Implementasi Pembelajaran 9 Pilar Karakter Dalam Menanamkan Sikap Akhlakul Karimah Siswa Di Sds Karakter Al-Adzkiya Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5593Keywords:
9 character pillars, character-based education, Akhlakul karimah behavior.Abstract
Pembelajaran 9 Pilar karakter merupakan sebuah metode pembelajaran yang dikembangkan oleh IHF. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perkembangan Akhlak anak pada zaman sekarang yang semakin merosot. Akhlak merupakan misi Rasulullah saw. Â diutus ke dunia untuk di sempurnakan. Oleh karena itu, perilaku berakhlakul karimah harus di tanamkan sejak dini dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam membentuk perilaku akhlakul karimah siswa melalui pembelajaran 9 pilar karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil model pembelajaran berbasis karakter di SDS Karakter Al-Adzkiya. Adapun pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran menggunakan metode yang terdapat pada modul 9 pilar karaker. (2) Banyak fakor pendukung dalam model pembelajaran ini, seperti salah satunya guru sangat kreatif untuk memberikan beragam metode pembelajaran setiap harinya. Sedangkan faktor penghambat yaitu orangtua yang sulit untuk diajak bekerjasama. (3) Pembiasaan 9 pilar karakter diterapakan pada setiap interaksi baik guru dengan siswa maupun guru dengan guru sebagai model nyata.Â
References
al-Ghazali, Imam . Ihya’ Ulumuddin juz III .Semarang: Usaha Keluarga.
Dewi Siti Jamilah, Kepala Sekolah, SDS Karakter Al-Adzkiya, 06 Juni 2022.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
https://news.detik.com/kolom/d-5487954/karakter-siswa-daring di akses pada tanggal 10/06/2022
Manan, Syaepul .(2017) Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, Vol. 15 No. 1, pp. 7-10
Megawangi Ratna , dkk.(2010) : Membangun Karakter Anak Melalui Brain-based Parenting. Depok: Indonesia Heritage Foundation
Megawangi,Ratna. (2016) : Pendidikan Karakter.Jakarta: Indonesian Heritage Foundation
Silahudin, Pendidikan Dan Akhlak (Tinjauan Pemikiran Iman Al-Ghazali).Jurnal Tarbiyah, Vol. 23, No. 1, Januari-Juni 2016, h. 11
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Ya’kub, Hamzah : (2017) Etika Islam. Bandung: Dipenogoro
Yusuf, Muhammad Zein. (2020). Ahklak Tasawuf. Semarang: Al Husna
Zuhairini, dkk. (2021). Filsafat Pendidikan Islam Cet. IV.Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).