Assessing Reading Proficiency In Elementary Schools In Tasikmalaya

Authors

  • Istikhoroh Nurzaman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Vismaia Sabariah Damaianti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Prana Dwija Iswara

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5354

Abstract

Membaca merupakan keterampilan yang sangat penting dan menjadi pusat perhatian dalam usaha mengembangkan pendidikan. Belajar membaca merupakan langkah awal menuju tahap kemampuan membaca. Kemampuan membaca saat ini tidak hanya meliputi kemampuan mengenal simbol huruf tetapi mampu menginterpretasi  sehingga mampu mengomunikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan membaca di Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar yang berjumlah 120 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan memperhatikan individu dan tempat yang diteliti, serta menganalisis data dengan cara yang bersifat induktif (berdasarkan temuan lapangan) dan deduktif (berdasarkan teori yang ada). Hasil dari penelitian mencakup refleksi peneliti, deskripsi dan interpretasi tentang masalah, serta kontribusi penelitian peneliti memfokuskan tiga aspek pendekatan fenomenologi. Adapun aspek tersebut meliputi; masalah apa yang terjadi, bagaimana masalah itu terjadi, kemudian bagaimana mengembangkan deskripsi-deskripsi yang mencakup permasalahan dari objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesadaran fonologis, kemampuan fonik, kekayaan kosakata terbukti unggul daripada kemampuan pada aspek kelancaran dan keterapahaman membaca. Temuan ini menyimpulkan bahwa beberapa sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka cenderung menguasai aspek fonem, fonik dan kosakata, namun memiliki aspek fluency yang kurang baik dan pemahaman yang lemah.  

References

Amalia Yunia Rahmawati. (2020).Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. July, 1–23.

Anshori, S. D & Damaianti,V.S. (2021). Literasi dan Pendidikan Literasi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media

Ahmad, S. Z., Aurani, J., Mazlan, U. H., & Nurhalik, M. S. (2018). Bijak Jawi: An Interactive Multimedia Reading Tool Using Phonic “Makhraj†Technique for Preschool Children. Journal of Advanced Research in Computing and Applications Journal Homepage, 11(1), 9–16. www.akademiabaru.com/arca.html

Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Pedoman Perjenjangan Buku. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 021, 1–45.

Chitoran, I., & Cohn, A. C. (2009). Complexity in phonetics and phonology: Gradience, categoriality, and naturalness. Approaches to Phonological Complexity, 21–46. https://doi.org/10.1515/9783110223958.19

Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848

Ciancio, D., Thompson, K., Schall, M., Skinner, C., & Foorman, B. (2015). Accurate reading comprehension rate as an indicator of broad reading in students in first, second, and third grades. Journal of School Psychology, 53(5), 393–407. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2015.07.003

Cockerill, M., Thurston, A., & O’Keeffe, J. (2023). Using fluency and comprehension instruction with struggling readers to improve student reading outcomes in English elementary schools. International Journal of Educational Research Open, 5, 100264. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100264

Damaianti,V.S. (2021). Literasi Membaca Hasrat Memahami Makna Kehidupan. Bandung. Refika Aditama.

Gunawan., Mustafa. B., Wahyudin. D. (2020). Pengembangan Pembelajaran Desain Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 6(2), 2979–2993. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6i2.2541

Gehsmann, K. M., & Mesmer, H. A. (2023). The Alphabetic Principle and Concept of Word in Text: Two Priorities for Learners in the Emergent Stage of Literacy Development. Reading Teacher, 77(2), 156–166. https://doi.org/10.1002/trtr.2225

Haslum, M. N. (2007). Phonological or Orthographic Training for Children with Phonological or Orthographic Decoding Deficits. Dyslexia, 239(June), 234–239. https://doi.org/10.1002/dys

Hebert, M., Bohaty, J. J., Nelson, J. R., & Lambert, M. C. (2018). Identifying and discriminating expository text structures: An experiment with 4th and 5th grade struggling readers. Reading and Writing, 31(9), 2115–2145. https://doi.org/10.1007/s11145-018-9826-9

John W. Creswell; Cheryl N.Poth. (2017). A Book Review: Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. In Russian Journal of Sociology (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.13187/rjs.2017.1.30

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 124.

