Internalisasi Pendidikan Islami Bagi Perempuan Melalui Program Keputrian di MTS Futuuhiyah Cipanas Kabupaten Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5599Keywords:
Islamic Education, Women, Muslimah PersonalityAbstract
Dalam Islam, wanita sangat istimewa karena jika dia shalih, Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tidak dapat dipungkiri bahwa mudah bagi kita untuk melihat wanita muslim tampil di depan umum tanpa menutupi aurat mereka dan menunjukkan lekuk tubuh mereka di berbagai media. Tentu saja, ini bertentangan dengan sifat seorang wanita dalam Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana konsep internalisasi Pendidikan Islam Bagi Perempuan Melalui Program Keputrian di MTs Futuuhiyah Cipanas Cianjur, menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Keputrian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep internalisasi Pendidikan Islam Bagi Perempuan Melalui Keputrian, faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan program Keputrian. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain: Konsep internalisasi pendidikan Islam bagi perempuan melalui 3 tahap yaitu penerapan, apresiasi dan pemahaman, Faktor penghambat dalam kegiatan perempuan ini adalah kesadaran siswa, perkembangan teknologi dan lingkungan siswa. Sedangkan faktor pendukungnya ada pada peraturan sekolah dan kerjasama seluruh anggota sekolah.
References
Ali al Hasyimi, Muhammad, Kepribadian Wanita Muslimah, Riyadh, International Islamic Publishing House, 2006.
Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Al-Qardhawi, Yusuf, Perempuan dalam Pandangan Islam, Bandung, CV Pustaka Setia, 2007.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta,
Rineka Cipta, 2013.
D Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Islam, Bandung, Al-Maarif, 1989.
Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, Bandung, PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2009.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Bala Pustaka, 1990.
DEPDIKBUD, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1989.
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2010.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 1996.
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Mahmud, Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, Jakarta, Akademia Permata, 2013.
Mahmud Al-Asymuni, Ummu, Panduan Etika Muslimah Sehari-hari, Surabaya,
Pustaka eLBA, 2016.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Pengefektifan PAI di Sekolah,
Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya, Citra Media, 1996.
Mujib, Abdul, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Munir, Pendidikan dalam Perspektif Paradigma Islam : Mencari Model Alternative Bagi Konstruksi Keilmuan Islam, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2013.
Nasib Rifa‟i, Muhammad, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta, Gema Insani,
Nata, Abbudin, Pendidikan dalam Perspektif al-Qur‟an, Jakarta, UIN Jakarta Press, 2005.
Nata, Abuddin, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2012.
Nugraha Syamhudi, HR Fajar, Kajian Tentang Wanita Jender dalam Alquran, Ciputat Timur, Lembaga Kajian Islam Nugraha, 2011.
Patrick Chaplin, James, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta, PT. Raja Grafindo
Persada, 1993.
Riyanto, Yatim, Metodologi Penelitian Pendidikan Tinjauan Dasar, Surabaya, SIC, 1996.
S. Suyabrata, Psikologi Kepribadian, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Shihab, M. Quraisy, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur‟an, Jakarta, Lentera Hati, 2008.
Sholikhin, Muhammad, Hadirkan Allah Di Hatimu, Solo, Tiga Serangkai, 2008.
Syamsu, Yusuf, Teori Kepribadian, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Tim Pengembang Kurikulum MTs Futuuhiyah Cipanas, Program Keputrian MTs Futuuhiyah Cipanas, Cianjur, MTs Futuuhiyah Cipanas, 2020. „Usman Najati, Muhammad, Psikologi dalam Perspektif Hadis, Jakarta, Pustaka Al Husna Baru, 2004.
Wirawan Sarwono, Sarlito, Psikologi sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan, Jakarta, PT. Balai Pustaka, 1999. Y. Siaw, Felix, Wanita Berkarir Surga, Jakarta, Alfatih Press, 2017. Yusuf, Muri, Metode Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta, PT Fajar Inter Pratama, 2017.
Zuhairi dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2009.
Aprianto, Edi, “Metode Pendidikan Perempuan Menurut K.H Ahmad Dahlanâ€, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto.
Fatimah, Nur, “Konsep Pendidikan Dalam Al-Qur‟an Menurut H.M. Quraish Shihabâ€, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020. Ilman Anshori,
Afton, “Internalisasi Pendidikan Akhlak Terpuji Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.
Nirman, “Pendidikan Perempuan Menurut Murtadha Muthahhari (Kajian Buku Filsafat Perempuan dalam Islam), Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rani Setiawati, Marchantika, “Internalisasi Pendidikan Agama Islam Terhadap Moral Siswa Millenial di SMAN 2 Sekampungâ€, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Metro, 2021.
Savitri, Shara, “Konsep Pendidikan Akhlak Perempuan Menurut Quraish Shihabâ€, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.
Arkani, Hari, “Pembentukan Kepribadian Oleh Guru Melalui Pendidikan Karakter di SMA Puspita Kabupaten Banyuasinâ€, Prosiding Seminar Nasional 20, 2017.
Bahri S, Andi, “Perempuan dalam Islamâ€, Jurnal Al-Maiyyah, Vol. 8, No.2, 2015. Evania Farin, Syifa, “Peran Perempuan Dalam Pendidikan Di Indonesia Pada
Zaman Modernâ€, Jurnal Ilmu Politik, Vol. 1, No. 2, 2021.
Hamid, Abdul, “Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Paluâ€, Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta‟lim, Vol. 14, No. 2, Tahun I, 2016.
Hasanah, Muhimmatul, “Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islamiâ€,
Jurnal Ummul Qura, Vol. 6, No. 2, 2015. Riadi, Edi, “Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Kewarganegaraan Organisasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di Kota Tangerangâ€, Jurnal Manajemen Pendidikan, 2015.
Sapendi, “Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Diniâ€, Jurnal At-Turats, No. 2, 2015.
Sukitman, Tri, “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaranâ€, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 2, 2016.
Syamsiyah, Dailatus, “Perempuan dalam Tantangan Pendidikan Globalâ€, Jurnal Palastren, Vol. 8, No.2 2015.
Wahyuningtiyas, Indah, “Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp di MAN Bondowosoâ€, Jurnal Pendidikan, 2017.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Islami diakses pada tanggal 18 Mei 2022.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pendidikan diakses pada tanggal 18 Mei 2022.
https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebutvirus-corona
covid-19-sebagai-pandemi-global diakses pada tanggal 30 Juni 2022.
http://www.smkn1perhentianraja.sch.id/read/5/pendidikan-pendidikan-menurutahli/ diakses pada tanggal 18 Mei 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).