Implementasi Pembinaan Akidah Dalam Membentuk Fikrah Islamiyah Peserta Didik Melalui Kegiatan Studia Islamika Pada Ekstrakurikuler Rohis Di Sma Negeri 2 Cianjur

Authors

  • M. Saeful Anwar STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Ahmad Apidin STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Edi Supardi STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5598

Keywords:

Aqeeda, Behaviorism, Islamic Thought

Abstract

Studia Islamika merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di lingkungan ekstrakurikuler ROHIS SMA Negeri 2 Cianjur dengan fokus pada pembinaan akidah agar membentuk fikrah islamiyah bagi peserta didik. Berdasarkan penelitian yang dimulai dengan observasi lapangan sampai melakukan penelitian mendalam, peneliti menemukan hal yang menarik berupa adanya pembinaan yang berfokus pada pembentukan fikrah islamiyah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan akidah yang dilakukan pada kegiatan Studia Islamika, kondisi fikrah islamiyah peserta didik pasca kegiatan, serta implikasi dari kegiatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, implementasi pembinaan akidah dalam membentuk fikrah islamiyah dilakukan dengan pendalaman materi akidah sifat 20 dan proses pembelajaran berdasarkan teori behaviorisme. Pembinaan yang dilakukan membentuk pemikiran peserta didik yang memandang Ketuhanan, alam, dan manusia dipandu oleh Al-qur’an dan sunnah. Implikasi dari pembinaan berkisar pada terbukanya peserta didik terhadap keluhuran ajaran Islam, berpikir dan bertindak lebih dewasa, serta meningkatkan prestasi akademik peserta didik

References

Abd al-Hamid, M. (1994). TajdÄ«d al-Fikr al-IslÄmÄ« . al-Ma’had ‘Aliy li al-Fikr Islamiy.

Al- Qaraá¸awi, Y. (n.d.). al-Khaá¹£Äiá¹£ al-‘Ämmah lil Islam. Https://Www.al-Qaradawi.Net/Node/5033 .

Al-’Ajamiy, A. al-Y. A. Z. (1991). Dirasat fi Fikr al-Islamiy. Dar at-Tauzi’ wa an-Nasyr al-Islamiyah .

al-Bahi, M. (1981). al-Fikr IslÄmÄ« fi Taá¹­awwurihi. Maktabah Wahbah.

Al-Ghazali, A. H. (2010). Kaimiya as-Sa’adah. Dar al-Muqattam.

al-Ghazali, A. H. (2019). Ma’Ärij al-Quds fi MadÄrij Ma’rifah an-Nafs. Hindawi Foundation.

Al-Maidani, A. ar-A. H. H. (2009). al-‘AqÄ«dah al-IslÄmiyyah wa AsÄsuha. DÄr al-Qalam.

al-Qardhawi, Y. (1996). Karakterisitik Islam Kajian Analitik. Risalah Gusti.

as-SuyÅ«á¹­i, J. ad-D. A. ar-R. (2003). Tarikh al-Khualafa (1st ed.). DÄr Ibn Hazm.

Bafadhol, I. (2015). Sekularisme dan Pengaruhnya dalam Dunia Pendidikan Islam . Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 4, 887.

chechnya-conference-statement-arabic. (n.d.). Retrieved July 29, 2023, from https://chechnyaconference.org/#portfolio

Choirul Ahmad. (n.d.). Aqidah, Kalam, Theology, World View dan Pemikiran Islam: Serupa tapi tak sama.

Abu Bakar, F. F. (2017). Khaṣaiṣ al-‘Aqidah al-Islamiyah min Khilal Tafsir az- Ẓilal lisayyid Quṭb. Jami’ah Najah al-Waṭaniyah.

Hasyim, A. (2019). Teologi Muslim Puritan Genealogi dan Ajaran Salafi (3rd ed.). Maktabah Darus-Sunnah.

Husaini, A. (2017). Reformasi Pendidikan Menuju Negara Adidaya 2045 (Kompilasi Pemikiran Pendidikan, Menyambut Kemerdekaan RI ke-72). Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

Ibn Kaṡir, I. (2000). Tafsir al-Qur’an al-‘Aẓim . DÄr Ibn Hazm.

Ibn Katsir, I. (2000). Tafsir Al-Qur’an al-Azhim (1st ed.). Dar Ibn Hazm.

Abdul Aziz, J. A. (2014). Silsilah min turats al-Imam al-Banna al-Kitab al-Khamis ‘asyar (Vol. 2). Darr an-Nida.

Al-‘Aqil, M. bin A. A. bin M. (2008). al-‘AqÄ«dah al-IslÄmiyyah wa al-MażÄhib al-Mu’Äá¹£irah. Jami’ah Malik Faiá¹£al.

Rizieq, M. bin H. S. (2021). ManÄhij at-Tamyiz baina al-Uṣūl wa al-Furū’ fi al-‘AqÄ«dah, wa as-Syari’ah, wa al-Akhlaq ‘inda Ahl as-Sunnah wa al-JamÄ’ah. Universiti Sains Islam Malaysia.

Oknita, & Yusri, A. (2021). Berkomunikasi dengan Allah Kajian terhadap Komunikasi Transendental yang Terkandung dalam Ibadah Shalat . Ash-Shudur: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 62.

Quá¹­b, S. (1980). Khaá¹£Äiá¹£ al-Taá¹£awwur al-IslÄmÄ« wa Muqawwimatuhu. DÄr as-SyurÅ«q .

Rahadian, L. (2016, January 21). MUI: Ada Lebih dari 300 Aliran Sesat di Indonesia. CNN Indonesia.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6th ed.). Pearson.

Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik pada Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon . Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 44.

Wan Ramli, W. A., & Ab Majid, M. K. (2005). “Pemikiran Islam: Suatu Analisis Konseptual Kontemporariâ€,. Jurnal Usuluddin , 22(1), 5.

Widyaningsih, R. (2017). Kerentanan Radikalisme Agama di Kalangan Anak Muda . Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII, 17-18 November 2017 p. 1559, 1559.

Wortham, S. (2003). Learning in Education . Encyclopedia of Cognitive Science, 1(563), 1079–1082

Published

12-02-2024

Citation Check