Model.Pendidikan Karakter Santri di Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu

Authors

  • Selamat Selamat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Syamsul Arifin Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Abdul Haris Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Muhammad Qorib Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Munawir Pasaribu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5268

Abstract

Permasalahan remaja merupakan masa pancaroba peralihan menuju kehidupan tahap dewasa. Fakta yang terjadi sering muncul dikalangan  remaja  yang emosinya sangat labil seperti pergaulan bebas, minuman keras, berjudi, narkoba, tawuran dan perbuatan seks bebas, sehingga pendidikan karakter remaja menjadi tidak jelas. penelitian ini menggunakan pendekatannkualitatif, penelitiannbertujuan untuk mendeskripsikanndan menganalisis model pendidikan karakter santri di pesantren Kwala Madu. Adapun hasil penelitian: Pertama pendidikan karakter di pesantren modern Muhammadiyah Kwala Madu melalui 7K dan hal ini sudah terpampang di lapangan melalui pamplet. Kedua model pendidikan karakter santri di pesantren modern Muhamnmadiyah Kwala Madu menggunakan istilah 6M, sesuai dengan visi misi dan tujuan pesantren. Berdasarkan analisis dan pembahasan, maka temuan yang diperoleh merujuk penelitian terdahulu yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa model pendidikan karakter santri di pesantren modern Muhammadiyah  terdapat perbedaan pada sistem pendidikan karakter santri. Di pesantren modern Muhammadiyah Kwala Madu model pendidikan karakter santri pada 3P yaitu pelopor, pelangsung dan penyempurna Muhammadiyah.

References

Abdul Haris, d. K. (2020). Model pembelajaran agama Islam berbasis pesantren di Panti Asuhan Al-Ma’wa Sumberpucung Malang. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9(No. 1), 117-132. doi:10.32832/tadibuna.v9i1.2940

Abdul Majid, d. D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.

Agug, A. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Islami: Kajian Epistimologis†Al-Tarbawi Al-Haditsah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 136-148.

al-Ghazali, I. (2017). "Ihya Ulumuddin†Tazkiyatun Nafs. Yogyakarta: Mukhtashar Ihya Ulumuddin.

Amri, S. D. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Aqib, Z. A. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Creswell, J. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Doni Koesoema. A. (2013). Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

E. Constant Giawa, N. N. (2018). Representasi Sosial Tentang Makna Malu Pada Generasi Muda Di Jakarta. Jurnal Psikologi, , Vol.17 (No.1), 77-86.

Fanreza, R. Munawir Pasaribu. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik. The Progressive and Fun Education Seminar. Surabaya: Publikasiilmiah.UMS, ISBN: 978-602-361-045-7, hal. 60. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hafijhin, M. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Anak Menurut Imam al-Ghazali dalam Kitab Ayyuha Al-Walad. Jurnal Al Falah, Vol. XVII(No. 1), hal 29-59.

Hermawan, K. (2010). Grow with Character: The Model of Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Khan, Y. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Publishing.

Kristiawan, M. S. (2017, Desember). Desain pembelajaran sma plus negeri 2 banyuasin iii berbasis karakter di era masyarakat ekonomi asean. Jurnal IQRA’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), Vol. 2(No. 2), 426.

Lickona, T. (1992). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan bertang gungjawab.( Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

Lisda Nurul Romdoni, E. M. (2020, Juli-Desember). Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Vol.5, No. 2, Juli-Desember 2020. Hal. 13-22. DOI: 10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808. doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808

Locke, L. S. (2007). Proposals that work: A Guide for Planning Dissertation and Grant Propos 5th. Thousand Oaks: CA: Sage.

Luneto, B. (2014, Juni). Pendidikan Karakter Berbasis IQ, EQ, SQâ€. Jurnal Irfani, Vol. 10(No. 1), 142.

Mubarok, A. (2001). Panduan AkhlakkMulia: Membangun ManusiaaBangsa Berkarakter. Jakarta:PPT Bina Rena Pariwara.

Muslich, Mansur (2011) pendidikan karakter: Menjawab Tantangan Kritis Multidimensial (Jakarta: Bumi Aksara, 2011 ).

Mustofa, A. (2000). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Pohan, Selamat. Zailani. Ilmu Pendidikan Islam. (Medan: UMSU PRESS, 2016).

Pasaribu, M (2022). Pendidikan Karakter Menurut Al-Quran Surat As-Syams ayat 8-10. Kumpulan Berkas Kepangkatan Dosen. Medan: publication.umsu.ac.id. Hal, 1-10.

Suparlan. (2015). Mencari Model Pendidikan Karakter. Jurnal Humanika, Vol. 15(Nomor 1), 75-88. Retrieved from. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/7643/6579

Ulwan, A. N. (1990). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Downloads

Published

27-11-2023

Citation Check