Efektivitas Etika Komunikasi Digital Islam Dalam Pendidikan Islam Di Lingkungan Kementerian Agama Aceh Tengah
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5255Keywords:
Komunikasi Islam, Etika, DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas etika komunikasi digital Islam dalam pendidikan Islam di lingkungan kementerian agama Aceh tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data penelitian, peneliti menggunakan metode = triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan berbasis komunikasi digital Islam dalam konteks pendidikan Islam di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah telah berjalan dengan baik, efektif dan efisien. Proses pelayanan optimal yang dilakukan institusi pendidikan Islam di bawah naungan Kementerian Agama kabupaten Aceh Tengah tidak hanya dapat dilihat melalui optimalisasi teknologi pendukung pembelajaran, seperti proses pembelajaran berbasi komputer dan penggunaan e-learning tetapi juga melalui dukungan etika komunikasi Islam, seperti keterbukaan dan kejujuran para pengurus sekolah (MAN 1 Takengon) terkait informasi publik. Etika komunikasi digital Islami menjadi basis dasar yang mendorong piranti teknologi pada Institusi pendidikan Islam yang ada di kementerian agama Aceh Tengah. Hal ini secara nyata diwujudkan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dapat digunakan secara langsung melalui platform digital.
References
Anwar, Rully Khairul. dan Rusmana, Agus. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi Kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 6 (3), 204-208.
Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Bungin. Burhan 2010. Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.
Muda, I., Manoharmayum, D,D., Shah, A,H., Prodanova, N,A., Mamarajabov, M, E., Singer, N. 2023. Challenges of Islamic Education in the New Era of Information and Communication Technologies. HTS Theological Studies. 79(1).
Dalimunthe, M.A. 2017. Implikasi Internet Sebagai Media Interaktif dalam Membangun Citra Aktor Politik. Al-MUNZIR 10 (2), 268-281
Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., Ritonga, A. 2023. The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration: Theory and Practice 29 (1)
Furchan, A. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Usaha Nasional.
Hasanah, U. 2023. Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, Vol. XI.(Issu 2.), 177–188.
Tarihoran, N., & Nugraha, E. 2023. Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melaluidigitalisasipada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang. Jurnal Satya Informatika, 8(1), 21–30.
Kholil, Syukur & Dalimunthe, M.A. 2015. Isu Isu Komunikasi Kontemporer. Medan: Perdana Publishing.
Mohammad, H., & Fauzi, I. (2021). Amanah (Trustworthiness) in Utilizing Digital Technology from Islamic Perspectives. Journal of Social Studies Education Research, 10(3), 120-130.
Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Muis, A. 2021. Komunikasi Islam. PT remaja Rosdakarya.
Nurudin. 2013. Media Sosial Baru dan Munculnya Renovasi Komunikasi Baru. 551253(246), 13.
Purawinangun, I. A., & Yusuf, M. (2020). Gerakan Literasi Generasi Milenial Melalui Media Sosial. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 67. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2401
Ritonga, Aulia, R. 2022. Pengaruh Iklim Komunikasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. KomunikA 18 (2), 1-8.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,. Alfabeta.
Suhendar, A., Syam, A., & Ritonga, A. 2023. Efektivitas Instagram Sebagai Ruang Motivasi Hijrah Mahasiswa IAIN Lhokseumawe. KomunikA 19 (02), 12-20.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).