Syihabuddin Syah (Abu Keumala) Tokoh Teologi Islam Sumatera Utara Medan

Authors

  • Syarkawi Syarkawi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh, Indonesia
  • Sukiman Sukiman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ernita Dewi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Elly Warnisyah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Zulkarnaen Zulkarnaen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muntasir Muntasir Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5355

Keywords:

Syihabuddin Syah, Tokoh, Teologi

Abstract

Syihabuddin Syah, tokoh Teologi Islam kelahiran Aceh pada 2 Maret 1928, dikenal sebagai Abu Keumala. Ia mengkhususkan diri dalam bidang Tauhid dan menulis banyak buku tentang sifat Allah SWT. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan pendekatan historis dengan pendekatan sekte Ilmu Kalam menunjukkan bahwa Abu Keumala mendominasi pemikiran dua tokoh besar, Asy'ariyyah dan Maturidiyah, dalam pengisbatan sifat Tuhan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemikiran Abu Keumala meliputi lingkungan keluarga, pergaulan dengan masyarakat, pendidikan, dan faktor kepercayaan. Lingkungan keluarga dan pendidikan awalnya mungkin memberikan dasar kuat bagi minatnya dalam Teologi Islam. Interaksinya dengan masyarakat, terutama di Medan, membantunya mengembangkan pemahaman Teologi yang mendalam. Keyakinan dan kepercayaan pribadinya juga berperan dalam mengarahkan fokusnya pada Ilmu Kalam. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran Abu Keumala dalam Ilmu Kalam dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lingkungan keluarga, pergaulan, pendidikan, dan keyakinan pribadi. Ia menjadi ahli dalam bidang ini karena dedikasi dan pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan masyarakat serta penerapan teori dalam penelitiannya.

References

A. Hanafi, 1979. Tologi Islam (Ilmu Kalam). Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin Noor, 1997. ISD (Ilmu Sosial Dasar). Bandung: CV PustakaSetia.

Darmalaksana, W., & Busro, B. (2023). Challenges of Scientific Publication for Theological Academics in Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 287-304.

Dewi, E. 2021. Filsafat Barat, Aliran dan Kontribusi Pemikiran Para Filsuf. Ar-Raniry Press.

Djaali, 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Drajat, Amroeni (2015) Filsafat islam: dimensi teoretis dan praktis. Perdana, Medan.

Hendra, R., Faizah, H., & Gimin, G. (2023). Efektivitas Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Al-Birru Kota Pekanbaru. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Ilhamuddin, 2013. Ilmu kalam Arus Utama pemikiran Islam. Bandung: Citapustaka Media.

Imam Barnadib, 2002. Filsafat Pendidikan. Jogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Komaruddin, et.al., 2007. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara.

Putra Ahimsa, dan Heddy Shri, 2012. Strukturalisme Levi-Staruss: Mitos dan Karya Sastra, Yogyakarta: Galang Press.

Soejono Soekanto, 1998. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian pendidkan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman, S. (2020). Integrasi Teologi Dan Budaya Dalam Aktivitas Ekonomi Suku Gayo: Sebuah Model Filosofis dan Praktek Kegiatan Ekonomi Dalam Kehidupan Masyarakat Gayo.

Sukiman, S. 2021. Tauhid Ilmu Kalam Dari Aspek Aqidah Menuju Pemikiran Teologi Islam, Meda: Perdana Publishing.

Thaib, M. Hasballah and Hasballah Thaib, Zamakhsyari, 2022. Mengenal Ulama Asal Aceh di Medan Sumatera Utara. PUSDIKRA, MEDAN

Tim Al-Mubarok, 2022. I'rab Al-Qur'an Per Kata Disertai Terjemah Per Kata & Tajwid Warna: Dilengkapi dengan Penjelasan Nahwu-Shorof, Jakarta Pusat: Al-Mubarok.

Published

12-02-2024

Citation Check