Implementasi Pembelajaran 9 Pilar Karakter Dalam Menanamkan Sikap Akhlakul Karimah Siswa Di Sds Karakter Al-Adzkiya Cianjur

Authors

  • Sigit Moch Attorsusi STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia
  • Edi Supardi STAI Al-Azhary Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5593

Keywords:

9 character pillars, character-based education, Akhlakul karimah behavior.

Abstract

Pembelajaran 9 Pilar karakter merupakan sebuah metode pembelajaran yang dikembangkan oleh IHF. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perkembangan Akhlak anak pada zaman sekarang yang semakin merosot. Akhlak merupakan misi Rasulullah saw.  diutus ke dunia untuk di sempurnakan. Oleh karena itu, perilaku berakhlakul karimah harus di tanamkan sejak dini dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam membentuk perilaku akhlakul karimah siswa melalui pembelajaran 9 pilar karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil model pembelajaran berbasis karakter di SDS Karakter Al-Adzkiya. Adapun pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran menggunakan metode yang terdapat pada modul 9 pilar karaker. (2) Banyak fakor pendukung dalam model pembelajaran ini, seperti salah satunya guru sangat kreatif untuk memberikan beragam metode pembelajaran setiap harinya. Sedangkan faktor penghambat yaitu orangtua yang sulit untuk diajak bekerjasama. (3) Pembiasaan 9 pilar karakter diterapakan pada setiap interaksi baik guru dengan siswa maupun guru dengan guru sebagai model nyata. 

References

al-Ghazali, Imam . Ihya’ Ulumuddin juz III .Semarang: Usaha Keluarga.

Dewi Siti Jamilah, Kepala Sekolah, SDS Karakter Al-Adzkiya, 06 Juni 2022.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

https://news.detik.com/kolom/d-5487954/karakter-siswa-daring di akses pada tanggal 10/06/2022

Manan, Syaepul .(2017) Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, Vol. 15 No. 1, pp. 7-10

Megawangi Ratna , dkk.(2010) : Membangun Karakter Anak Melalui Brain-based Parenting. Depok: Indonesia Heritage Foundation

Megawangi,Ratna. (2016) : Pendidikan Karakter.Jakarta: Indonesian Heritage Foundation

Silahudin, Pendidikan Dan Akhlak (Tinjauan Pemikiran Iman Al-Ghazali).Jurnal Tarbiyah, Vol. 23, No. 1, Januari-Juni 2016, h. 11

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ya’kub, Hamzah : (2017) Etika Islam. Bandung: Dipenogoro

Yusuf, Muhammad Zein. (2020). Ahklak Tasawuf. Semarang: Al Husna

Zuhairini, dkk. (2021). Filsafat Pendidikan Islam Cet. IV.Jakarta: Bumi Aksara

Published

12-02-2024

Citation Check