Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5586Keywords:
At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, karakter, pendidikanAbstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter penghafal Al-Qur’an dalam KitabAt-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an. Secara praktis berguna untuk memberikan manfaat bagi para Hafizh / Hafizhah, dan lembaga pendidikan tahfizh Al-Qur’an. Selain itu dapat menjadi literasi bagi para pengambil kebijakan untuk menerapkan menjadi salah satu kurikulum panduan karakter penghafal Al-Qur’an dalam mewujudkan pendidikan berkarakter yang telah dicanangkan oleh Pemerintah saat ini. Penulis berasumsi pentingnya ulasan yang berorientasi kepada penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bagi para praktisi atau Ahlul Al-Qur’an yang secara literature bersumber dari kitab klasik karya Imam An-Nawawi yang fenomenal saat itu. Dengan demikian ikut andil melestarikan khazanah keilmuan warisan kitab para Ulama’yang berserak. Berdasarkan tela’ah, analisis maka didapati hasil temuan yaitu nilai-nilai pendidikan karakter penghafal Al-Qur’an dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an adalah disiplin, jujur, gemar membaca, kerja keras, menghargai prestasi, religious, mandiri dan tanggung jawab.
References
Abd Hadi, R. A. (2021). Penelitian Kualitatif, Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografy. Jawa Tengah: Pena Persada.
Abdul Majid, D. A. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al-Badr, A. bin A. M. (2019). At-Tibyan Fi Syarhi Akhlaqi Hamalatil Qur’an. Saudi Arabia: Maktab Itqon Li At-Tahqiq wa Ad-Dirosat Al-‘Alamiah.
Asy-syafi’i, A. Z. Y. bin S. A.-N. (1991). At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an. Beirut: Jami’ Al-Huquq Mahfuzhah.
Daim, A. (2016). Menghafal Al–qur’an Tanpa Guru. Sukoharjo: Mumtaza Memang.
Ekoati, E. S. (2023). Serahkan Tugas Kepada Orang yang Sibuk. Retrieved February 21, 2023, from https://www.gurusiana.id/read/endangsiwiekoati/article/serahkan-tugas-kepada-orang-sibuk-507570
Febrianshari, D., & Ekowati, D. W. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 88–95.
Jaaze, A. (2017). Ide-ide Inovatif dalam Menghafal al-Qur’an. Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika.
Kadar, M. Y. (2009). Studi al-Qur’an. Jakarta: Amzah.
Kuswandoro, W. (2015). Soft Skills dan Kesuksesan. Retrieved from FISIP Universitas Brawijaya website: http://wkwk.lecture.ub.ac.id/2015/12/soft-skills-dan-kesuksesan-hidup/
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. (2014). Tafsir Al-Qur’an Tematik. Jakarta: Kamil Pustaka.
Ma’mun, S. (2023). Makna Tanggung Jawab dalam Islam. Retrieved from binus.ac.id website: https://binus.ac.id/character-building/2020/05/makna-tanggung-jawab-dalam-islam/
Maulid, R. (2021). Mengenal Analisis Konten dalam Analisis Data Kualitatif. Didapatkan Dari Https://Dqlab. Id/Mengenal-Analisis-Konten-Dalam-Analisis-Data-Kualitatif.
Muhyidin, M. (2007). Membuka Energi Ibadah. Yogyakarta: Diva.
Nurdin, A. (2023). Mandiri Sebagai Sikap Hidup Seorang Mukmin. Retrieved September 20, 2023, from cariustadz.id website: https://cariustadz.id/artikel/detail/mandiri-sebagai-sikap-hidup-seorang-mukmin
Rahman, A. (2016). Menjadi Sahabat Al-Qur’an. Palembang: Noer Fikri Offset.
Rahmat, P. S. (n.d.). Penelitian Kualitatif dalam Equilibrum. Jurnal Pendidikan, 5(9).
Rokhmawati, I. D. A. A. (2016). Konsep Etika Peserta Didik dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Imam Nawawi Dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an). STAIN Kudus.
Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shihab, M. Q. (2017). Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Sabtu 31 April. Bandung: Mizan.
Sugiyono. (2020). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta, Bandung.
Suyitno, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip Dan Operasionalnya. Tulung Agaung: Akademia Pustaka.
Syihab, U. (2005). Kontekstualitas Al-Qur’an. Jakarta: Penamadani.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Disertasi. (2021). Pedoman Penulisan Disertasi Tahun 2021. Palembang: Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.
Zen, A. M. (1996). Bimbingan praktis menghafal Al-Qur’annul Karim. Alhusna Zikra.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Abdul Rahman, Duski Ibrahim, Muhammad Isnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).