Strategi Pengembangan Usaha di Pondok Pesantren Nurul Iman Parung: Perspektif Pendidikan Islam di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5493Keywords:
development strategy, Islamic education, business developmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap strategi pengembangan usaha yang dilakukan dan melihat bagaimana perspektif pendidikan Islam terhadap strategi pengembangan pondok pesantren Nurul Iman Parung di era disrupsi. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan telaah literatur (literature review) dari berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode analisis deskriptif merupakan metode analisis data yang dilakukan dengan menyusun data yang diperoleh kemudian diinterpretasikan dan dianalisis sehingga memberikan informasi bagi pemecahan masalah yang dihadapi. Berdasarkah hasil penelitian diketahui strategi pengembangan usaha yang dilakukan pondok pesantren Nurul Iman Parung terdiri dari 4 strategi yaitu 1). Melakukan pengembangan ide usaha, 2). Melakukan perluasan skala usaha; 3). Perluasan cakupan usaha; 4). Perluasan melalui kerjasama. Strategi pengembangan pondok pesantren di era disrupsi  dalam perspektif pendidikan Islam telah terimplementasi dengan baik diawali dengan membuat software khusus untuk pengelolaan pendidikan yang menunjang proses pembelajaran selanjutnya membuat kelas digital dan melakukan pengembangan sarana dan prasarana digital yang semuanya akan berdampak pada proses pembelajaran yang ada di dalam pesantren.Tujuan dari pendidikan Islam dan kurikulum pendidikan Islam pun telah diterapkan dengan baik di Pesantren Nurul Iman. Â
References
Angelina, P., Kartadinata, S., & Budiman, N. (2021). Kompetensi pedagogis guru di era disrupsi pendidikan dalam pandangan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 305. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4863
Astri Dwi Andriani, Rohmat Awaludin, I. A. M., Hadi Pajarianto, Irfan Sophan Himawan, Hamdani, I., & Nur Afifah Latif, Rico Setyo Nugroho, M. I. (2022). Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi (Pertama). CV Tohar Media.
Brian R. Ford, J. M. B. dan P. T., & Pruitt. (2008). The Ernst & Young Business Plan (I. Andriani (ed.); Terjemahan). PT Cahaya Insani Suci.
Bukhari, U. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit Amzah.
Burhanudin. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. Literasi, XI(1), 63–74.
Diah Tuhfat Yoshida. (2004). Arsitektur Strategik: Sebuah Solusi Meraih Kemenangan dalam Dunia yang Senantiasa Berubah. PT Elex Komputindo Kelompok Gramedia.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnely, J. H. (2017). Organisasi: Perilaku Struktur, Proses. (Terjemahan) (Edisi Dela). Aksara, Binarupa.
Gunawan, O. A. (2022). Manajemen Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Bogor Oky Ari Gunawan. 5(1), 12–22.
Harmaizar. (2003). Menangkap Peluang Usaha. CV Dian Anugerah Prakasa.
Hidayat, A. (2021). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millenial. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 4.
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,†9(1), 195–204.
Ikhwan, S., & Romadhon, A. (2016). Melalui Entrepreneurship dan Partnership. Jurnal Pendidikan Vokasi, 270–275.
Jamaluddin, M. (2012). Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, 127–139. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57
Kustoro Budiarta. (2009). Pengantar Bisnis. Mitra Wacana Media.
Maftuhah; Siti Nurhasanah. (2023). SWOT Analysis of Development Strategy Entiring The Disruption Era. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 10(1), 57–68.
Muhammad, A. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian, 1 (3) 223, Hal.224.
Muliawaty, L. (2019). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi , Vol. 10 No, 1–11.
Nur Alifiyah, A. B. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Melalui Bisnis Model Canvas Kerajinan Tenun Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Mojo,Kediri. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1, No.3, 295.
Nurhasanah, S., & Suryani, S. (2018). Maksimalisasi Potensi Zakat Melalui Peningkatan Kesadaran Masyarakat. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2, 185–194.
Prayitno, P. (2016). Pemberdayaan Sumber Daya Santri Melalui Entrepreneurshipo Di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor. Quality, 4(2), 310–331.
Safitri, I., Salman, D., & Rahmadani, R. (2018). Strategi Pengembangan USAHA KULINER. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(2), 183-194.
Siti Nurhasanah; dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Edu Pustaka.
Siti Nurhasanah. (2023). Statistika Pendidikan. Salemba Diniyah.
Sugiarti, D. Y. (2011). Membangun Peradaban Muslim Di Indonesia. Edukasi, 3, 8–37.
Sukria Hairun ; Diva Sri Wahyuni Ahmad; Ria Wulandari ; M. Fauzan. (2022). Pengembangan Sistem E-ElearningBerbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di SMAN1 Talawi. Jurnal Informatikadan Teknologi Pendidikan, 2(2).
Suresti, A., & Wati, R. (2012). Strategi pengembangan usaha peternakan sapi potong di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 14(1), 249-262.
Suwarsono Muhammad. (2012). Strategi Pemerintahan. Erlangga.
Syamsuri, S. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Berdikari di Pesantren Gontor Berbasis Pengelolaan Kopontren. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 37. https://doi.org/10.29300/aij.v6i1.2803
Warda Maghfiroh Husein. (2022). Disrupsi Pendidikan Di Era New Normal Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Zaini, M. (2014). Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Melalui Usaha Kecil Masyarakat. Jurnal Kependidikan Islam, 4(20), 175–199.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).