Teknologi Informatika Dalam Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Swasta Nurul Islam Sukakluyu Cianjur

Authors

  • Muhtajul Mutaqin STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Muhammad Mahpudin STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Nizar Abdullah Suja'i STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5601

Keywords:

Islamic religious education, integration of PAI, PAI and technology learning.

Abstract

Bangsa Indonesia yang sedang berkembang tidak luput dari kemajuan teknologi informasi saat ini, meskipun secara umum tertinggal jauh dari tetangganya di tingkat konsumen/pengguna, yang naik ke tingkat perancang dan produsen teknologi. Komponen teknologi informasi, khususnya di bidang komputer. Perkembangan teknologi informasi  dan komunikasi telah menyebabkan banyak perubahan, termasuk di bidang pendidikan, dari sinilah lahir konsep pembelajaran daring. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan  madrasah meningkatkan kualitas pengajaran di madrasah dan kemudahan dakwah. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi ke dalam pendidikan  mendorong kemajuan literasi komputer di masyarakat Indonesia. Dunia teknologi informasi kini menawarkan banyak peluang bagi setiap orang. Tak terkecuali Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Misalnya, pembelajaran berbasis e-komputer/internet, penggunaan telematika, pembelajaran online, blog, pusat sumber multimedia, teknologi pembelajaran menggunakan kartun dan konferensi video. Ada beberapa contoh pemanfaatan teknologi  dalam pembelajaran PAI, yaitu: 1) teknologi bunyi; 2) teknik visual; 3) teknologi audio visual; 4) teknologi  internet. Semua itu dapat dimanfaatkan oleh GPAI untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Serta ikut memperkenalkan teknologi ke masyarakan dengan melalui pembelajaran yang inovatif, penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran PAI dengan menggunakan teknologi informatika kami dapat melihat dan mengamati di MAS Nurul Islam Sukaluyu Cianjur, dengan cara seperti itu dapat terlihat hasil belajar peserta didiknya dengan cepat memahami dari materi PAI tersebut. Sangat relepan dengan keadaan sekarang, seluruh peserta didik dapat senang dalam kegiatan pembelajarannya.  

References

Abdurrahman R Effendi dan Gina Puspita, 2007. “Membangun Sains dan Teknologi Menurut Kehendak Tuhanâ€. Jakarta: Giliran Timur,

Bambang Warsita,2008.â€Teknologi Pembelajaran, Landasan Dan Aplikasinya†Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, 2010.â€Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaranâ€, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyadhi Kartanegara, 2007.â€MengIslamkan Nalarâ€, Jakarta: Erlangga.

Rahman, Arif. 2016. “Reformasi Dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam Arif Rahman.†Literasi VII (2):75–88.

Yani, Ahmad. 2004. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Geografi.†Teknologi Informasi 1:1–10.

http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/818/681

Published

12-02-2024

Citation Check