Pola Komunikasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5336Abstract
Program merdeka belajar merupakan salah satu kemajuan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji tentang gaya komunikasi serta kepemimpinan yang dapat diterapkan oleh Kepala Sekolah dalam optimalisasi dari pelaksanan program merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka atau study literature terhadap buku, artikel jurnal, dan dokumen penelitian lainnya. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa pola komunikasi dan gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan untuk membantu dalam memaksimalkan pelaksanaan dari program merdeka belajar. Dalam gaya kepemimpin, maka dapat menerapkan kepemimpinan tranformasional, lalu kepemimpinan demokratis dan manajerial, serta kepemimpinan partisipatif. Sedangkan untuk pola komunikasi, maka dapat menerapkan pola komunikasi interpersonal, komunikasi antar pribadi, dan juga komunikasi administratif. Masing-masing dari gaya kepemimpinan dan pola komunikasi ini dapat diterapkan oleh Kepala Sekolah dan disesuaikan dengan kondisi dari sumber daya manusia yang ada di Lembaga pendidikan masing-masing.
References
Amrullah, Haekal Fajri, Maemunah Sa’diyah, dan Abdul Hayyie Al Kattani. 2022. “Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di SDIT Izzati Depok.†Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual 6 (3): 478–86. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.536.
Angga, Angga, dan Sopyan Iskandar. 2022. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6 (3): 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.
Aunga, David AO, dan Obadia Masare. 2017. “Effect of leadership styles on teacher’s performance in primary schools of Arusha District Tanzania.†International Journal of Educational Policy Research and Review 4 (4): 42–52.
Dwiayuni, Mardhatillah Andana. 2019. “Keterampilan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Perspektif Manajemen Perubahan.†Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 4 (2): 55–66. https://doi.org/10.17977/um027v4i22019p055.
Fatonah, Siti. 2023. “Siaran Pers - Ketercapaian Implementasi Program Merdeka Belajar Kota Bandung Tahun 2023.†Dinas Pendidikan Kota Bandung (blog). 3 Mei 2023. https://disdik.bandung.go.id/ver3/siaran-pers-ketercapaian-implementasi-program-merdeka-belajar-kota-bandung-tahun-2023/.
Inah, Ety Nur. 2016. “POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH TRIDANA MULYA KECAMATAN LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN.†Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 9 (2): 156–79. https://doi.org/10.31332/atdb.v9i2.519.
Ismail, Khodijah, Tumin Sutarman, Dudi Yudhakusuma, dan Linda Ika Mayasari. 2020. “The social communication competence as a softskill of the school leadership in Archiplego region.†International Journal of Psychosocial Rehabilitation 24 (08): 2020.
Jani, Heribertus. 2023. “Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membentuk Budaya Sekolah Untuk Penerapan Kurikulum Merdeka.†KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi 10 (1): 28–44. https://doi.org/10.53008/kalbisocio.v10i1.2074.
Lahagu, Atozanolo, dan Dylmoon Hidayat. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Kristen.†Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 10 (1): 35–44. https://doi.org/10.24246/j.jk.2023.v10.i1.p35-44.
“Merdeka Belajar.†t.t. ditpsd.kemdikbud.go.id. Diakses 31 Agustus 2023. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/merdeka-belajar.
Mukhlasin, Ahmad. 2017. “POLA KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SD ISLAM AN-NIZAM.†Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (2). https://doi.org/10.30821/benchmarking.v1i2.1130.
Murtiningsih, M., Muhammad Kristiawan, dan Bukman Lian. 2019. “THE CORRELATION BETWEEN SUPERVISION OF HEADMASTER AND INTERPERSONAL COMMUNICATION WITH WORK ETHOS OF THE TEACHER.†European Journal of Education Studies, no. 0 (April). https://doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2398.
Ningrum, Mardhiyati, Maghfiroh, dan Rima Andriani. 2023. “Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di Madrasah Ibtidaiyah.†eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 5 (1): 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513.
Nugroho, Syaifulloh. 2019. “Kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru.†Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 7 (1): 17–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774.
Nurwiatin, Neng. 2022. “PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KESIAPAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.†EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9 (2): 472–87. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537.
Ramadina, Evy. 2021. “Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka belajar.†Mozaic: Islam Nusantara 7 (2): 131–42.
Sa’adah, Khalifatus, Ainol Ainol, dan Ismatul Izzah. 2023. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Probolinggo.†Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1): 120–35. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.553.
Saputra, Adi Tri. 2018. “Jaga Keutuhan Keluarga Dari Pengaruh Negatif.†16 Juli 2018. https://www.babelprov.go.id/content/jaga-keutuhan-keluarga-dari-pengaruh-negatif.
Saputra, Alfian Yogi, dan Zaka Hadikusuma Ramadan. 2023. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (4): 3946–54. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5114.
Saputra, Idil, Afif Asrori, dan Rita Linda. 2023. “POLA KOMUNIKASI INTER PERSONAL KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS POLA KOMUNIKASI ANTARA KEPALA SEKOLAH DAN GURU).†UNISAN JURNAL 2 (3): 529–39.
Sherly, Sherly, Edy Dharma, dan Humiras Betty Sihombing. 2021. “MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR.†UrbanGreen Conference Proceeding Library, Agustus, 183–90.
Sihaloho, Binner. 2022. “KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK.†JGK (Jurnal Guru Kita) 6 (2): 35–41. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.32547.
Sriyanto, Sriyanto, Kartono Kartono, dan Maximus Gorky Sembiring. 2022. “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Menyongsong Merdeka Belajar Di Era Industri 4.0.†Jurnal Basicedu 6 (6): 10259–66. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4794.
Sunarni, Sunarni, dan Hari Karyono. 2023. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.†Journal on Education 5 (2): 1613–20. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796.
Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, dan Intan Permata Sari. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.†Jurnal Jendela Pendidikan 2 (04): 529–35.
Wati, Titik Aliyah. 2019. “Peningkatan Semangat Kerja Guru Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Kepala Sekolah Di SDN Kedungsumur 1 Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo.†Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) 6 (3): 51–58.
Yohanas, Rian. 2018. “PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE- KECAMATAN LIMA KAUM.†al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 6 (1): 33–44. https://doi.org/10.31958/jaf.v6i1.1375.
Yuneti, Armi, Hamdan Hamdan, dan Ahmad Gawdy Prananosa. 2019. “Kepemimpinan Partisipatif Dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru.†Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 2 (2): 113–25. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).