Kemampuan Berpikir Filsafat Dalam Perkembangan Ilmu Pendidikan Pada Generasi Z Di Sekolah Berbasis Islam Di Provinsi Banten
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5393Keywords:
Philosophical Thinking Ability, Generation Z, Islamic-Based SchoolsAbstract
Generasi Z membentuk sebagian besar populasi Indonesia, yang berjumlah 75,49 juta orang, atau 27,94 persen dari total populasi. Generasi Z tumbuh di tengah perkembangan teknologi yang cepat, terutama dalam hal internet dan media sosial. Akibatnya, mereka sangat memahami teknologi dan mampu menggunakan alat digital dengan cepat. Studi McKinsey (2018) menyatakan bahwa Generasi Z adalah generasi yang mencari kebenaran. Generasi Z adalah orang-orang yang terbuka, inklusif, berbicara, berinteraksi, dan berdialog. Mereka juga realistis, analitik, kritis, mandiri, kreatif, dan inovatif. Menarik untuk ditanyakan apa saja kondisi, potensi, dan ciri dominan yang menjadi ciri pemikiran filsafat pada Generasi Z: Apa relevansi atau urgensinya terhadap kemampuan berpikir filosofis dalam pendidikan Generasi Z, khususnya di kalangan pembelajar di sekolah berbasis islam di provinsi Banten? Apa yang dimaksud dengan kemampuan berpikir filosofis?. Siapa Generasi Z? Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir filosofis Generasi Z di pesantren di provinsi Banten? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya kemampuan berpikir filsafat bagi Generasi Z, khususnya mereka yang belajar di sekolah berbasis Islam di provinsi Banten; makna kemampuan berpikir filsafat; makna Generasi Z; dan strategi yang dapat digunakan untuk membantu Generasi Z belajar berpikir filsafat di sekolah berbasis Islam di provinsi Banten. Studi atau kajian pustaka adalah metode penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan masalah tersebut di atas. Konsep dan teori yang digunakan dipelajari berdasarkan literatur yang tersedia. Studi pustaka menemukan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis, analitis, logis, rasional, koheren, korelatif, holistik, mendalam, proporsional, universal, konseptual, sistematis, solutif, dan radikal untuk menemukan kebenaran substansial, hakiki, atau sebenarnya. (2) Generasi Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 dan berusaha mencari kebenaran dengan cara yang terbuka, inklusif, komunikatif, dialogis, dan interaktif; (3) Di sekolah-sekolah Islam, generasi Z harus memiliki kemampuan berpikir filsafat karena sesuai dengan tuntutan pendidikan Islam yang menginginkan siswa menjadi generasi yang berpikir dan bertindak secara benar dan sesuai dengan Al-Quran, Hadits, serta hasil ijtihad dan ijma ulama terkemuka, bahkan menjadi generasi kamil. Mereka juga harus memiliki kualitas pemikiran kritis, analitis, logis, rasional, koheren, korelatif, mendalam, dan luas; dan (4) Generasi Z di sekolah-sekolah berbasis Islam di provinsi Banten dapat dilatih dalam berpikir filsafat melalui pendidikan karakter, pembudayaan literasi, strategi pembelajaran kontekstual, inkuiri, dan peningkatan kemampuan berpikir.
References
Barten, K. 1997. Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius.
Basrowi. (2016). Perilaku Perempuan Pedesaan dalam pengambilan Keputusan Sebagai TKI. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128–138.
Basrowi, -, & Sudrajat, A. (2018). Islam and European Feudalism in the Mid-Century. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 11(1), 84. https://doi.org/10.17509/historia.v11i1.12134
Basrowi, Ali, J., Suyanto, T., & Utami, P. (2023). Islamic Banking Loyalty in Indonesia : the Role Brand Image , Promotion , and Trust. 12(1), 75–102. https://doi.org/10.22373/share.v12i1.15338
Basrowi, B. (2019). Pengaruh Remitan, Jiwa Entrepreneurship, Kemapanan Bekerja Pasca Menjadi Tki, Terhadap Tingkat Kesejahteraan Tki Purna. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 15(2), 74–83. https://doi.org/10.21831/jep.v15i2.23407
Basrowi, B. (2020). Strategies to Increase Financial Inclusion through Financial Technology. Journal of Islamic Economics Lariba, 5(1), 81–96. https://doi.org/10.20885/jielariba.vol5.iss1.art5
Basrowi, B., Fauzi, F., & Utami, P. (2020). Impact of Sharia Tourism Development in Pringsewu Regency Lampung. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 91. https://doi.org/10.36835/iqtishoduna.v9i1.473
Basrowi, B., Nugroho, N., Purwaningsih, E., Nurkholifah, A. E., Fitriani, E., & Nurjanah, A. (2023). PKM-Technopreneur-Syariah Bagi Santri Pp Al-Mubarok. 4(4), 6927–6932.
Basrowi, B., Utami, P., Anggraeni, E., & Nasor, M. (2020). Analisis Swot Pasar Modal Syariah Sebagai Sumber Pembiayaan Di Indonesia. el-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 210–227. https://doi.org/10.24090/ej.v8i2.3957
Basrowi, B., & Zaki, M. (2020). Manajemen Harta Dalam Islam Dari Perspektif Hadits. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 160. https://doi.org/10.30997/jsei.v6i2.1833
Basrowi, & Fauzi. (2018). The Effect of Trading Frequency, Value, and Volume on Capital Investment Decision Making in the Capital Market that is Indicted by Jakarta Islamic Index (JII). Journal of Asian Business Strategy, 8(2), 27–37. https://doi.org/10.18488/journal.1006.2018.82.27.37
Basrowi, & Ghafur, R. A. (2020). face to faces Consumption According to Conventional and Islamic Concept.
