Penanaman Nilai Humanis Religius Terhadap Siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Ogan Ilir
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5927Keywords:
Penanaman Nilai, Humanis Religius, Madrasah AliyahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari jawaban tentang penanaman nilai humanis religious terhadap siswa di Madrasah Aliyah Kabapaten Ogan Ilir yang terdiri dari tiga Madrasah Aliyah yang berada di Kabupaten Ogan Ilir. Meliputi Madrasah Aliyah Negeri 1 Ogan Ilir, Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman dan Madrasah Aliyah Raudhatul Qurán Payaraman. Penelitian ini adalah kualitatif fenomenologis dengan teknikan alisis diskriptif analitik. Temuan penelitian, Penanaman nilai humanis religious di Madrasah Aliyah Kabupaten Ogan Ilir peneliti menemukan dalam sistem pendidikan integralistik Sedangkan dalam proses pendidikan terdapat dalam hidden kurikulum. Implimentasi nilai humanis religius di Madrasah Aliyah Swasta diwujudkan dalam bentuk budaya madrasah dimana ada aturandan program pendidikan yang harus dijalankan oleh siswa ketika dilingkungan Madrasah, tujuan pembentukan pendidikan nilai humanisreligius terwujudnya kebebasan dan kemandirian belajar, terbentuknya spiritualitas, kesalehan individual dan social siswa. Sedangkan dalam proses penanaman nilai humanis religious peneliti temukan dalam bentukhidden kurikulum yang dan dirancang melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan budaya yang sudah berjalan di madrasah.
References
Achmadi. (2010). Ideologi pendidikan Islam. paradigma humanisteosentris.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Abidin,U.K.(2016)Humanismependidikandalampembentukankesadarankeberagamanumatlintasagamadilamongan3 (1) 211-231 https://www.researchgate.net/publication/337218078_Humanisasi_Pendidikan_dalam_Pembentukan_Kesadaran_Keberagaman_Umat_Lintas_Agama_di_Lamongan
Alim, M. (2011)PendidikanAgamaIslam, Bandung:RemajaRosdakarya.
Amin, H. (2013) Aktualisasi humanisme religius menuju humanisme spiritual dalam bingkaifilsafatagama,substantia,15 (1) https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/substantia/article/view/4885
Anderson, L, W., & David R. K.(2021). A taxonomy forlearning, teaching, and assessing: A revision of bloomstaxonomyofeducationalobjectives.NewYork: Longman https://pdfroom.com/books/a-taxonomy-for-learning-teaching-and-assessing-a-revision-of-blooms-taxonomy-of-educational-objectives/jndOKGMGdRq
Arifin,H.M.(2008) IlmupendidikanIslam“Tinjauteoritisdanpraktisberdasarkanpendekataninterdisiplin, Jakarta :BumiAksara
Arief, A. (2011) Pendidikan humanistik: konsep, teori, dan aplikasi praksis dalam dunia pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Aziz, A. (2013) Implikasi nilai dalam proses pendidikan Islam, Ta’allum 1 (1), 111-121, https://media.neliti.com/media/publications/68233-ID-implikasi-nilai-dalam-proses-pendidikan.pdf
Bafadal, I. (2013) Teknik analisis data penelitian kualitatif dalam metodologi penelitian kualitatif : tinjauan teoritis dan praktis, Malang : Lembaga Penelitian UNISMA.
Baharuddin, K. (2007) Filsafat pendidikan Islam, Cet.I. Yogyakrta: Pustaka Belajar.
Basri, H. (2017) Filsafatpendidikan Islam, Bandung:Pustaka Setia.
Bostrom, N. (2002). A History of Transhumanist Thought,Broadbent,Lynne,andAlanBrown.IssuesinReligiousEducation.
