Upaya Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Pada Siswa Kelas VI B SDS Karakter Al-Adzkiya Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5908Keywords:
Character Education, Religion, DisciplineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa kelas VI B di SDS Karakter Al-Adzkiya Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data observasi dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Penelitian ini menyoroti berbagai inisiatif yang diambil oleh guru kelas untuk mencapai tujuan pembentukan karakter religius dan disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas memberikan perhatian khusus pada aspek-aspek keagamaan seperti sholat Dhuha, sholat berjama'ah, serta praktik infaq pada hari Jumat. Selain itu, pembentukan karakter disiplin diperkuat melalui kebijakan membentuk barisan sebelum masuk kelas dan pembiasaan membaca buku, membuat diary, serta melibatkan siswa dalam kegiatan positif di luar sekolah. Upaya ini mencerminkan pendekatan holistik yang diterapkan oleh guru kelas untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya berkembang secara akademis, tetapi juga sebagai individu yang memiliki karakter religius dan disiplin. Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik-praktik pembentukan karakter dalam konteks pendidikan karakter di sekolah-sekolah Islam. Penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengimplementasikan strategi serupa dalam membentuk karakter siswa.
References
Suprayitno Adi dan Wahid Wahyudi. Pendidikan Karakter di Era Milenial. Sleman: Deepublisher. 2020.
Antalogi PLP I Mahasiswa PLP 1 PGSD, FKIP, UAD. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press. 2021.
Siti Suprihatin. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal PROMOSI: Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro, hlm. 74
Sari, Anggun Kumayang, Nina Kurniah dan Anni Suprapti. “Upaya Guru untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Gugus Hiporbia.†Jurnal Ilmiah Potensia, No. 1 (2016): 3. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/5654
Sopiyah. Konsep Karakter Rendah Hati Perspektif Hadis Nabi (Analisis Relevansi Terhadap Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Howard Gardner). Depok: Guepedia. 2021.
Fahruddin, Mukhlis. Karakter Religius Melalui Islamic Borading School di Indonesia: Model Tata Kelola Pendidikan di Pesantren NU, Muhammadiyah dan Hidayatullah. Malang: CV. Pustaka Peradaban, 2022
Ngainun Naim, Character Building,(Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012), hal. 142
Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter,(Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), hlm. 136
Novan Ardy Wiyani, Bina Karakter Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), hlm. 4
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. h. 329.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).