Model Pembelajaran PAI Berbasis Hybrid Learning

Authors

  • Rosmaimuna Siregar Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Tobroni Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Faridi Faridi Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran hybrid pada Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dimana peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi, wawancara dengan dekan, ketua prodi, tata usaha, dan dosen. Dokumen yang dipeoleh digunakan untuk mendukung data-data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini diawali dengan reduksi data serta dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh pihak pengelola unit program studi sudah sangat memadai, baik dari segi perangkat atau teknologi pembelajaran yang mendukung pembelajaran hybrid. Rancangan kurikulum pembelajaran hybrid juga telah disesuaikan dengan peraturan kementrian pendidikan dan peraturan akademik universitas. Rencana pembelajran semester, berita acara perkuliaha, presensi atau kehadiran menjadi unsur-unsur penting dalam rancangan pembelajran hybrid.

Author Biography

Rosmaimuna Siregar, Universitas Muhammadiyah Malang

Prodi Doktor Pendidikan Agama Islam

References

Ahmadillah, Ayu Nillna Amelia. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Model Hybrid Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pai Di Masa Pandemi.†Digital Library UIN Sunan Ampel.

Ashari, Riza, Ishomuddin Ishomuddin, Tobroni Tobroni, dan Khozin Khozin. 2023. “From Theory to Practice: Ralph W. Tyler’s Perspective on the Curriculum Transformation.†Al-Hayat: Journal of Islamic Education 7 (2): 440. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.410.

Gultom, Junias Robert, Dadan Sundara, dan Medy Desma Fatwara. 2022. “PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING MODEL SEBAGAI STRATEGI OPTIMALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA.†Mediastima 28 (1). https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385.

Harlanu, M, A Suryanto, T A Achmadi, dan ... 2023. “… Determinan Hasil Belajar Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Melalui Strategi Pembelajaran Hybrid Learning.†Konservasi

https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/SKB.pdf. 2021.

Ismunandar, Denni, dan Nandang Nandang. 2022. “RESPON MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN HYBRID PASCA PANDEMI COVID-19.†Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 5 (1). https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1609.

John Creswell. 2015. Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jumarniati, Jumarniati, dan Shindy Ekawati. 2022. “Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Hybrid Learning.†Jurnal Literasi Digital 2 (3). https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.242.

Kamil, Firmanilah. 2022. “Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid Pada hasil belajar.†Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan 1 (1).

Laili, St Rohmatul, Triyo Supriyatno, dan Abd Gafur. 2022.

“DEVELOPMENT OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER COMPETENCY AND CHARACTER THROUGH BLENDED LEARNING.†Jurnal Pendidikan Islam 5: 864–75. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2359.

Nørgård, Rikke Toft. 2021. “Theorising hybrid lifelong learning.†British Journal of Educational Technology 52 (4). https://doi.org/10.1111/bjet.13121.

Program, Mariati, Studi Pendidikan Akuntansi, dan Fakultas Keguruan. t.t. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi.†SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora 2021: 1.

Riyanda, Afif Rahman, Tia Agnesa, Alsyabri Wira, Ambiyar Ambiyar, Sukardi Umar, dan Uswatul Hakim. 2022. “Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Basicedu 6 (3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan: Reaserch & Development. Bandung: Alfabeta.

Suryono, Wiwid, Bambang Bagus Haryanto, Tomi Apra Santosa, Abdul Rahman, Yayat Suharyat, dan Baso Intang Sappaile. 2023. “Intang Sappaile 6 , Ilwandri 7 1,2 Lecturer at Politkenik Penerbangan Surabaya, Indonesia 3,7 Civil Engineering Lecturer, Adikarya Technical Academy, Indonesia 4 Lecturer in Social Science Education, FKIP, Sebelas Maret University, Indonesia 5 Lecturer in Islamic Education, FTIK, Universitas Islam 45 Bekasi.†Indonesia 6 Lecturer in Mathematics Education. Vol. 7.

Thariq Aziz, Muhammad, Selamat Ariga, dan Abdul Haris. 2022. “Hybrid Learning dalam Pembelajaran PAI Pasca Pandemi Covid-19

Hybrid Learning in PAI Learning After the Covid-19 Pandemic.†Vol. 2.

Wulandari, Eka. 2022. “Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning.†JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1 (2). https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34.

Additional Files

Published

12-02-2024

Citation Check