Pengembangan Program Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5346Keywords:
pengembangan, program pembinaan, baca tulis al-quranAbstract
Kemampuan mahasiswa dalam membaca dan menulis al-Quran ditingkat FITK khususnya hasilnya belum memuaskan. Dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ditetapkan bahwa kualifikasi lulusan FITK sesuai Rumusan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) mahasiswa wajib memiliki keterampilan umum di antaranya, yaitu mampu membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar. Mahasiswa dapat membaca al-Qur,an dengan baik dan benar, kedua mahasiswa diharapkan dapat menulis al-Qur,an dengan baik dan benar. Penelitian yang digunakan adalah pengembangan program pengajaran. Model pengembangan yang dipakai model desain Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini tujuh tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji lapangan, dan revisi produk akhir. Prosedur pengembangan mengembangkan produk dan memvalidasi produk. Hal ini dibukti dengan masih banyaknya mahasiswa ketika membaca dan menulis al-Quran masih belum lancar dan fasih serta menulis belum baik dan benar. Ketidaklancaran itu nampak ketika mahasiswa di uji dalam membaca al-Quran masih terbata-bata. Bahkan kekurangfasihan mahasiswa dalam melafalkan huruf-huruf al-Quran terlihat pada sulitnya mereka mengucapkan dengan fasih sesuai dengan kaidah ilmu tajwid atau tata cara membaca al-Quran. Menghasilkan program pembinaan baca tulis Al-Qur’an bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Menghasilkan produk berupa buku kurikulum BTA, buku pedoman BTA mahasiswa, dan buku pedoman BTA dosen.
References
Abudin Nata. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia dan UIN Syarif Hidayatullah, 2001.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Baldi Anggara. “Pola pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa Pai fakultas Fitkuin Raden Fatah Palembang.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5, no. 2 (2019): 190.
Dokumentasi, Pedoman pelaksanaan pembinaan baca tulis Al-Qur’an mahasiwa Prodi PAI. Pada tanggal 10 Februari 2022, Pukul 14.30 di ruang Prodi PAI., n.d.
Dokumentasi, Pedoman pelaksanaan pembinaan baca tulis Al-Qur’an mahasiwa Prodi PAI. Pada tanggal 10 Februari 2022, Pukul 14.30 di ruang Prodi PAI., n.d.
Dokumentasi Prodi PAI, Tahun 2022., n.d.
Dokumentasi Prodi PAI, Tahun 2022, n.d.
Jafar N, Muhammad Kamil, St Nur Syahidah Dzatun Nurain, Yuliana Jamaluddin, dan Munawarah Anwariyah. “Pelatihan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Pada Mahasiswa Baru di IAIN Manado.†Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis 4, no. 2 (2022): 21–25.
Millah, Dewi Ismatul. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di MTsN 1 Jombang.†Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2020): hlm 119.
Nanang Martono. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi., n.d.
Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan., n.d.
Rudy S, Iskandar. Pengenalan Tipografi. Buletin Pusat Pembukuaan, 2002.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sulistianingsih, Dewi, Andry Setiawan, dan Muchammad Shidqon Prabowo. “Potret Tumpuan Perguruan Tinggi dalam Upaya Alih Teknologi: Portrait of University in Technology Transfer Effort.†Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang 7, no. 2 (2021).
Sutiono, R., Riadi, H., & Wahid, A. “Akhlak Dalam Perspektif Al-Quran. Akademika.†Jurnal Peurawi vol 13, no. 2 (2017).
Walter R. Borg & Meredith Damien Gall. Educational Research: An Introduction, n.d.
———. Educational Research: An Introduction. New york, 1983.
Wawancara dengan bapak Muslim, (Dosen pembina BTA Prodi PAI), pada tanggal 16 Januari 2022, Pukul 13.30 di ruang Prodi PAI., n.d.
Wawancara dengan Dosen BTQ (Muslim, M.Pd.I) pada tanggal 20 Mei 2022 dan Dokumentasi hasil nilai mahasiswa mata kuliah Takhsinul Qiroah Walkitabah., n.d.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Baldi Anggara, Farhil Huda, Muhamad Akip, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).