Ajaran Tasawuf Dalam Naskah Suluk Daka Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam

Authors

  • Aprilia Saputri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nur Hanifah Insani Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ajaran tasawuf dalam naskah suluk Daka dan relevansinya dalam pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian deskriptif kualitatif yang didahului dengan kajian filologi, karena objek pada penelitian ini berupa manuskrip atau naskah kuno. Data pada penelitian ini yakni berupa frasa, kata dan kalimat,  sedangkan sumber data berupa naskah yang berjudul suluk Daka dengan kode BR 61 koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutika untuk menganalisis isi teks. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ajaran tasawuf yang terdapat dalam naskah suluk Daka meliputi tauhid, salat tunggal, niat, dan tahap manunggaling kawula gusti yakni syareat, tarekat, hakikat, dan makrifat. Relevansi ajaran tasawuf dalam suluk Daka bagi pendidikan Islam yakni memberikan pemahaman mengenai  tauhid, niat, salat sejati, serta ajaran syariat, tarekat, hakikat serta makrifat untuk menjadi manusia sejati dalam mendekatkan diri hingga bersatu kepada Tuhan.

References

Abu, K. A. (2015). Kedudukan Niat Dalam Ibadah. Institutional Repository, 4, 23–40.

Baharudin, B., & Latifah, N. (2017). Peran Pendidikan Tarikat Qadiriyyah Wa Naqsabandiyah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 223–241. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.10

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8, 227–247.

Harahap, M. (2017). Filsafat Jawa Dalam Novel-Novel Kuntowijoyo. Jurnal Unimed, 28(3), 1–11.

Hidayat, R. (2016). Pendidikan Islam Sebagai Ilmu (Vol. 1). Oktober-Desember.

Hidayatulloh, M. R., Kosasih, A., & Fahrudin, F. (2015). Konsep Tasawuf Syaikh Nawawi Al-Bantani Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Persekolahan. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v2i1.3373

Khalimi, & Khaer, A. (2013). Tata Nilai Perdamaian Sufistik Jawa Cerita Pewayangan (Value’s Java Sufism Peace Of Puppet Story). In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 19, Issue 1). http://nasional.

Ma’arif, M. J. (2020). Urgensi Dan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Niat. At-Tuhfah, 9(1), 14–27. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i1.277

Machsum, T. (2019). Sastra Suluk Jawa Pesisiran: Membaca Lokalitas dalam Keindonesiaan. Mabasan, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.26499/mab.v3i2.118

Masfiah, U. (2016). Ajaran Sarengat, Tarekat, Hakekat, dan Makrifat Dalam Naskah Serat Jasmaningrat. Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi, 02(01), 81–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18784/smart.v2i01.309.g205

Mu’alim, A. (2023). Telaah Kritis Konsep Syariat , Tarekat , Hakikat dan Ma ’ rifat dalam Tasawuf. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 1–24.

Poloso, R. (2018). Epistemologi Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata. Farabi, 15(2), 82–102. https://doi.org/10.30603/jf.v15i2.645

Prasetiya, B. (2019). Bahar Agus Setiawan, Benny Prasetiya, Sofyan Rofi: Implementasi Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog, dan Integrasi. 5(1), 64–78.

Rahayu, E. S. (2019). Makna Tauhid dalam Perspektif Tasawuf dan Urgensinya Bagi Kehidupan Sosial Masyarakat. Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 2(2), 1–13. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/13

Rangkuti, M. R. (2019). Tasawuf dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 94–108. https://doi.org/http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking Tasawuf

Salam, A. (2017). Penerapan model pendidikan agama islam dengan pendekatan tasawuf di pondok pesantren Miftahul Huda Malang. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 8(1), 1–15.

https://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/159

Setyorini, L. (2014). Ajaran Kesempurnaan Hidup dalam Teks Suluk Ulam Loh. 05(05), 100–107.

Sunhaji, S. (1970). Sastra Dalam Tradisi Pendidikan Islam. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 13(1), 47–58. https://doi.org/10.24090/ibda.v13i1.490

Wardani, eko. (2004). Kajian Filologi Saha Pranataning Gesang Ing Serat Purwakarana. Jurnal Penelitian Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jawa FBS UNY, 1(4), 1–14.

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86

Published

12-02-2024

Citation Check