). Revitalisasi fungsi pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang humanis-religius. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fadlillah, M. &Khorida, L. M. (2013)Pendidikankarakteranakusiadini, Yogyakarta:Ar-RuzzMedia

Fajar, D. & Sudrajat A. (2015) Pendidikan humanis religious berbasis kultur di madrasah aliyah negeri 2 pekalongan, Hamoni social : Jurnal pendidikan IPS 2 (2), 135-143, https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/oai

Fathurrohman, M. (2015) Budaya religius dalam peningkatan mutu pendidikan, tinjauanteoritik dan praktik kontekstoalisasi Pendidikan Agama di Sekolah, Yogyakarta : Kalimedia.

Engelke, M. (2015) Good without Godhappiness and pleasure amongthehumanists.HAU:JournalofEthnographicTheory5 (3), 69–91.https://doi.org/10.14318/hau5.3.005.

Gunawan, I. (2013) Metode penelitian kualitatif, teori dan praktik, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hadi, S. (2012) Konsep humanisme Yunani kuno dan perkembangannyadalamsejarahpemikiranfilsafat.Fakultasfilsafat UniversitasGadjahMada22,(2) https://doi.org/10.15642/JIIS.2017.11.1.125-144.

Hakim, L. (2012), Internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa sekolah dasar Islam terpadu al-muttaqin kota Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 10(1), https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=O-B3eJYAAAAJ&citation_for_view=O-B3eJYAAAAJ:YOwf2qJgpHMC

Hardiman, F.B. (2012) Humanisme dan sesudahnya, Jakarta :Prima Grafika

Haryanto. A. (2017). Desain pembelajaran yang demokratis dan humanis. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Hibana, K, A. S & Sutrisno. (2015) Pengembangan pendidikan humanis religius di madrasah, Jurnal pembangunan pendidikan : Fondasi dan aplikasi, 3 (1), 19-30, https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa

Hidayat, N. (2015). Metode keteladanan dalam pendidikan Islam. Ta’allum, 3 (2), 135–150. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/article/view/349

Idi,A. (2015). Etika pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat. Jakarta: PT. RajaGrapindo Persada

Ismail, F. (2014) Evaluasi pendidikan. Palembang : Tunas Gemilang Press

Ismail, F. (2018) Statistika, Jakarta: Prenadamedia Group

Johnson,E.B. (2010). CTL:Contextualteaching&learning,Menjadikankegiatan-mengajarmengasyikkandanbermakna. Bandung:Kaifa

Kementerian Agama Republik Indonesia (2014) Al-Quránul Karim terjemah dan tajwid. Jakarta: Az-Ziyadah.

Khasinah, S. (2013) Hakikat manusia menurut pandangan Islam dan barat, Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, XIII (2) 296-317 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/download/480/398

Kholil, A. (2021) kolaborasi peran serta orang tua dan guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam secara daring, Jurnal pendidikan guru, 2 (1), 88-102, https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/download/191/209/775

Kurniawan, S. (2014) Pedidikan karakter konsep dan implementasinya secara terpadu dilingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat, yogyakarta: ar-ruzz media.

Kusnoto, Y. (2017), Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan, Sosial Horizon : Jurnal pendidikan social 4 (2) https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/675/632

Luthfiyah, Rifa dan Ashif Az Zafi. (2021). Penanaman nilai karakter religius dalam perspektif pendidikan islam di lingkungan sekolah ra hidayatus shibyan Temulus.Jurnal Golden Age, 5(02), 517https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3576/2309

Maragustam (2010)MencetakpembelajarmenjadiinsanparipurnaCet.I.Yagyakarta:NuhuLitera.

Maslow,A. H.,&Robert,F. (1987). Motivationandpersonality. 3rd ed.New York:Harperand Row

Masruri (2010).Negatiflearning,Solo:EraAdicitraIntermedia.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Moleong,L. J.(2013).Metodologipenelitiankualitatif.Bandung:RemajaRosdaKarya.

