Eksistensi Pondok Pesantren Salaf Ath-Thohariyah Pandeglang di Era Disruptif
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5580Keywords:
Era Disruptif, Pesantren, Eksistensi, Life SkillAbstract
Era disruptif menuntut perubahan dalam kurikulum pendidikan. Peserta didik perlu dipersiapkan dengan ketrampilan yang relevan. Kurikulum juga perlu mencakup pendidikan karakter dan kemampuan sosial yang diperlukan untuk mengatasi masalah sosial yang kompleks. Kondisi ini secara tidak kita sadari telah menggiring kita, termasuk pesantren untuk dapat beradaptasi dalam menghadapi era revolusi industri yang penuh dengan tantangan dan disrupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi Pondok Pesantren Salaf Ath-Thohariyah di era disruptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan di Pondok Pesantren Ath-Thohariyyah Desa Sodong-Saketi Kabupaten Pandeglang. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Ath-Thohariyyah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang telah berperan penting dalam menghadapi era disruptif yang ditandai oleh perubahan teknologi dan dinamika sosial yang cepat. Pesantren ini telah berusaha untuk menyediakan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman dengan menggabungkan nilai-nilai Islam dengan pembelajaran keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar seperti ketrampilan tataboga, tata rias dan tata busana. Eksistensi Pondok Pesantren Ath-Thohariyyah mencerminkan komitmen untuk mempersiapkan individu dan komunitas untuk menghadapi tantangan era disruptif dengan keterampilan, karakter, kolaborasi, dan inovasi. Pesantren ini juga memberikan kontribusi positif pada pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar, dengan memajukan pendidikan dan keterampilan yang relevan.
References
Abdillah, Masykuri. “Pesantren Dalam Konteks Pendidikan Nasional Dan Pengembangan Masyarakat” Dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: Grasindo, 2002.
Adawiah, Rabiatul. “Aliran Eksistensialisme Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam.” Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 14, no. 1 (2016).
Akbar, Jakub Saddam, Putu Ari Dharmayanti, Vibry Andina Nurhidayah, Siti Isma Sari Lubis, Dr. Randi Saputra, William Sandy, Sri Maulidiana, et al. Model Dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori Dan Panduan Praktis). Jambi: PT. Sonpedia, 2023.
Amalih, Ihwan, and Irwandi Bayu. “Eksistensialisme Religius Dalam Wacana Keislaman Kontemporer (Study Atas Pemikiran Ali Syari’ati).” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 74–88.
Anzelina, Dewi. Pengembangan Sistem Pembelajaran Teori, Praktik, Trend Dan Isu Di Pendidikan Dasar. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2020.
Creswell, John W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset , Memilih Di Antara Lima Pendekatan. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Dewi, Dinis Puspita. Pemain Bit IPAS Pengembangan Media Interaktif Berbasis IT IPAS. Semarang: Cahaya Ghani Recovery, 2023.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren – Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya, Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.
Doringin, Ferry, Nensi Mesrani Tarigan, and Johny Natu Prihanto. “Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Teknologi Industri dan Rekayasa (JTIR) 1, no. 1 (2020): 43–48.
Fadjar, Malik. Madrasah Dan Tantangan Modernitas. Jakarta: Mizan, 1999.
Firdaus, Rahmad. Tren Bisnis Digital (Optimasi Dan Optimalisasi Usaha Berbasis Digital). Jambi: PT Sonpedia, 2023.
Ghodang, Hironymus. Kepemimpinan Technopreneurship Bogor: Bogor: Moeka Publishing, 2021.
Haqqi, Halifa. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Cociety 5.0 Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi Dan Transformasi Kehidupan Di Era Disruftif. Yogyakarta: Quadrant, n.d.
Hayati, Rahmi, Asep, Sisca Septiani, Winda Novianti, Irfan, Henny Sri Astuty, Ita Handayani, et al. Strategi Pembelajaran. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka, 2023.
Meifilita, Andiwi. Sumpah Pemuda Dalam Disrupsi Era 4.0 Bangkitnya Feminism Digital Presfektif Komunikasi Gender” Dalam Menggali Pondasi Karakter Bangsa Dengan Semangat Sumpah Pemuda. Malang: Unisma Press, 2021.
Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Strategi Adaptif Pondok Pesantren Dalam Membangun Learning Organization.” UIN KH. Achmad Siddiq Jember, 2022.
Nggego, Dedy, Herwinsyah, Wulan Purnomo, Wirawan Istiono, Adele Mailangkay, Roro Melani, Arief Rukmana, Angga Permana, and Raimon Efendi. E-Learning. Padang: Get Press Indonesia, 2023.
Prasetyo, Banu, and Umi Trisyanti. “Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial.” IPTEK Journal of Proceedings Series 0, no. 5 (2018): 22–27.
Prathama, Moch Thobie. Moch Thobie Prathama, Taklimat Pembangunan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. Jakarta Selatan: INDEF, 2021.
Rohmanulhakim, Arif. Hidden Existence. Bogor: Guepedia.com, 2023.
Rokhman, Fathur. Linguistik Disruptif: Pendekatan Kekinian Memahami Perkembangan Bahasa Rawamangun. Jakarta: Bumi Angkasa, 2020.
Rukmana, Arif Yanto. Masa Depan Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Depublish Digital, 2023.
Sastradinata, B Lena Nuryati. Trasformasi Mindset Dalam Membangun Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Media Pembelajaran Aktif Yogyakarta: Depublish Digital 2023 Hlm. Yogyakarta: Depublish Digital, 2023.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sulistiyanto. World Class Navy, Kepemimpinan Kolaboratif Di Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Laut. Jakarta: Gramedia, 2019.
Suryani, Khotimah. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Di Pesantren Pada Era Disrupsi.” Journal Multicultural of Islamic Education 6, no. 1 (2022): 23–35.
Suseno, Frans Magnis., A. Setyo. Wibowo, Alex. Lanur OFM, J. Supriyono, S. P. Lili. Tjahjadi, Sayyidati. Muniroh, Thomas Hidya. Tjaya, and Ito Prajna. Nugroho. “Filsafat Eksistensialisme Jean-Paul Sartre.” INFORMASI 1, no. XXXVI (2010).
Susniawati. Admnistrasi Digital. Indramayu: CV Adanu Abimata, 2023.
Tambunan, Sihol F. “Kebebasan Individu Manusia Abad Dua Puluh: Filsafat Eksistensialisme Sartre.” Jurnal Masyarakat &Budaya 18, no. 2 (2016): 215–232.
Yulianto, Hary. Paradigma Transformasi Sistem Pendidikan: Perspektif Fasilitator Sekolah Penggerak. Solok: Sagustatal Indonesia, 2023.
Yusuf, Munir. Inovasi Pendidikan Abad 21: Perspektif, Tantangan Dan Praktek Terkini. Yogyakarta: Selat Media Patners, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Mumu Zainal Mutaqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).