Strategi Pengembangan Usaha di Pondok Pesantren Nurul Iman Parung: Perspektif Pendidikan Islam di Era Disrupsi

Authors

  • Siti Nurhasanah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Maftuhah Maftuhah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5493

Keywords:

development strategy, Islamic education, business development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap strategi pengembangan usaha yang dilakukan dan melihat bagaimana perspektif pendidikan Islam terhadap strategi pengembangan pondok pesantren Nurul Iman Parung di era disrupsi. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan telaah literatur (literature review) dari berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode analisis deskriptif merupakan metode analisis data yang dilakukan dengan menyusun data yang diperoleh kemudian diinterpretasikan dan dianalisis sehingga memberikan informasi bagi pemecahan masalah yang dihadapi. Berdasarkah hasil penelitian diketahui strategi pengembangan usaha yang dilakukan pondok pesantren Nurul Iman Parung terdiri dari 4 strategi yaitu 1). Melakukan pengembangan ide usaha, 2). Melakukan perluasan skala usaha; 3). Perluasan cakupan usaha; 4). Perluasan melalui kerjasama. Strategi pengembangan pondok pesantren di era disrupsi  dalam perspektif pendidikan Islam telah terimplementasi dengan baik diawali dengan membuat software khusus untuk pengelolaan pendidikan yang menunjang proses pembelajaran selanjutnya membuat kelas digital dan melakukan pengembangan sarana dan prasarana digital yang semuanya akan berdampak pada proses pembelajaran yang ada di dalam pesantren.Tujuan dari pendidikan Islam dan kurikulum pendidikan Islam pun telah diterapkan dengan baik di Pesantren Nurul Iman.  

References

Angelina, P., Kartadinata, S., & Budiman, N. (2021). Kompetensi pedagogis guru di era disrupsi pendidikan dalam pandangan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 305. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4863

Astri Dwi Andriani, Rohmat Awaludin, I. A. M., Hadi Pajarianto, Irfan Sophan Himawan, Hamdani, I., & Nur Afifah Latif, Rico Setyo Nugroho, M. I. (2022). Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi (Pertama). CV Tohar Media.

Brian R. Ford, J. M. B. dan P. T., & Pruitt. (2008). The Ernst & Young Business Plan (I. Andriani (ed.); Terjemahan). PT Cahaya Insani Suci.

Bukhari, U. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit Amzah.

Burhanudin. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. Literasi, XI(1), 63–74.

Diah Tuhfat Yoshida. (2004). Arsitektur Strategik: Sebuah Solusi Meraih Kemenangan dalam Dunia yang Senantiasa Berubah. PT Elex Komputindo Kelompok Gramedia.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnely, J. H. (2017). Organisasi: Perilaku Struktur, Proses. (Terjemahan) (Edisi Dela). Aksara, Binarupa.

Gunawan, O. A. (2022). Manajemen Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Bogor Oky Ari Gunawan. 5(1), 12–22.

Harmaizar. (2003). Menangkap Peluang Usaha. CV Dian Anugerah Prakasa.

Hidayat, A. (2021). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millenial. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 4.

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,†9(1), 195–204.

Ikhwan, S., & Romadhon, A. (2016). Melalui Entrepreneurship dan Partnership. Jurnal Pendidikan Vokasi, 270–275.

Jamaluddin, M. (2012). Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, 127–139. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57

Kustoro Budiarta. (2009). Pengantar Bisnis. Mitra Wacana Media.

Maftuhah; Siti Nurhasanah. (2023). SWOT Analysis of Development Strategy Entiring The Disruption Era. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 10(1), 57–68.

Muhammad, A. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian, 1 (3) 223, Hal.224.

Muliawaty, L. (2019). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi , Vol. 10 No, 1–11.

Nur Alifiyah, A. B. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Melalui Bisnis Model Canvas Kerajinan Tenun Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Mojo,Kediri. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1, No.3, 295.

Nurhasanah, S., & Suryani, S. (2018). Maksimalisasi Potensi Zakat Melalui Peningkatan Kesadaran Masyarakat. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2, 185–194.

Prayitno, P. (2016). Pemberdayaan Sumber Daya Santri Melalui Entrepreneurshipo Di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor. Quality, 4(2), 310–331.

Safitri, I., Salman, D., & Rahmadani, R. (2018). Strategi Pengembangan USAHA KULINER. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(2), 183-194.

Siti Nurhasanah; dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Edu Pustaka.

Siti Nurhasanah. (2023). Statistika Pendidikan. Salemba Diniyah.

Sugiarti, D. Y. (2011). Membangun Peradaban Muslim Di Indonesia. Edukasi, 3, 8–37.

Sukria Hairun ; Diva Sri Wahyuni Ahmad; Ria Wulandari ; M. Fauzan. (2022). Pengembangan Sistem E-ElearningBerbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di SMAN1 Talawi. Jurnal Informatikadan Teknologi Pendidikan, 2(2).

Suresti, A., & Wati, R. (2012). Strategi pengembangan usaha peternakan sapi potong di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 14(1), 249-262.

Suwarsono Muhammad. (2012). Strategi Pemerintahan. Erlangga.

Syamsuri, S. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Berdikari di Pesantren Gontor Berbasis Pengelolaan Kopontren. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 37. https://doi.org/10.29300/aij.v6i1.2803

Warda Maghfiroh Husein. (2022). Disrupsi Pendidikan Di Era New Normal Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Zaini, M. (2014). Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Melalui Usaha Kecil Masyarakat. Jurnal Kependidikan Islam, 4(20), 175–199.

Published

28-11-2023

Citation Check