Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Eth (Everyone Is A Teacher Here) Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Islamiyah Sayang Cianjur

Authors

  • Desi Nursyifa Perdana Putri STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Dinda Siti Salamah STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Dadang Zaenal Mutaqin STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5602

Keywords:

Everyone is a Teacher Here), learning participation, MTs Islamiyah Sayang

Abstract

Pelaksanaan PAI di sekolah-sekolah masih terdapat banyak kendala, terutama tentang peran PAI yang belum dapat berpengaruh secara signifikan terhadap tingkah laku peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan maraknya aksi kenakalan remaja dalam bentuknya yang bermacam-macam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe ETH (Everyone is a Teacher Here), untuk mengetahui partisipasi belajar peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe ETH terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamiyah Sayang Cianjur.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, studi dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan validitas konstrak dan uji relliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknis analisis data menggunakan statistik deskriptif. Partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamiyah Sayang Cianjur adalah 80,1% dari yang diharapkan 100%. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe ETH terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah  Akhlak di MTs Islamiyah Sayang Cianjur menunjukan korelasi yang positif dan cukup berpengaruh.  … 

References

Asmani, J. (2014). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.

Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Falah, A. (2015). Studi Analisis Aspek-aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, Vol. 3, No. 1, 171.

Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di SMP. Jakarta: BSNP.

Morissan. (2008). Manajemen Public Realitions: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana.

Munif, M. (2016). Pengembangan Pendidikan Agama Islam sebagai Budaya Sekolah, Pedagogik. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, 47.

Putri, D. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Islamiyah Sayang Cianjur. Cianjur: Prodi PAI, STAI al-Azhary Cianjur.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suprijon, A. (2016). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaini, H. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif (Implementasi dan Kendalanya di dalam Kelas). Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS, (p. 1).

Published

12-02-2024

Citation Check