Eksistensi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital Wilayah Wilayah DKI Jakarta dan Banten

Authors

  • Baeti Rohman Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Aas Siti Sholichah Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Mufassirul Alam Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Erna Fauziah Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Wildan Alwi Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5244

Keywords:

Eksistensi, Madrasah, Kualitas Pembelajaran, Era Digital,

Abstract

Era digital telah memberi dampak terhadap berbagai sektor kehidupan. Begitu pula dengan dunia pendidikan, terjadi perubahan dalam berbagai komponen mulai dari metode, media dan fasilitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. MAN Insan Cendekia Serpong dan Madrasah Aliyah Istiqlal dalam meningkakan kualitas pembelajaran di era digital melakukan terobosan berupa digitalisasi dalam penggunaan media, metode dan fasilitas berbasis digital. Selain itu guru didorong untuk terus melakukan perubahan dan perbaikan dalam kemampuan mengajar. Madrasah Aliyah Istiqlal yang memiliki keunggulam multimedia menjadikan materi desain grafis, fotografi dan videografi sebagai materi kekhususan dan unggulan. Dengan diberikan fasilitas pendukung dan guru professional di bidang multimedia dapat mengembangkan skil pembelajaran untuk membuat desain foto, video dan desain produk yang menggunakan perangkat digital. Sedangkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia menggunakan fasilitas berbasis digital. Setiap siswa diperbolehkan membawa dan menggunakan laptop dan mengakses internet. Di ruangan kelas proses pembelajaran menggunakan LED (Light Emitting Diode).  Seluruh materi pelajaran yang digunakan dapat diakses melalui alat tersebut. Selain itu terdapat aplikasi E-Learning. Sebuah aplikasi yang dirancang Kementerian Agama (Kemenag ) untuk memfasilitasi siswa melakukan pembelajaran berbasis digital. Hal ini memudahkan siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran.

References

A. Umar (Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah). 2020. “Kemenag Mulai Terapkan E-Learning Madrasah.†Kementerian Agama RI. 2020. https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-mulai-terapkan-e-learning-madrasah-zj577g.

Abdul Basit. n.d. “Wawancara Dengan Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong.â€

Admin. n.d. “Alat Pembelajaran Digital, Pengertian Dan Contohnya.†https://maglearning.id/2023/03/27/alat-pembelajaran-digital-pengertian-dan-contohnya/.

———. n.d. “Sejarah Madrasah.†https://ic.sch.id/openblog.php?Roiy97YthR=konten&di=4afd521d77158e02aed37e2274b90c9c.

———. 2016a. “Pilar Keunggulan.†2016. https://www.mij.sch.id/profil/pilar-keunggulan/.

———. 2016b. “Profil.†2016. https://www.mij.sch.id/satuan-pendidikan/madrasah-aliyah/.

———. 2016c. “Sejarah.†2016. https://www.mij.sch.id/profil/sejarah/.

———. 2016d. “Tujuan.†2016. https://www.mij.sch.id/profil/tujuan/.

———. 2020. “E-Learning Madrasah.†2020. https://elearning.kemenag.go.id/#:~:text=E-learning Madrasah adalah sebuah,lebih terstruktur%2C menarik dan interaktif.

———. 2023. “Survei APJII Pengguna Internet Di Indonesia Tembus 215 Juta Orang.†10 Maret 2023, 2023. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang.

Adquisiciones, L E Y D E, Texto Vigente, Peter Frampton, Stewart Azar, Samuel Jacobson, Thomas J Perrelli, Block L L P Washington, et al. 2019. “Perkembangan Madrasah Di Indonesia.†Duke Law Journal 1 (1): 87–107.

Alawiyah, F. 2014. “Pendidikan Madrasah Di Indonesia.†Jurnal Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 5 (1): 51–58.

Arif Sinaga. 2023. “Madrasah Istiqlal Jakarta Penerima Sertifikat ISO 21001:2018 Dan 9100:2015 Pertama Di Indonesia,†2023. https://jakarta.suaramerdeka.com/religi/1347682900/madrasah-istiqlal-jakarta-penerima-sertifikat-iso-210012018-dan-91002015-pertama-di-indonesia.

Asep Marfu MA Istiqlal. n.d. “Hasil Wawancara Dengan Kepala Sekolah Asep Marpu.â€

Ayuningtyas, Apriana Anggraeni. 2022. “Penerapan Internet of Things (IoT) Dalam Upaya Mewujudkan Perpustakaan Digital Di Era Society 5.0.†Jurnal Ilmu Perpustkaan 11 (1): 29–36.

Drajat, Manpan, MAg DR Sekolah Tinggi Agama Islam KHEZ Muttaqien Purwakarta, Kata Kunci, Pendidikan Islam, and Departemen Agama. 2018. “Sejarah Madrasah Di Indonesia.†Journal for Islamic Studies 1 (1): 196–206. https://doi.org/10.5281/zenodo.1161729.

