Pendidikan Islam Progresif Sebagai Sarana Untuk Mengemudi Moderasi Beragama

Authors

  • Farid Haluti Universitas Muhammadiah Luwuk, Indonesia
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Abdussyukur Abdussyukur IAIN Takengon, Indonesia
  • Latifah Hanum UISU, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5342

Abstract

Penyelesaian konflik Agama dan Intoleransi melalui moderasi beragama telah muncul sebagau sebuah gerakan bagu yang di bicarakan, khususnya di ranah Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari Penelitian ini untuk merinci secara mendalam penerapan moderasi beragama dalam upaya menumbuhkan sikap dan praktik keagamaan yang baik dalam seorang pelajar di era modern. Penelitian ini menggunakan Studi Kasus, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan kemudian observasi untuk mengamati secara tepat situasinya. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat tiga point yang dibahas diantaranya: (1) Problematika yang timbul dalam konteks moderasi beragama, (2) Moderasi beragama sebagai pendekata.n baru di sekolah, (3) Urgensi Moderasi Beragama di Sekolah, dan (4) Pendidikan Agama sebagai moderasi Pendidikan Beragama

References

Aditoni, A., & Rohmah, Z. (2022). CAMPUS-BASED MILLENNIALS’ LEARNING PREFERENCES TOWARD DA’WAH IN URBAN CITY OF SURABAYA. Journal of Indonesian Islam, 16(1), 27–48. https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.1.27-48

Ajahari, A., Puspita, P., Teddy, T., Husna, N., & Iriantara, Y. (2023). Implementasi Kebijakan Penguatan Moderasi Beragama (PMB) dalam Kurikulum Pada Perguruan Tinggi Keagamaan: (Studi Kasus Pada IAIN, IAKN dan IAHN Tampung Penyang Palangka Raya). Transformatif, 7(1), 41–58. https://doi.org/10.23971/tf.v7i1.5408

Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849

Ali, N. (2020). Measuring Religious Moderation Among Muslim Students at Public Colleges in Kalimantan Facing Disruption Era. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 1–24. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.1-24

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro’, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Gema Keadilan , 9(3), 1–13.

Benawa, A. (2021a). URGENSI DAN RELEVANSI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH. Jurnal Pasupati , 8(1), 65–84.

Benawa, A. (2021b). URGENSI DAN RELEVANSI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH. Jurnal Pasupati , 8(1), 65–84.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021a). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PAI (Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 114–124.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021b). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PAI (Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam , 6(1), 114–124.

Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (V. Knight, Ed.; 4th ed). SAGE Publications, inc.

Harismawan, A. A., Ikmal, H., & Muchtar, N. E. P. (2023). IMPLEMENTASI DAN PEMBENTUKAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LAMONGAN. Attaqwa:JurnalIlmuPendidikan Islam, 19(1), 59–73.

Hasanah, U., & Abbas, A. (2023). Optimizing Religious Moderation through Progressive Islamic Education: A Philosophical Study. TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM, 2(1), 98–115. https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i1.14

Husna, U., & Thohir, M. (2020). Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamic Religious Education in Schools. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 199–222. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.1.5766

Jannah, M., Putro, K. Z., & Tabiin, A. (2022). POTRET SIKAP TOLERANSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PIAUD DALAM PENERAPAN MODERASI BERAGAMA DI IAIN PEKALONGAN. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 107–118.

Jubba, H., Awang, J., & Sungkilang, S. A. (2021). The Challenges of Islamic Organizations in Promoting Moderation in Indonesia. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.15575/jw.v6i1.12948

Khaswara, F. (2022). Moderasi Beragama dalam Bingkai Globalisasi dan Multikulturalisme di Indonesia. Gunung Djati Conference Series, 8, 283–293.

Lubis, A. F., Bahri, S., & Ayuhan, A. (2022). Student Religious Moderation Contest at Indonesian Islamic Universities. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3339–3348. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1536

Mustafa. (2023). Strengthening Religious Moderation through the Role of Civics Teachers. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 15(1), 227–242. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2448

Nabhani, I., Ainissyifa, H., Nasrullah, Y. M., & Fatonah, N. (2023). Implementation of Religious Moderation Values in East Priangan Higher Education. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 6(1), 51–64. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v6i1.24700

Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri, 127–146.

Pahmuddin, M. (2023). Urgensi Pendidikan Berbasis Moderasi Beragamadi Indonesia. Ekonomika, 7(1), 369–375.

Puspita, R. E., & Badi’ati, A. Q. (2021). The adoption of technology in Islamic information literacy among young moslem. Islamic Communication Journal, 6(1), 91–104. https://doi.org/10.21580/icj.2021.6.1.6742

Riyanti, R. (2022). MODERASI SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI UMUM. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 109–121.

Sapdi, R. M., Hayati, N. E. R., & Ali, N. (2022). The Implementation of Religious Moderation in the Public University of Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 321–331. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i2.17933

Sumarto. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM MODERASI BERAGAMA KEMENTERIAN AGAMA RI. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–11.

Suprapto, S. (2020). INTEGRASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. http://jurnaledukasikemenag.org

Suwendi, S., Muttaqin, I., Shobikah, N., & Faisal, M. (2023). Strengthening Religious Moderation As Effort To Prevent Extremism In Education Institution Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’rif (STAIMA) Sintang. Journal of Namibian Studies, 34(1), 3810–3824.

Umiarso, U., & Qorib, M. (2022). The Practice of Religious Moderation Based on Theo-anthropocentric in Indonesian Islamic Boarding Schools: A Phenomenological Study. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 183–193. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.2629

Werdiningsih, W., & Umah, R. Y. H. (2022). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama di Sekolah Melalui Ekskul Rohis. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 146–155. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.412

Published

12-02-2024

Citation Check