Mu’ammar, A. (2019)Pendidikankarakter“strategiinternalisasivaluesdankajianteorisâ€, Depok:RajaGrafindoPersada

Muhammad, A. (1990).TafsirIbnuKatsir.Vol.VII.Kairo:MuassasahDaaral-Hilaal

Muhayyat, I.(2017) The role of mushola jabal nur in strengthening aqidah Islamiyah and mental improvement society, 1 (1), 118-141https://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/8/7

Muijs, D. & David, R. (2018). Effective Teaching Evidence andPractice.4th edition . London:Sage Publications https://books.google.co.id/books?id=apc3DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Musbikin, I. (2021). Tentang pendidikan karakter dan religius dasar pembentukan karakter. Perpustakaan Nasional RI: Nusa Media

Murchland, B (2019)Humanismedankapitalisme“kajianpemikiranmoralitasdanetika ekonomi, Yogyakarta :Basabasi

Sholikah, M., Suhadi & Ulfah, Y. T (2023) Peranprofesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter religious siswa sekolah menengah pertama al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2022/2023, Iqra’: Jurnal ilmu kependidikan dan keislaman 18 (2) 137-145 https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/3931/3001

Sukmawati, A., Basri, H.M., & Akhir, M. (2020) Pembentukan Karakter berbasis keteladanan guru dan pembiasaan murid sit al biruni jipang kota Makassar, Education and human development journal5 (1) 91-99 http://repo.uinsatu.ac.id/14073/6/BAB%20III.pdf

Syeikh, A. K. (2018) Rekonstruksi makna dan metode penerapan amar ma’ruf nahi munkar berdasarkan Al-qur’an, Al-Idarah:Jurnal dan administrasi Islam, 2 (2) 1-22 https://core.ac.uk/download/pdf/228451279.pdf

Stern, D. T., (2008), Teaching humanism, perspective in biology and madicine

https://www.semanticscholar.org/paper/Teaching-Humanism-Stern-Cohen/7771c26056b03eda09a2db8d42d4e62cbfd84818

Sugiyono (2012). Metodepenelitiankombinasi, Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukino, E. & Agus M. (2020) Pendekatan humanistik-religius dalam pembelajaran fikih di madrasah aliyah Negeri 3 Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia, DAYAH: Journal of Islamic education 3 (2), 169-193, https://core.ac.uk/download/pdf/327102145.pdf

Sukitman T. (2016) Internalisasi pendidikan nilai dalam pembelajaran (upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter), JPSD : Jurnal pendidikan sekolah dasar 2 (2), https://media.neliti.com/media/publications/71271-ID-none.pdf

Suyanto, (2010)Pendidikankarakterteoridan aplikasi, Jakarta:RinikaCipta.

Syukur,A.StudiAkhlak.1sted.Semarang:WalisongoPress,2010.

Sholehuddin, 2018, Humanisasi pendidikan; meneguhkan sisi kemanusiaan dalam proses pembelajaran, 1 (2), 73-87, https://media.neliti.com/media/publications/339674-humanisasi-pendidikan-meneguhkan-sisi-ke-1f7a00d2.pdf

Tanireja, T. (2009)Pendidikankewarganegaraan, Bandung :Afabet.

Untari, L. (2016). An Epistemological review on humanistic education theory. JurnalBahasadanSastra1 (1), 59–72. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/leksema/article/view/26

Wiltarsan, A., Darmiany & Jaelani, A.K. (2023) Strategi guru dalam mengembangkan karakter religius peserta didik kelas vi di SDIT Imam Bukhori Dompu tahun ajaran 2022/2023, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 4621-4635 https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7948/3345

Yuliati,Q.A.,&Rusdiana. (2014).Pendidikannilai,kajianteoridan praktikdi sekolah.I. Bandung: CV Pustaka Setia

Published

30-11-2023

Citation Check