REKONSTRUKSI STRATEGI PEMBELAJARAN FIQH PADA GENERASI Z

Authors

  • Sadam Fajar Shodiq Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.527

Keywords:

Rekonstruksi, Strategi, Pembelajaran Fiqh, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran Fiqh pada generasi Z. Efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran dipengaruhi oleh ketepatan dalam pemilihan strategi pembelajaran. Pembelajaran Fiqh memiliki corak tersendiri dalam proses pembelajarannya, sehingga seorang pendidik harus jeli dalam menentukan strategi pembelajaran yang digunakan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran efektif yang dapat diterapkan pada pelajaran fiqih dalam pendidikan dilingkup sekolah menengah atas atau madrasah aliyah adalah Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Kontekstual, dan Pembelajaran Inkuiri. Ketiga strategi ini sangat tepat untuk diimplementasikan kepada generasi Z.

References

Ahmadi, A., & Tri Praretya, J. (2017). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) (1 ed.). Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Ahmatika, D. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY/DISCOVERY. Jurnall Euclid, 3, 377–525.

Bahri Djamarah, S., & Zain, A. (1997). STRATEGI BELAJAR MNGAJAR (1 ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Daouk, Z., Bahous, R., & Bacha, N. N. (2016). Perceptions on the effectiveness of active learning strategies. Journal of Applied Research in Higher Education, 8(3), 360–375. https://doi.org/10.1108/JARHE-05-2015-0037

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2014). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum & Islami (6 ed.). Bandung: PT REFIKA ADITAMA.

Fauzi, A., & Nurlaila, I. (2017). KOMPETENSI GURU PAI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN. Tadris, 12, 104–116.

Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU (Teori, Konsep, & Implementasi) (1 ed.). Yogyakarta: FAMILIA (GROUP RELASI INTI MEDIA).

Hasibuan, N. (2016). PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MUNAKAHAT PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMA N 1 BATANG ANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN. FORUM PAEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8, 52–73.

Hidayat, A. (2018). METODE PENDIDIKAN ISLAM UNTUK GENERASI MILLENIAL. FENOMENA: Jurnal Penelitian, 10, 55–75.

Huda, M. (2013). MODEL-MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis (3 ed.). Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Indra Kurniawan, K., Ayu Putu Sriasih, S., & Nurjaya, I. G. (2017). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7.

Junaidah. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 6, 118–133.

Ma’mur Asmani, J. (2013). KIAT MELAHIRKAN MADRASAH UNGGULAN (1 ed.). Yogyakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Mansyur. (1991). MATERI POKOK STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (1 ed.). Jakarta: Ditjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama.

Masbukin. (2014). DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN: Menimbang Model Pembelajaran Multiple Intelligent. Jurnal Madania, 4, 92–107.

Muawah. (2017). THE STUDY OF LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION (PAI) BASED ON CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IN MA DARUL IMAN INPAMOLAANVILLAGECAMPLONG SUB DISTRICT SAMPANG REGENCY. Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 1, 1–10.

Muhasim. (2017). PENGARUH TEHNOLOGI DIGITAL, TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5, 53–77.

Muttaqi, A. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FIQH PADA SISWA KELAS 1 DI MTs TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 (Essay). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah.

Nata, A. (2009). PRESPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN (1 ed.). Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Nur Rahmawati, H., Khabib Burhanuddin Iqom, M., & Hermanto. (2017). HUBUNGAN DURASI PEGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA. Jurnal Keperawatan, 5, 77–81.

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Farista Aristin, N. (2016). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA GENERASI Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1, 70–77.

Putra Bhakti, C., & Eka Safitri, N. (2017). PERAN BIMBINGAN DAN KONSLING UNTUK MENGHADAPI GENERASI Z DALAM PRESPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING PERKEMBANGAN. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3, 104–118.

Roestiyah. (2001). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (6 ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Rouf, A., & Sugiarti, A. (2018). KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS X MADRASAH ALIYAH BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 3, 734–757.

Sanjaya, W. (2006). STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI STANDAR PROSES PENDIDIKAN. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Sanjaya, W. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN BEROEIENTASI STANDAR PROSES PENDIDIKAN. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Silberman, M. (2018). ACTIVE LEARNING: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (14 ed.). Bandung: NUANSA CENDEKIA.

Slep, J. (2018). APPRECIATIVE ACTIVE LEARNING. Journal of Appreciative Active Learning, 5, 11–19.

Suprihatiningrum, J. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN: Teori & Aplikasi (3 ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Surya Putra, Y. (2016). THEORITICAL REVIEW: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Among Makarti, 9, 123–134.

Zahroh, A. (2014). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NEGERI KARANGSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. 29.

Zaini, H. (2017). TEORI PEMBELAJARAN BAHASA DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 194. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.999

Published

29-02-2020

Citation Check