Burhanuddin, H. (2018) Konsep pendidikan humanis dalam Al-Qurán, AL Ulya : Jurnal pedidikan Islam 3 (1)
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/151
Chaerulsyah, E. M. (2014). Persepsi Siswa tentang Keteladanan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Semangat Kebangsaan. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 1–5. https://adoc.pub/persepsi-siswa-tentang-keteladanan-pahlawan-nasional-untuk-m.html
Dardiri, A. (2010). Revitalisasi fungsi pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang humanis-religius. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Fadlillah, M. &Khorida, L. M. (2013)Pendidikankarakteranakusiadini, Yogyakarta:Ar-RuzzMedia
Fajar, D. & Sudrajat A. (2015) Pendidikan humanis religious berbasis kultur di madrasah aliyah negeri 2 pekalongan, Hamoni social : Jurnal pendidikan IPS 2 (2), 135-143, https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/oai
Fathurrohman, M. (2015) Budaya religius dalam peningkatan mutu pendidikan, tinjauanteoritik dan praktik kontekstoalisasi Pendidikan Agama di Sekolah, Yogyakarta : Kalimedia.
Engelke, M. (2015) Good without Godhappiness and pleasure amongthehumanists.HAU:JournalofEthnographicTheory5 (3), 69–91.https://doi.org/10.14318/hau5.3.005.
Gunawan, I. (2013) Metode penelitian kualitatif, teori dan praktik, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Hadi, S. (2012) Konsep humanisme Yunani kuno dan perkembangannyadalamsejarahpemikiranfilsafat.Fakultasfilsafat UniversitasGadjahMada22,(2) https://doi.org/10.15642/JIIS.2017.11.1.125-144.
Hakim, L. (2012), Internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa sekolah dasar Islam terpadu al-muttaqin kota Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 10(1), https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=O-B3eJYAAAAJ&citation_for_view=O-B3eJYAAAAJ:YOwf2qJgpHMC
Hardiman, F.B. (2012) Humanisme dan sesudahnya, Jakarta :Prima Grafika
Haryanto. A. (2017). Desain pembelajaran yang demokratis dan humanis. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Hibana, K, A. S & Sutrisno. (2015) Pengembangan pendidikan humanis religius di madrasah, Jurnal pembangunan pendidikan : Fondasi dan aplikasi, 3 (1), 19-30, https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa
Hidayat, N. (2015). Metode keteladanan dalam pendidikan Islam. Ta’allum, 3 (2), 135–150. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/article/view/349
Idi,A. (2015). Etika pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat. Jakarta: PT. RajaGrapindo Persada
Ismail, F. (2014) Evaluasi pendidikan. Palembang : Tunas Gemilang Press
Ismail, F. (2018) Statistika, Jakarta: Prenadamedia Group
Johnson,E.B. (2010). CTL:Contextualteaching&learning,Menjadikankegiatan-mengajarmengasyikkandanbermakna. Bandung:Kaifa
Kementerian Agama Republik Indonesia (2014) Al-Quránul Karim terjemah dan tajwid. Jakarta: Az-Ziyadah.
Khasinah, S. (2013) Hakikat manusia menurut pandangan Islam dan barat, Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, XIII (2) 296-317 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/download/480/398
Kholil, A. (2021) kolaborasi peran serta orang tua dan guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam secara daring, Jurnal pendidikan guru, 2 (1), 88-102, https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/download/191/209/775
Kurniawan, S. (2014) Pedidikan karakter konsep dan implementasinya secara terpadu dilingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat, yogyakarta: ar-ruzz media.
Kusnoto, Y. (2017), Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan, Sosial Horizon : Jurnal pendidikan social 4 (2) https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/675/632
Luthfiyah, Rifa dan Ashif Az Zafi. (2021). Penanaman nilai karakter religius dalam perspektif pendidikan islam di lingkungan sekolah ra hidayatus shibyan Temulus.Jurnal Golden Age, 5(02), 517https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3576/2309
Maragustam (2010)MencetakpembelajarmenjadiinsanparipurnaCet.I.Yagyakarta:NuhuLitera.