Kikas, E., Pakarinen, E., Soodla, P., Peets, K., & Lerkkanen, M. K. (2018). Associations Between Reading Skills, Interest in Reading, and Teaching Practices in First Grade. Scandinavian Journal of Educational Research, 62(6), 832–849. https://doi.org/10.1080/00313831.2017.1307272

Little, C. W., Hart, S. A., Quinn, J. M., Tucker-Drob, E. M., Taylor, J., & Schatschneider, C. (2017). Exploring the Co-Development of Reading Fluency and Reading Comprehension: A Twin Study. Child Development, 88(3), 934–945. https://doi.org/10.1111/cdev.12670

Makebo, T. H., Bachore, M. M., & Ayele, Z. A. (2022). Investigating the Correlation Between Students’ Reading Fluency and Comprehension. Journal of Language Teaching and Research, 13(2), 229–242. https://doi.org/10.17507/jltr.1302.02

Masroah, E., Wahyudi, & Rokhmaniyah3. (2020). Analisis Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I (Studi Kasus Di SDN Argopeni Tahun Ajaran 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 nomor 3(01/12/2020), 345–349

Munifah, M., Rahman, T., & Gandana, G. (2019). Volume, J., Tahun, N., Pendidikan, J., Tk, D., Pembina, N., Tasikmalaya, K., Research & Learning in Faculty of Education Analisis Keterampilan Intrapersonal Anak Usia 5-6 Tahun. 1.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram. Sanabil.

Nurzaman, I., Gandana, G., & Wahidah, A. S. (2020). Model Pembelajaran Interactive Storytelling Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 134–140. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209

Nevo, E., Vaknin-Nusbaum, V., Brande, S., & Gambrell, L. (2020). Oral reading fluency, reading motivation and reading comprehension among second graders. Reading and Writing, 33(8), 1945–1970. https://doi.org/10.1007/s11145-020-10025-5

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bandung. Bumi Aksara.

Stahl, S. (n.d.). National Reading Panel Report (US),N.R.P., Health,N.I. of., C&(US),H.D. Teaching Chidren to Read. (2000)

Sparapani, N., Carlisle, J. F., & Connor, C. M. (2018). Observations of vocabulary activities during second-and third-grade reading lessons. Education Sciences, 8(4). https://doi.org/10.3390/educsci8040198

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Juhaeni, J., Agista Ifain, Asadine Silmi Kurniakova, Azmi Tahmidah, Dwi Nur Arifah, Siti Faridha Friatnawati, Safaruddin, S., & R. Nurhayati. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches,

Schmidgall, M., & Joseph, L. M. (2007). Comparison of phonic analysis and whole word-reading on first graders’ cumulative words read and cumulative reading rate: An extension in examining instructional effectiveness and efficiency. Psychology in the Schools, 44(4), 319–332. https://doi.org/10.1002/pits.20227

Schrauben, J. E. (2010). Prosody’s contribution to fluency: An examination of the theory of automatic information processing. Reading Psychology, 31(2), 82–92. https://doi.org/10.1080/02702710902753996

Schreiber, P. A. (1991). Understanding Prosody’s Role in Reading Acquisition. Theory Into Practice, 30(3), 158–164. https://doi.org/10.1080/00405849109543496

Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011. Litera, 14(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416

Solihin et. al. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2).

Spink, J., Cloney, D., & Berry, A. (n.d.). THE LEARNING GAP SERIES-ONE Beyond letters and numbers: the COVID-19 pandemic and foundational literacy and numeracy in Indonesia. http://www.inovasi.or.id

Tampubolon. (2015). Kemampuan Membaca (Teknik Membaca Efektif dan Efisien). Bandung. Angkasa.

Toth, A. (2013). Not just for after lunch: Accelerating vocabulary growth during read-aloud. Reading Teacher, 67(3), 203–207. https://doi.org/10.1002/TRTR.1193.

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hail Studi Internasional. OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.Seminar Nasional FKIP-UT, 3, 1–22. http://pustaka.ut.ac.id/pdfartikel/TIG601.pdf

Warner, G. J., Fay, D., Schiefele, U., Stutz, F., & Wollny, A. (2017). Being proactive when reading: Academic personal initiative as a predictor of word comprehension development. Learning and Individual Differences, 55, 130–140. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2017.03.012

Zuchdi, Darmiyati. 2007. Strategi Meningkatkan Kemamapuan Membaca. UNY Press. Yogyakarta.

Downloads

Published

12-02-2024

Citation Check