Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan dan Moral Anak Usia Dini Dalam Islam

Authors

  • Nurul Hikmah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5906

Keywords:

Anak usia dini, Pengembangan, Nilai Agama, nilai moral

Abstract

Anak usia dini dalam Islam berada dalam fase pra tamyiz. Fase pra tamyiz merupakan fase mempersiapkam anak masuk ke fase tamyiz. Sementara fase tamyiz itu sendirin merupakan fase dimana anak bisa membedakan antara baik dan buruk menurut Allah dan Rasulullah, menjalankan perintah Nya dan menyelesaikan masalah sesuai pada usia nya menurut aturan Allah, namun belum mendapatkan kewajiban menjalankannya. Untuk itu, maka  dipandang perlu pada fase pra tamyiz, pengembangan agama anak dimulai sebagai upaya mempersiapkan anak masuk ke fase tamyiz. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini membahas tentang bagaimana pengembangan nilai-nilai keagamaan anak usia dini berdasarkan Islam?, mengingat Islam memiliki karakteristik dalam pengembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dimana sumber datanya berupa data primer dan data skunder.  Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini dalam Islam memiliki corak ilahiyah dan Insaniayah.  Corak Ilahiyah terlihat pada keterlibatan langsung Allah dalam  pemngembangan nilai- nilai agama dan moral anak-anak pilihan dan keterlibatan tak langsung adalah membuat perangkat aturan yang selalu mengikat proses pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak. Corak insaniyah terlihat pada pengembangan nilai agama dan moral yang ramah pada perkembangan fitrah dan tahap perkembangan anak.

References

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim., Kitab ar-Ruh, cet. VI, Beirut, Dar al-Kitab al-‘Arabi, 1986.

Akhmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta, Aditya Media dan IAIN Walisongo Press, 1992

Al-Ghazali, Ma’arij al-Quds fi Madarij Ma’rifah an-Nafs, Kairo, Maktabah al-Jundi, 1968.

Al-Hakim at-Tirmidzi, Bayan al-Firaq baina ash-Shadr wa wa al-Qalb wa al-Fuad wa Lubb, Kairo, Dar Ihya al-Kitab al-Arbi, 1958.

Al-Husein Muslim, “Shahih Muslimâ€, Bab Ma’na Kulu Mauluudin Yuuladu ala al fitrah, Juz II, Darul kutub al-Ilmiyah, Beirut Libanon

Al-Maragi, Ahmad Mustofa. Tafsir Al-Maragi, Terjemahan Bahrun Abu Bakar dkk. Semarang: PT. Karya Toha Putra. 1993.

Casika, Ajeng, Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial, Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 01 No. 01 , Maret 2023.

Daradjat, Zakiyah., dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1996.

Falah Muslim, Al-Husein, “Shahih Muslimâ€, Juz II, Toha Putra, Semarang,

Durrotul Fikriyyah Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Tesis Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.2021

Hikmah, Nurul, Prinsip-Prinsip Pendidikan AnakUsia Dini dalam Al-Qur’a, Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam 11(01), 899-920, 2022.

Hikmah, Nurul, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Developmentaly Apprpiate Practice, Edukasi Islan, Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2) 2021.

Hikmah, Nurul, Metoda Bait Qur’any untuk pembelajaran Tarmajah Al-Qur’an Perkata dengan Gerak, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), 2945-2953, 2022.

Hikmah, Nurul, Prinsip-Prinsip Pendidikan AnakUsia Dini dalam Al-Qur’a, Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam 11(01), 899-920, 2022.

Hikmah, Nurul, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Developmentaly Apprpiate Practice, Edukasi Islan, Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2) 2021.

Hikmah Nurul, Integrasi Sekolah dan Keluarga Pada Anak Usia Dini, Edukasi Islan, Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2) 2021.

Lailiyatul, Selfi, Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di TK Islamic Center Surabaya, Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 3, No. 1, April 2020

Rahmatia, Identifikasi Pola Asuh Penanaman Nilai Keagamaan dan Etika pada Masa Golden Age, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 2023 | 5993.

Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an. Cet. XI; Bndung: Mizan, 2000.

Shihab,Quraish, Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan h. 1996.

Ulpah Maspupah,, Pengembangan Kurikulum di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, YIN YANG. Vol. 13 No. 1 2018.

Widyasanti, Ni Putu, Upaya Pengembangan Nilai- Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Beryoga, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1) 2023.

Zami , Muhammad Zam, Hikmah dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam membangun Pemikiran Islam yang InkusifTeosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam Volume 6, Nomor 2, Desember 2016; p-ISSN 2088-7957; e-ISSN 2442-871X.

Wasilah , Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Islam: Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak-Anak Zaman Now, Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1, No. 4 Desember 2023.

Downloads

Published

12-02-2024

Citation Check