Pola Pengembangan Pendidikan Keagamaan Sekolah Menengah Pertama Al-Firdaus World Class Islamic School Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5425Keywords:
Pengembangan, Pendidikan, KeagamaanAbstract
Saat ini nilai-nilai keagamaan masih mengalami nasib yang serupa dan nyaris tidak pernah tersentuh oleh teori – teori Pendidikan umum. Penanaman nilai-nilai agama penting untuk menjadikan genarasi yang beragama, beradab, dan bermartabat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi proses sekolah dalam mengembangkan Pendidikan keagamaan serta kendala yang dihadapi dalam praktek pola pengembangan Pendidikan keagamaan di SMP Al-Firdaus Islamic World Class. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan motode wawancara, dokumentasi, dan osbervasi. Pengujian keabsahan data memakai triangulasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengembangan Pendidikan keagamaan di SMP Al-Firdaus World Class Islamic School melalui pembiasaan membaca Al-Quran disetiap pagi dilanjutkan pemberian motivasi, pembiasaan melakukan Sholat berjamaah, pembacaan Hadist, diadakannya Kajian kitab Riyadushalihin serta pembelajaran keagamaan. Terdapat faktor kendala yang mempengaruhi pola pengembangan Pendidikan keagamaan di sekolah, (1) Faktor yang datang dari keluarga kurangnya perhatian dan kepedulian dari orang tua (2) faktor dari peserta didik karena minat dan motivasi yang rendah.
Kata Kunci: Pengembangan, Pendidikan, Keagamaan
References
Adhandayani, Amalia. 2020. “MODUL METODE PENELITIAN 2 (KUALITATIF).†UNIVERSITAS ESA UNGGUL.
Amelia, Chairunnisa. 2019. “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA.†Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Vol. 3. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435X.
Ayu Rizka Syilvia. 2020. “PEMBIASAAN MEMBACA DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN PADA SISWA SD NEGERI RAGATUNJUNG 05 PAGUYANGAN BREBES SKRIPSI.â€
Darise, Gina Nurvina. n.d. “Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks ‘Merdeka Belajar.’†Journal of Islamic Education: The Teacher of CivilizationJurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 02 Nomor 02 .
Kamillia Insani. 2020. “METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB-MAWÂ’IZH AL-‘USHFÛRIYYAH KARYA BIN ABU BAKAR AL-‘USHFURI.†UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Karima, Nisa Cahaya, Salsabil Hasna Ashilah, Alifia Sekar Kinasih, Putri Haura Taufiq, and Latipah Hasnah. 2022a. “Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap Anak Usia Dini.†Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 17 (2): 273–92. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482.
———. 2022b. “Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap Anak Usia Dini.†Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 17 (2): 273–92. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482.
Khalifatul Ulya. 2020. “PELAKSANAAN METODE PEMBIASAAN DI PENDIDIKAN USIA DINI BINA GENERASI TEMBILAHAN KOTA.†Astiza 1 (1).
Khoiriah, Khifayatul, M. Ismail, Edy Kurniawansyah, and Muh. Zubair. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dan Toleransi Melalui Budaya Sekolah Di SMP Negeri 22 Mataram.†Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 (3): 1448–55. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1490.
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 2014. Analisi Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohendi Rohin. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy. J. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Sobri, Moerdiyanto. 2014. “PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR HASIL BELAJAR EKONOMI MADRASAH ALIYAH DI KECAMATAN PRAYA.†Jurnal Harmoni Sosia 1 (1).
Mukhtar, Kholifatul Azizah. 2020. “PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KREATIVITAS GURU MTSN SE-KABUPATEN MADIUN.†Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1 (1): 9–23.
Murdiyanto, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya. Veteran Pr. Yogyakarta. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.
Nesi Apriyadi. 2018. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU.†(IAIN) BENGKULU.
Putra, Kristiya Septian. 2015. “Implmentasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious Culture) Di Sekolah.†Jurnal Kependidikan 3 (2): 14–32.
Rahman, Sunarti. 2021. PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Vol. 1. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.â€
Rizqi Umami, Adellia, and Sarah Wulan. n.d. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Al-Qur’an.â€
Santoso, Gunawan, Aim Abdul Karim, Bunyamin Maftuh, and mun Murod. 2023. “Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Melalui Kajian Filosofis Pembukaan UUD 1945 Indonesia Abad 21.†Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) 2 (1).
Sopian Sinaga. 2017. “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DAN SOLUSINYA.†Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang Jurnal WARAQAT ♦. Vol. II. Jurnal WARAQAT.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syilvia, Ayu Rizka. 2020. “PEMBIASAAN MEMBACA DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN PADA SISWA SD NEGERI RAGATUNJUNG 05 PAGUYANGAN BREBES SKRIPSI Oleh: AYU RIZKA SYILVIA NIM. 1323308070.â€
Unang Wahidin. 2020. “PENDIDIKAN KARAKTER BAGI REMAJA.†Jurnal Al Hidayah Bogor.
Wasilah, Muslimah. 2023. “Fenomena Kemunculan Sekolah ‘Elit’ Islam Di Indonesia (Analisis Aspek Manfaat Dan Mudharat).†Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 11 (1): 2023–2141. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.677.
Wayan Rati, Ni, Nyoman Kusmaryatni, Nyoman Rediani, and Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2017. “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA.â€
Wijaya, Hengki, Umrati. 2020. Analisis Data Kualitatif. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yanti, Lisa Rahma. 2020. “ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SD NEGERI 30 PEKANBARU.†Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9 (1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7850.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).