Teknologi Informatika Dalam Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Swasta Nurul Islam Sukakluyu Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5601Keywords:
Islamic religious education, integration of PAI, PAI and technology learning.Abstract
Bangsa Indonesia yang sedang berkembang tidak luput dari kemajuan teknologi informasi saat ini, meskipun secara umum tertinggal jauh dari tetangganya di tingkat konsumen/pengguna, yang naik ke tingkat perancang dan produsen teknologi. Komponen teknologi informasi, khususnya di bidang komputer. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan banyak perubahan, termasuk di bidang pendidikan, dari sinilah lahir konsep pembelajaran daring. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan madrasah meningkatkan kualitas pengajaran di madrasah dan kemudahan dakwah. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi ke dalam pendidikan mendorong kemajuan literasi komputer di masyarakat Indonesia. Dunia teknologi informasi kini menawarkan banyak peluang bagi setiap orang. Tak terkecuali Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Misalnya, pembelajaran berbasis e-komputer/internet, penggunaan telematika, pembelajaran online, blog, pusat sumber multimedia, teknologi pembelajaran menggunakan kartun dan konferensi video. Ada beberapa contoh pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran PAI, yaitu: 1) teknologi bunyi; 2) teknik visual; 3) teknologi audio visual; 4) teknologi internet. Semua itu dapat dimanfaatkan oleh GPAI untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Serta ikut memperkenalkan teknologi ke masyarakan dengan melalui pembelajaran yang inovatif, penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran PAI dengan menggunakan teknologi informatika kami dapat melihat dan mengamati di MAS Nurul Islam Sukaluyu Cianjur, dengan cara seperti itu dapat terlihat hasil belajar peserta didiknya dengan cepat memahami dari materi PAI tersebut. Sangat relepan dengan keadaan sekarang, seluruh peserta didik dapat senang dalam kegiatan pembelajarannya. Â
References
Abdurrahman R Effendi dan Gina Puspita, 2007. “Membangun Sains dan Teknologi Menurut Kehendak Tuhanâ€. Jakarta: Giliran Timur,
Bambang Warsita,2008.â€Teknologi Pembelajaran, Landasan Dan Aplikasinya†Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, 2010.â€Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaranâ€, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyadhi Kartanegara, 2007.â€MengIslamkan Nalarâ€, Jakarta: Erlangga.
Rahman, Arif. 2016. “Reformasi Dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam Arif Rahman.†Literasi VII (2):75–88.
Yani, Ahmad. 2004. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Geografi.†Teknologi Informasi 1:1–10.
http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/818/681
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).