Problematika Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTAIS)

Authors

  • Mardeli Mardeli Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia, Indonesia
  • Dwi Noviani Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah, Indralaya, South Sumatra, Indonesia, Indonesia
  • Choiriyah Choiriyah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah Indo Global Mandiri Palembang, South Sumatra, Indonesia, Indonesia
  • Kris Setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.5494

Keywords:

Islam, Perguruan Tinggi, Problematika, Swasta.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sarana dan prasarana perguruan tinggi swasta di Indonesia yang setara dengan perguruan tinggi yang dijalankan oleh pemerintah. Peran lembaga pendidikan swasta sama halnya dengan negara, yaitu ikut andil dalam mencerdaskan anak bangsa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, berdasarkan hasil penelitian yang berorientasi pada pengembangan kualitas akademik dalam skala internasional sehingga kebutuhan akademik dan sosial untuk skala nasional dan regional dengan sendirinya terpenuhi; 2) didukung dengan suasana akademik yang baik sehingga upaya peningkatan mutu akademik dapat berjalan lebih cepat dan efektif; 3) menjadi penopang utama internasionalisasi pendidikan Islam yang lebih manusiawi dan membangun jaringan akademik internasional yang luas untuk mendukung sumber daya manusia dalam negeri yang unggul, inovatif dan produktif.

References

Bunyamin, B., & Alamsyah, A. (2016). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 203. Https://Doi.Org/10.15575/Jpi.V28i2.544

Furchan, A. (2004). Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Gama Media.

Hengki, P., & Kadek. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu. Https://Doi.Org/10.25078/JPM.V1i2.45

Iskandar, J. (2017). Penerapan Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Madrasah. Idaarah, I(2).

Kurniawan. (2012). Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Bagi Perguruan Tinggi Swasta ( Studi Kasus Universitas Bina Darma ). Seminar Nasional Informatika 2012.

Mas’ud, A. dkk. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Pelajar dan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Rivan, A. (2005). Strategi dan Prospek Pengembangan Mutu Lulusan PTAI di Indonesia. Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta.

Sudarsana, I. K. (2017). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34

Sufyarma. (2004). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2001). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah: strategi Pendidikan Nasional dalam era Globalisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta: Uhamka Ekspres.

Ulfah Iran, Murniati, & Khairuddin. (2014). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sman. Administrasi Pendidikan, 4(2).

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana Dan Prasarana (Sarana Dan Prasarana Pplp). Cerdas Sifa, (1).

Published

29-05-2023

Citation Check