Basrowi, & Utami, P. (2020). Upaya Baitul Maal Wa Tamwil Bertahan Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropfi Islam, 4(2), 141–152. https://doi.org/10.22236/alurban
Beswick, C. 2014. The Generation Z: Innovation Challenge. Cris Beswick & Let’s Think Beyond. http://crisbeswick.com/wp-content/uploads/2014/09/Cris-Beswick-Thinking- Differently-The-Generation-Z-Innovation-Challenge.pdf
Daniel, S., & Basrowi, B. (2022). The Role of Community Learning Centers for Sustainable Development In a Disadvantaged Village during the COVID-19 Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 6(5), 2118–2130. https://www.journalppw.com/index.php/jpsp/article/download/6277/4122
Fahsya, I., & Basrowi, B. (2016). Dampak Ilegal Mining Pertambangan Emas di Citorek Kidul Kabupaten Lebak Banten. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Francis, T., & Hoefel, F. 2018. True Gen: Generation Z and Its Implications for Companies McKinsey & Company https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged- goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implications-for-companies
Handadi, S. (2020). Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ) JEPANG. Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Tari Daerah Kalimantan Tengah, 7(2), 408–420.
Juanto, A., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Pemberian Simulasi Metode Bercakap-cakap terhadap Kreativitas Kemampuan Bercerita. 4, 601–608.
Juanto, A., & Umalihayati, B. (2023). Pelatihan peningkatan administrasi pemerintahan bagi aparatur desa di desa janaka kecamatan jiput. 4(2), 5360–5364.
Magnis Suseno, F. 2005. Pijar-Pijar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Maliki, I. B., Septiani, S. D., Ain, F., & Basrowi. (2022). Strategi Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa di Beberapa Universitas di Banten: Tinjauan Manajemen Pendidikan. Program Studi Manajemen, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Program Studi Magister Manajemen, 4(1), 697–707.
Munawir, A., & Basrowi, B. (2023). Peran Kedisiplinan dalam Memediasi Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Ekodestinasi: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata, 1(1), 27–35. https:/glorespublication.org/index.php/ekodestinasi/article/view/24/16
Munir, K., Basrowi, & Suseno, B. D. (2022). Covid-19 Pandemic : Adaptability of Vocational School Strategic Planning This research method uses tif kuantita research , which uses internal and external. 2(April), 204–211. https://doi.org/10.46306/bbijbm.v2i1.28
Nibel, B. H., & Basrowi. (2022). Learning Flexibility and Quantum Teaching As Predictors of Learning Quality. Journal of Positive School Psychology, 6(5), 1173–1185. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/5967
Purwaningsih, E., Anisariza, N. U., & Basrowi, B. (2023). Perolehan Legal Entity d an Legal Product bagi UMKM. 5, 245–264.
Purwaningsih, E., Basrowi, & Santoso, J. T. (2020). Jurnal Surya Kencana Satu : Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan Volume 11 Nomor 1 Maret 2020 53. 11(1), 53–70.
Purwaningsih, E., Rachmawati, E., & Basrowi. (2023). Pengetahuan Dan Motivasi Mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual Siswa Dan Guru Sman Purworejo Jawa Tengah. 4(2), 5353–5359.
Rianto, Yatim. 2009. Paadigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana..
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Susanto, A. 2011. Filsafat Ilmu Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epitemologis, dan Aksiologis. Jakarta : PT Bumi Aksara Uzer Usman, Moh. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suwarsono, D. T., & Basrowi, B. (2021). The Impact Of The Gojek And Tokopedia Mergers On The Welfare Of Gojek Drivers. Bina Bangsa Internasional Journal of Business and Management, 1(2), 125–136.
Tonich, & Basrowi. (2022). the Role of Cooperation With Partners, Implementation of Iso, and Performance of Principals To School Competitiveness. Journal of Positive School Psychology, 2022(5), 658–672. http://journalppw.com
Ulpah, M., Agustini, A., Sofiah, L., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education, 4(3), 521–531.
Utami, P., & Basrowi, B. (2021). Sharia Marketing Mix: A Model of Digital Marketing Management Strategy of Zakat. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 44–59. https://doi.org/10.24090/mabsya.v3i1.4688
Utami, P., Basrowi, & Julianas. (2019). Management of Zakat Payment Based on Fintech for the Good Corporate Governance Improvement. Eastern Journal of Economics and Finance, 4(2), 41–50. https://doi.org/10.20448/809.4.2.41.50
Utami, P., Fauzi, F., Sanusi, A., & Basrowi, B. (2020). Model E-Marketing Berbasis Fintech Syariah Berdasarkan Tinjauan Lingkungan Eksternal Dan Internal Untuk Pengembangan Wisata Halal Di Indonesia. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 58. https://doi.org/10.30997/jsei.v6i1.2157
Utami, P., Nasor, M., & Basrowi, B. (2021). The Role of Digital Zakat Towards Economic Development at Slums in Indonesia. Journal of Business, Economics and Environmental Studies, 11(3), 45–51. https://doi.org/10.13106/ajbe.2021.vol11.no3.45
Yusuf, F. A., & Basrowi. (2023). The Effectiveness of the Internship Program for Vocational High School Students Using the CIPP Method. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/jtp.v25i1.33553
Yusuf, Z. F. A., Muti’ah, E., & Basrowi. (2023). Occupational Risk Management For The Coding Officer Of The Medical Record Installation Section Of Banten Regional Public Hospital. 10(4), 1861–1868.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).