Implementasi Buku Tafsir Tarbawi: Tafsir Tematik Pendidikan Karakter Karya Fakhruddin Nursyam Sebagai Referensi Pada Mata Kuliah Tafsir Tarbawi

Authors

  • Rahendra Maya Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Herman Herman Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Aisyah Aisyah Universitas Ibn Khaldun (UIKA), Bogor, Indonesia
  • Muhammad Fadillah Alfarisi Universitas Islam Madinah (UIM), Saudi Arabia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5371

Keywords:

tafsir tarbawi, buku referensi, mata kuliah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis kelayakan buku Tafsir Tarbawi: Tafsir Tematik Pendidikan Karakter karya Fakhruddin Nursyam sebagai buku referensi alternatif pada mata kuliah Tafsir Tarbawi serta implementasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini mengambil subjek pada mata kuliah Tafsir Tarbawi di Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor pada Tahun Akademik 2023/2024. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pembelajaran Tafsir Tarbawi dengan menetapkan buku referensi yang ditentukan. Antara lain dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa di STAI Al-Hidayah Bogor yang berlatar belakang pendidikan umum. Hasil penelitian menunjukkan buku Tafsir Tarbawi: Tafsir Tematik Pendidikan Karakter layak dan dapat dijadikan buku referensi utama dalam mata kuliah Tafsir Tarbawi. Melalui penelitian ini juga terungkap bahwa implementasi pembelajaran buku Tafsir Tarbawi: Tafsir Tematik Pendidikan Karakter dapat dilakukan melalui langkah-langkah strategis yang terdapat dan diremomendasikan dalam hasil penelitian artikel ini.

References

Abu Nawas, M. Z. dan Sapruddin. (2020). Pengembangan Mata Kuliah Hadis Tarbawi Pada Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 16(2): 163-171. https://doi.org/10.23971/jsam.v16i2.2240.

Al-Bâz, A. (2007). Al-Tafsîr Al-Tarbawî li Al-Qur’ân Al-Karîm Vol. 1. Kairo: Dâr Al-Nasyr li Al-Jâmi’ât dan Dâr Ibn Hazm.

Alwizar, et.al. (2021). Analisis Systematic Literature Review Tafsir Tarbawi: Implementasi Tafsir Tarbawi pada Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(4): 729-737. http://dx.doi.org/10.29210/020212746.

Amin, M. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Tentang Metode Pembelajaran yang Tepat Untuk Mata Kuliah Tafsir Tarbawi. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(3): 228-232. https://doi.org/10.24815/jimps.v7i3.24704.

Ashoumi, H. dan Nasrullah, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Tafsir Tarbawi dalam Nuansa Islam Moderat di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2): 219-239. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.604.

Basir, A. (2011), Ayat-ayat Al-Qur’an dalam Perspektif Pendidikan Islam. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Faqihudin, A. (2021). Relevansi Konsep Kepribadian Hasan Al-Banna di Indonesia. Tazkiyah: Jurnal Ilmiah Multi Sience, 3(1): 12-22. https://jurnal.staiaulia.ac.id/index.php/TAZKIYAH/article/view/32.

Fathurrohman, A. dan Iltiham, F. (2017). Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti 21-22 Januari 2017, 1(8): 78-94. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/proceeding/article/view/184.

Harun, S. (2019). Tafsir Tarbawi: Nilai-nilai Pendidikan dalam Al-Quran. Tangerang Selatan: PT Lentera Hati.

https://tafsirweb.com/

Hula, I. R. N. (2020). Tafsir Tarbawi: Analisis Bahasa dan Sastra Al-Qur’an dalam Surah Luqman. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, 5(1): 121-146. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1355.

Khulaisie, R. N. (2016). Hakikat Kepribadian Muslim, Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil. Reflektika: Jurnal Keislaman IDIA Prenduan, 11(1): 39-57. http://dx.doi.org/10.28944/reflektika.v11i1.36.

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur‘an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(01): 1-9. http://dx.doi.org/10.30868/at.v1i01.166.

Maya, R. (2022). Kontribusi Studi ‘Ulumul Qur’an Karya Ilmuwan Indonesia di Perguruan Tinggi dalam Rentang Tahun 2009-2020. Al Quds: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 6(1): 83-104. http://dx.doi.org/10.29240/alquds.v6i1.3265.

Maya, R., et.al. (2023). Metodologi Tafsir Maudhu’i Perspektif Al-Sa’di dalam Taisir Al-Lathif Al-Mannan Fi Khulashah Tafsir Al-Qur’an (Karya Tafsir Kedua ‘Abd Al-Rahman Ibn Nashir Al-Sa’di). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01): 2581-2564. https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4474 129.

Maya, R., Sarbini, M., dan Alfarisi, M. F. (2023). Strategi Implementasi Moderasi Beragama Perspektif ‘Alî Muhammad Al-Shallâbî: Dalam Mata Kuliah Tafsir Tarbawi di STAI Al-Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(03): 2319-2336. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i03.5118.

Mujib, A. dan Mudzakkir, J. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Munir. (2019). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Lugawi Tarbawi: Studi Analisis Integrasi Ilmu Bahasa Arab, Ilmu Tafsir, dan Ilmu Pendidikan. Palembang: Rafah Press dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Raden Fatah Palembang.

Nursyam, F. (2021). Tafsir Tarbawi: Tafsir Tematik Pendidikan Karakter. Jakarta Timur: Al-I’tishom Cahaya Umat.

Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosidin. (2015). Metodologi Tafsir Tarbawi. Jakarta: Amzah.

Rosidin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Berbasis Maqashid Syariah dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sugara B., Harto, K., dan Siroj, R.A. (2019). Pola Pengkaderan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dalam Membentuk Kepribadian Muslim di Perguruan Tinggi Se-Kota Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 2(2): 1-10. https://doi.org/10.19109/muaddib.v2i2.5660.

Surahman, C. (2019). Tafsir Tarbawi di Indonesia: Hakikat, Validitas, dan Kontribusinya bagi Ilmu Pendidikan Islam. Pati: Maghza Pustaka.

Thaib, Z. H. (2022). Pesan Pendidikan dalam Ayat-ayat Pilihan. Yogyakarta: Deepublish.

Thobroni, A. Y. dan Tamin AR, Z. (2020). Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi di Perguruan Tinggi Agama Islam di Surabaya. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(2): 182-196. https://doi.org/10.36835/hjsk.v10i2.3533.

Yahya, M. D. (2015). Nilai-nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an. Banjarmasin: Antasari Press dan Aswaja Pressindo Yogyakarta.

Yuniar. (2020). Aktivitas Budaya Sekolah Berbasis Karakter Ikhwanul Muslimin (Studi Etnografi Pada SIT Bina Ilmi Palembang). Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2): 126-140. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i2.5672.

Yunita, Y., Akzam, I., dan Pebrian, R. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Muwashafat Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru. Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2): 54-62. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4288.

Zaenuri, A. (2020). Pembuatan Buku Ajar Hadis Tarbawi Sebagai Usaha Peningkatan Pemahaman Hadis-hadis Pendidikan Bagi Mahasiswa. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama dan Pemberdayaan, 20(2): 191-206. https://doi.org/10.21580/dms.2020.202.5418.

Published

12-02-2024

Citation Check