Maslow,A. H.,&Robert,F. (1987). Motivationandpersonality. 3rd ed.New York:Harperand Row
Masruri (2010).Negatiflearning,Solo:EraAdicitraIntermedia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Moleong,L. J.(2013).Metodologipenelitiankualitatif.Bandung:RemajaRosdaKarya.
Mu’ammar, A. (2019)Pendidikankarakter“strategiinternalisasivaluesdankajianteorisâ€, Depok:RajaGrafindoPersada
Muhammad, A. (1990).TafsirIbnuKatsir.Vol.VII.Kairo:MuassasahDaaral-Hilaal
Muhayyat, I.(2017) The role of mushola jabal nur in strengthening aqidah Islamiyah and mental improvement society, 1 (1), 118-141https://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/8/7
Muijs, D. & David, R. (2018). Effective Teaching Evidence andPractice.4th edition . London:Sage Publications https://books.google.co.id/books?id=apc3DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Musbikin, I. (2021). Tentang pendidikan karakter dan religius dasar pembentukan karakter. Perpustakaan Nasional RI: Nusa Media
Murchland, B (2019)Humanismedankapitalisme“kajianpemikiranmoralitasdanetika ekonomi, Yogyakarta :Basabasi
Sholikah, M., Suhadi & Ulfah, Y. T (2023) Peranprofesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter religious siswa sekolah menengah pertama al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2022/2023, Iqra’: Jurnal ilmu kependidikan dan keislaman 18 (2) 137-145 https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/3931/3001
Sukmawati, A., Basri, H.M., & Akhir, M. (2020) Pembentukan Karakter berbasis keteladanan guru dan pembiasaan murid sit al biruni jipang kota Makassar, Education and human development journal5 (1) 91-99 http://repo.uinsatu.ac.id/14073/6/BAB%20III.pdf
Syeikh, A. K. (2018) Rekonstruksi makna dan metode penerapan amar ma’ruf nahi munkar berdasarkan Al-qur’an, Al-Idarah:Jurnal dan administrasi Islam, 2 (2) 1-22 https://core.ac.uk/download/pdf/228451279.pdf
Stern, D. T., (2008), Teaching humanism, perspective in biology and madicine
Sugiyono (2012). Metodepenelitiankombinasi, Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2019) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukino, E. & Agus M. (2020) Pendekatan humanistik-religius dalam pembelajaran fikih di madrasah aliyah Negeri 3 Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia, DAYAH: Journal of Islamic education 3 (2), 169-193, https://core.ac.uk/download/pdf/327102145.pdf
Sukitman T. (2016) Internalisasi pendidikan nilai dalam pembelajaran (upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter), JPSD : Jurnal pendidikan sekolah dasar 2 (2), https://media.neliti.com/media/publications/71271-ID-none.pdf
Suyanto, (2010)Pendidikankarakterteoridan aplikasi, Jakarta:RinikaCipta.
Syukur,A.StudiAkhlak.1sted.Semarang:WalisongoPress,2010.
Sholehuddin, 2018, Humanisasi pendidikan; meneguhkan sisi kemanusiaan dalam proses pembelajaran, 1 (2), 73-87, https://media.neliti.com/media/publications/339674-humanisasi-pendidikan-meneguhkan-sisi-ke-1f7a00d2.pdf
Tanireja, T. (2009)Pendidikankewarganegaraan, Bandung :Afabet.
Untari, L. (2016). An Epistemological review on humanistic education theory. JurnalBahasadanSastra1 (1), 59–72. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/leksema/article/view/26
Wiltarsan, A., Darmiany & Jaelani, A.K. (2023) Strategi guru dalam mengembangkan karakter religius peserta didik kelas vi di SDIT Imam Bukhori Dompu tahun ajaran 2022/2023, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 4621-4635 https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7948/3345
Yuliati,Q.A.,&Rusdiana. (2014).Pendidikannilai,kajianteoridan praktikdi sekolah.I. Bandung: CV Pustaka Setia
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Indat Nashihin, Abdullah Idi, Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).