Upaya Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Pada Siswa Kelas VI B SDS Karakter Al-Adzkiya Cianjur

Authors

  • Nur Muhammad Sofiyulloh Mujamil STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Rudi Ahmad Suryadi STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5908

Keywords:

Character Education, Religion, Discipline

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa kelas VI B di SDS Karakter Al-Adzkiya Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data observasi dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Penelitian ini menyoroti berbagai inisiatif yang diambil oleh guru kelas untuk mencapai tujuan pembentukan karakter religius dan disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas memberikan perhatian khusus pada aspek-aspek keagamaan seperti sholat Dhuha, sholat berjama'ah, serta praktik infaq pada hari Jumat. Selain itu, pembentukan karakter disiplin diperkuat melalui kebijakan membentuk barisan sebelum masuk kelas dan pembiasaan membaca buku, membuat diary, serta melibatkan siswa dalam kegiatan positif di luar sekolah. Upaya ini mencerminkan pendekatan holistik yang diterapkan oleh guru kelas untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya berkembang secara akademis, tetapi juga sebagai individu yang memiliki karakter religius dan disiplin. Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik-praktik pembentukan karakter dalam konteks pendidikan karakter di sekolah-sekolah Islam. Penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengimplementasikan strategi serupa dalam membentuk karakter siswa.

References

Suprayitno Adi dan Wahid Wahyudi. Pendidikan Karakter di Era Milenial. Sleman: Deepublisher. 2020.

Antalogi PLP I Mahasiswa PLP 1 PGSD, FKIP, UAD. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press. 2021.

Siti Suprihatin. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal PROMOSI: Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro, hlm. 74

Sari, Anggun Kumayang, Nina Kurniah dan Anni Suprapti. “Upaya Guru untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Gugus Hiporbia.†Jurnal Ilmiah Potensia, No. 1 (2016): 3. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/5654

Sopiyah. Konsep Karakter Rendah Hati Perspektif Hadis Nabi (Analisis Relevansi Terhadap Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Howard Gardner). Depok: Guepedia. 2021.

Fahruddin, Mukhlis. Karakter Religius Melalui Islamic Borading School di Indonesia: Model Tata Kelola Pendidikan di Pesantren NU, Muhammadiyah dan Hidayatullah. Malang: CV. Pustaka Peradaban, 2022

Ngainun Naim, Character Building,(Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012), hal. 142

Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter,(Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), hlm. 136

Novan Ardy Wiyani, Bina Karakter Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), hlm. 4

Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. h. 329.

Published

12-02-2024

Citation Check