Mitigasi Kebencanaan Dengan Pendekatan Nilai Pendidikan Islam di Kalangan Milenial Daerah Pesisir Pantai Labuan Pandeglang, Indonesia

Authors

  • Budiana Budiana Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur Pandeglang, Indonesia, Indonesia
  • Dadang Ahmad Sujatnika Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Lebak, Indonesia, Indonesia
  • Anas Nasrudin Sekolah Tinggi Agama Islam Babunnajah Pandeglang, Indonesia, Indonesia
  • Muhamad Syara Nurhakim Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur Pandeglang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5639

Keywords:

Disaster Mitigation, Coastal Areas, Millennials

Abstract

Bencana alam dapat terjadi secara tibaâ€tiba baik melalui proses yang berlangsung secara perlahan maupun secara bencana secara tiba-tiba, hampir tidak mungkin diperkirakan secara akurat kapan, dimana akan terjadi dan besaran kekuatannya. Kebencanaan di daerah pantai pesisir, seperti Labuan Pandeglang, menjadi isu kritis yang memerlukan pendekatan mitigasi secara komprehensif, ditunjang dengan pendekatan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menganalisis kebijakan pemerintah dalam upaya mitigasi kebencanaan di kalangan milenial di daerah pantai pesisir Labuan Pandeglang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada pemangku kepentingan terkait kebijakan mitigasi kebencanaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendampingan milenial sebagai strategi utama dalam membangun kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan mitigasi kebencanaan. Pendekatan ini mencakup pelibatan milenial dengan pendekatan nilai-nilai pendidikan Islam melalui pelatihan, kampanye sosial, dan proyek-proyek komunitas yang bertujuan untuk membangun kapasitas mereka dalam menghadapi potensi bencana. Pendampingan untuk milenial juga menjadi sarana efektif untuk mengkomunikasikan informasi risiko bencana dan tindakan mitigasi kepada generasi muda. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan partisipasi milenial dalam kegiatan mitigasi dengan  pemahaman nilai pendidikan Islam lebih baik tentang langkah-langkah yang dapat diambil dalam menghadapi pra bencana, bencana dan pasca bencana.

References

Ahmad Ubaidillah, Miftahal Anjarsabda Wira Buana, M. A. S. Z. (2021). OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 MELALUI LAZISNU. Jurnal BUDIMAS, 03(02).

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia., 2(2), 221–236.

Atomatofa, R., & Igwebuike, T. B. (2013). A Test of the Efficacy of Field-Trip and Discussion Approaches to Teaching Integrated Science within a Constructive Flavour. Journal of Education and Practice, 4(13).

Budiati, I. dkk. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia,. KPPA.

Dynahlee Padilla-Vasquez. (2023). PROTECT OUR PLANET FROM PLASTIC POLLUTION: 5 THINGS TO KNOW. In United Nations Foundation.

Fachruddin, M. (2014). Ekopesantren: Bagaimana Merancang Pesantren Ramah Lingkungan? Buku Obor.

Jay, P. (2014). Barriers that Teachers Experience in Conducting Field Trips. Cape Town Press.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, (2007).

Kokom Komalasari. (2019). Aktualisasi Pendidikan Pancasila Di Sekolah Bagi “Generasi Z†Melalui Habituasi. In dkk Siti Aminah (Ed.), AKTUALISASI PANCASILA BAGI GENERASI MILENIAL (p. 89). Biro Pengkajian, Sekretariat Jenderal MPR RI.

POKJA PPAS. (2022). Pastikan Konsumsi Air Minum Aman. National Water & Sanitation Information Services. https://www.nawasis.org/portal/berita/read/pastikan-konsumsi-air-minum-aman/52524

RADESMAN SARAGIH. (2023). Sekali Lagi Masalah Ancaman Sampah Plastik, Perlu Penanganan Serius di Setiap Daerah. Jurnalisme Pembangunan Pembawa Harapan.

Sitali-Mubanga, Georgina N. Denuga, L. R. L. & D. D. (2018). Effects of Lack of Field Trips on Leaner’s Performance in Social Studies at Primary School. International Journal of Education, 10(2).

Tim, P. (2021). DOKUMEN KAJIAN RISIKO BENCANA NASIONAL PROVINSI BANTEN 2022 - 2026. KEDEPUTIAN BIDANG SISTEM DAN STRATEGI DIREKTORAT PEMETAAN DAN EVALUASI RISIKO BENCANA.

Downloads

Published

12-02-2024

Citation Check