Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Eth (Everyone Is A Teacher Here) Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Islamiyah Sayang Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5602Keywords:
Everyone is a Teacher Here), learning participation, MTs Islamiyah SayangAbstract
Pelaksanaan PAI di sekolah-sekolah masih terdapat banyak kendala, terutama tentang peran PAI yang belum dapat berpengaruh secara signifikan terhadap tingkah laku peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan maraknya aksi kenakalan remaja dalam bentuknya yang bermacam-macam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe ETH (Everyone is a Teacher Here), untuk mengetahui partisipasi belajar peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe ETH terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamiyah Sayang Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, studi dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan validitas konstrak dan uji relliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknis analisis data menggunakan statistik deskriptif. Partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamiyah Sayang Cianjur adalah 80,1% dari yang diharapkan 100%. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe ETH terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamiyah Sayang Cianjur menunjukan korelasi yang positif dan cukup berpengaruh. …Â
References
Asmani, J. (2014). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.
Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Falah, A. (2015). Studi Analisis Aspek-aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, Vol. 3, No. 1, 171.
Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di SMP. Jakarta: BSNP.
Morissan. (2008). Manajemen Public Realitions: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana.
Munif, M. (2016). Pengembangan Pendidikan Agama Islam sebagai Budaya Sekolah, Pedagogik. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, 47.
Putri, D. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Islamiyah Sayang Cianjur. Cianjur: Prodi PAI, STAI al-Azhary Cianjur.
Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suprijon, A. (2016). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaini, H. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif (Implementasi dan Kendalanya di dalam Kelas). Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS, (p. 1).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).