Implementasi Pembinaan Akidah Dalam Membentuk Fikrah Islamiyah Peserta Didik Melalui Kegiatan Studia Islamika Pada Ekstrakurikuler Rohis Di Sma Negeri 2 Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5598Keywords:
Aqeeda, Behaviorism, Islamic ThoughtAbstract
Studia Islamika merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di lingkungan ekstrakurikuler ROHIS SMA Negeri 2 Cianjur dengan fokus pada pembinaan akidah agar membentuk fikrah islamiyah bagi peserta didik. Berdasarkan penelitian yang dimulai dengan observasi lapangan sampai melakukan penelitian mendalam, peneliti menemukan hal yang menarik berupa adanya pembinaan yang berfokus pada pembentukan fikrah islamiyah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan akidah yang dilakukan pada kegiatan Studia Islamika, kondisi fikrah islamiyah peserta didik pasca kegiatan, serta implikasi dari kegiatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, implementasi pembinaan akidah dalam membentuk fikrah islamiyah dilakukan dengan pendalaman materi akidah sifat 20 dan proses pembelajaran berdasarkan teori behaviorisme. Pembinaan yang dilakukan membentuk pemikiran peserta didik yang memandang Ketuhanan, alam, dan manusia dipandu oleh Al-qur’an dan sunnah. Implikasi dari pembinaan berkisar pada terbukanya peserta didik terhadap keluhuran ajaran Islam, berpikir dan bertindak lebih dewasa, serta meningkatkan prestasi akademik peserta didik
References
Abd al-Hamid, M. (1994). TajdÄ«d al-Fikr al-IslÄmÄ« . al-Ma’had ‘Aliy li al-Fikr Islamiy.
Al- Qaraá¸awi, Y. (n.d.). al-Khaá¹£Äiá¹£ al-‘Ämmah lil Islam. Https://Www.al-Qaradawi.Net/Node/5033 .
Al-’Ajamiy, A. al-Y. A. Z. (1991). Dirasat fi Fikr al-Islamiy. Dar at-Tauzi’ wa an-Nasyr al-Islamiyah .
al-Bahi, M. (1981). al-Fikr IslÄmÄ« fi Taá¹awwurihi. Maktabah Wahbah.
Al-Ghazali, A. H. (2010). Kaimiya as-Sa’adah. Dar al-Muqattam.
al-Ghazali, A. H. (2019). Ma’Ärij al-Quds fi MadÄrij Ma’rifah an-Nafs. Hindawi Foundation.
Al-Maidani, A. ar-A. H. H. (2009). al-‘AqÄ«dah al-IslÄmiyyah wa AsÄsuha. DÄr al-Qalam.
al-Qardhawi, Y. (1996). Karakterisitik Islam Kajian Analitik. Risalah Gusti.
as-SuyÅ«á¹i, J. ad-D. A. ar-R. (2003). Tarikh al-Khualafa (1st ed.). DÄr Ibn Hazm.
Bafadhol, I. (2015). Sekularisme dan Pengaruhnya dalam Dunia Pendidikan Islam . Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 4, 887.
chechnya-conference-statement-arabic. (n.d.). Retrieved July 29, 2023, from https://chechnyaconference.org/#portfolio
Choirul Ahmad. (n.d.). Aqidah, Kalam, Theology, World View dan Pemikiran Islam: Serupa tapi tak sama.
Abu Bakar, F. F. (2017). Khaá¹£aiá¹£ al-‘Aqidah al-Islamiyah min Khilal Tafsir az- Ẓilal lisayyid Quá¹b. Jami’ah Najah al-Waá¹aniyah.
Hasyim, A. (2019). Teologi Muslim Puritan Genealogi dan Ajaran Salafi (3rd ed.). Maktabah Darus-Sunnah.
Husaini, A. (2017). Reformasi Pendidikan Menuju Negara Adidaya 2045 (Kompilasi Pemikiran Pendidikan, Menyambut Kemerdekaan RI ke-72). Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.
Ibn Kaṡir, I. (2000). Tafsir al-Qur’an al-‘Aẓim . DÄr Ibn Hazm.
Ibn Katsir, I. (2000). Tafsir Al-Qur’an al-Azhim (1st ed.). Dar Ibn Hazm.
Abdul Aziz, J. A. (2014). Silsilah min turats al-Imam al-Banna al-Kitab al-Khamis ‘asyar (Vol. 2). Darr an-Nida.
Al-‘Aqil, M. bin A. A. bin M. (2008). al-‘AqÄ«dah al-IslÄmiyyah wa al-MażÄhib al-Mu’Äá¹£irah. Jami’ah Malik Faiá¹£al.
Rizieq, M. bin H. S. (2021). ManÄhij at-Tamyiz baina al-Uṣūl wa al-Furū’ fi al-‘AqÄ«dah, wa as-Syari’ah, wa al-Akhlaq ‘inda Ahl as-Sunnah wa al-JamÄ’ah. Universiti Sains Islam Malaysia.
Oknita, & Yusri, A. (2021). Berkomunikasi dengan Allah Kajian terhadap Komunikasi Transendental yang Terkandung dalam Ibadah Shalat . Ash-Shudur: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 62.
Quá¹b, S. (1980). Khaá¹£Äiá¹£ al-Taá¹£awwur al-IslÄmÄ« wa Muqawwimatuhu. DÄr as-SyurÅ«q .
Rahadian, L. (2016, January 21). MUI: Ada Lebih dari 300 Aliran Sesat di Indonesia. CNN Indonesia.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6th ed.). Pearson.
Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik pada Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon . Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 44.
Wan Ramli, W. A., & Ab Majid, M. K. (2005). “Pemikiran Islam: Suatu Analisis Konseptual Kontemporariâ€,. Jurnal Usuluddin , 22(1), 5.
Widyaningsih, R. (2017). Kerentanan Radikalisme Agama di Kalangan Anak Muda . Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII, 17-18 November 2017 p. 1559, 1559.
Wortham, S. (2003). Learning in Education . Encyclopedia of Cognitive Science, 1(563), 1079–1082
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).