REKONSTRUKSI STRATEGI PEMBELAJARAN FIQH PADA GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.527Keywords:
Rekonstruksi, Strategi, Pembelajaran Fiqh, Generasi ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran Fiqh pada generasi Z. Efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran dipengaruhi oleh ketepatan dalam pemilihan strategi pembelajaran. Pembelajaran Fiqh memiliki corak tersendiri dalam proses pembelajarannya, sehingga seorang pendidik harus jeli dalam menentukan strategi pembelajaran yang digunakan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran efektif yang dapat diterapkan pada pelajaran fiqih dalam pendidikan dilingkup sekolah menengah atas atau madrasah aliyah adalah Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Kontekstual, dan Pembelajaran Inkuiri. Ketiga strategi ini sangat tepat untuk diimplementasikan kepada generasi Z.
References
Ahmadi, A., & Tri Praretya, J. (2017). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) (1 ed.). Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Ahmatika, D. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY/DISCOVERY. Jurnall Euclid, 3, 377–525.
Bahri Djamarah, S., & Zain, A. (1997). STRATEGI BELAJAR MNGAJAR (1 ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Daouk, Z., Bahous, R., & Bacha, N. N. (2016). Perceptions on the effectiveness of active learning strategies. Journal of Applied Research in Higher Education, 8(3), 360–375. https://doi.org/10.1108/JARHE-05-2015-0037
Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2014). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum & Islami (6 ed.). Bandung: PT REFIKA ADITAMA.
Fauzi, A., & Nurlaila, I. (2017). KOMPETENSI GURU PAI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN. Tadris, 12, 104–116.
Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU (Teori, Konsep, & Implementasi) (1 ed.). Yogyakarta: FAMILIA (GROUP RELASI INTI MEDIA).
Hasibuan, N. (2016). PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MUNAKAHAT PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMA N 1 BATANG ANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN. FORUM PAEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8, 52–73.
Hidayat, A. (2018). METODE PENDIDIKAN ISLAM UNTUK GENERASI MILLENIAL. FENOMENA: Jurnal Penelitian, 10, 55–75.
Huda, M. (2013). MODEL-MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis (3 ed.). Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Indra Kurniawan, K., Ayu Putu Sriasih, S., & Nurjaya, I. G. (2017). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7.
Junaidah. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 6, 118–133.
Ma’mur Asmani, J. (2013). KIAT MELAHIRKAN MADRASAH UNGGULAN (1 ed.). Yogyakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).
Mansyur. (1991). MATERI POKOK STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (1 ed.). Jakarta: Ditjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama.
Masbukin. (2014). DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN: Menimbang Model Pembelajaran Multiple Intelligent. Jurnal Madania, 4, 92–107.
Muawah. (2017). THE STUDY OF LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION (PAI) BASED ON CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IN MA DARUL IMAN INPAMOLAANVILLAGECAMPLONG SUB DISTRICT SAMPANG REGENCY. Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 1, 1–10.
Muhasim. (2017). PENGARUH TEHNOLOGI DIGITAL, TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5, 53–77.
Muttaqi, A. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FIQH PADA SISWA KELAS 1 DI MTs TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 (Essay). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah.
Nata, A. (2009). PRESPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN (1 ed.). Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
Nur Rahmawati, H., Khabib Burhanuddin Iqom, M., & Hermanto. (2017). HUBUNGAN DURASI PEGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA. Jurnal Keperawatan, 5, 77–81.
Purnomo, A., Ratnawati, N., & Farista Aristin, N. (2016). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA GENERASI Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1, 70–77.
Putra Bhakti, C., & Eka Safitri, N. (2017). PERAN BIMBINGAN DAN KONSLING UNTUK MENGHADAPI GENERASI Z DALAM PRESPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING PERKEMBANGAN. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3, 104–118.
Roestiyah. (2001). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (6 ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Rouf, A., & Sugiarti, A. (2018). KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS X MADRASAH ALIYAH BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 3, 734–757.
Sanjaya, W. (2006). STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI STANDAR PROSES PENDIDIKAN. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
Sanjaya, W. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN BEROEIENTASI STANDAR PROSES PENDIDIKAN. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
Silberman, M. (2018). ACTIVE LEARNING: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (14 ed.). Bandung: NUANSA CENDEKIA.
Slep, J. (2018). APPRECIATIVE ACTIVE LEARNING. Journal of Appreciative Active Learning, 5, 11–19.
Suprihatiningrum, J. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN: Teori & Aplikasi (3 ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Surya Putra, Y. (2016). THEORITICAL REVIEW: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Among Makarti, 9, 123–134.
Zahroh, A. (2014). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NEGERI KARANGSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. 29.
Zaini, H. (2017). TEORI PEMBELAJARAN BAHASA DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 194. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.999
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).