Fikria, Syahaamah. 2022. “No TiGuru Hadapi Tantangan Besar Era Melek Digital, Dituntut Serbabisa Dan Serbacepat Tle.†Radar Solo Jawapos, 2022. https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/841694688/guru-hadapi-tantangan-besar-era-melek-digital-dituntut-serbabisa-dan-serbacepat-.

Fitriyani, Raihani Alvinna, Lintang Tirta Putri, and Robiatul Adawiyah. 2021. “Tren Teknologi Artificial Intelligence Pengganti Model Iklan Di Masa Depan.†Jurnal Sosial-Politika 2 (2): 118–29. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.39.

Garris Pelangi. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.†Jurnal Sasindo Unpam 8 (2): 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354.

Hakim, Arif Rahman. 2022. “Siap-Siap Sri Mulyani Ungkap Peran Mesin Bakal Mendominasi Dibanding Manusia.†Liputan6. 2022. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5052449/siap-siap-sri-mulyani-ungkap-peran-mesin-bakal-mendominasi-dibandingkan-manusia.

Hasbullah. n.d. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: LSIK dan Raja Grafindo Persada.

Hikmah Romalina. n.d. “Siswa MAN Insan Cendekia Serpong Kembali Harumkan Nama Indonesia.†Direktorat Jenderl Pendidikan Islam Kementerian Agama. https://pendis.kemenag.go.id/read/siswa-man-insan-cendekia-serpong-kembali-harumkan-nama-indonesia.

Iskandar, Yogi, Setiana Setiana, Darmayanti Darmayanti, Ika Candra Destiyanti, Iman Iman, and Nunung Nuryati. 2022. “Digitalisasi Pendidikan Di Pendidikan Anak Usia Dini.†Journal of Innovation and Sustainable Empowerment 1 (1): 1–6. https://doi.org/10.25134/jise.v1i1.6.

Isma, Cut Nelga, Rina Rahmi, and Hanifuddin Jamin. 2022. “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah.†At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 14 (2): 129–41. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317.

Kepala Kurikulum Madrasah Istiqlal. n.d. “Wawancara Dengan Kepala Kurikulum Madrasah Istiqlal.â€

Kristina. n.d. “Profil MAN IC Serpong, Sekolah Terbaik Se-Indonesia Versi Nilai UTBK 2022 Baca Artikel Detikedu, ‘Profil MAN IC Serpong, Sekolah Terbaik Se-Indonesia Versi Nilai UTBK 2022’ Selengkapnya Https://Www.Detik.Com/Edu/Sekolah/d-6258595/Profil-Man-Ic-Serpong-Sek.†https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6258595/profil-man-ic-serpong-sekolah-terbaik-se-indonesia-versi-nilai-utbk-2022.

Kusuma, Yanuarita. 2012. “Perkembangan Teknologi Informasi ‘Tradisi Media Lisan, Cetak, Era First Age Media, Second Age Media, Era Digital’.,†2012. https://binus.ac.id/malang/2018/07/perkembangan-teknologi-informasi-tradisi-media-lisan-cetak-era-first-age-media-second-age-media-era-digital/.

Manurung, Purbatua. 2021. “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19.†Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 14 (1): 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33.

Marysca, Gabriella. 2021. “Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara).†Angewandte Chemie International Edition Vol. 6 (11): hlm. 951-952.

Mukrimaa, Syifa S., Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, ANIS YULIA CITRA, Nathaniel David Schulz, د. غسان, Tukiran Taniredja, Efi Miftah. Faridli, and Sri Harmianto. 2016. “KONSEP DESAIN TAS MODULAR FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI.†Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (August): 128.

Nurul Hidayah, Salsa Ulya Hambali, Trissa Fitri MIllenia. 2020. “Pemanfaatan Media Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Cerita Rakyat Kelas X.†Prosiding Samasta, no. 2014: 1–6.

Pratiwi, Nani, and Nola Pritanova. 2017. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja.†Semantik 6 (1): 11. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1p11.250.

Revolusi, Era. 2021. “Jurnal Penelitian Pendidikan Keterterapan Media Virtual Reality ( VR ) Dilihat Dari Persepsi†38 (2): 44–51.

Salsabila, Unik Hanifah, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur Asih Istiqomah, and Salsabila Difany. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA.†Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ| 4 (2): 163–73. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Sanchez-Sepulveda, Mónica, David Fonseca, Jordi Franquesa, and Ernesto Redondo. 2019. “Virtual Interactive Innovations Applied for Digital Urban Transformations. Mixed Approach.†Future Generation Computer Systems 91. https://doi.org/10.1016/j.future.2018.08.016.

Santo Gitakarma, Made, and Luh Putu Ary Sri Tjahyanti. 2022. “Peranan Internet of Things Dan Kecerdasan Buatan Dalam Teknologi Saat Ini.†Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS) 1 (1): 1–8. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/Komteks/article/view/1060/789.

Saputra, Muhammad Haris, Puja Firmasari, Yosi Fadhilah, R Mardiana, Irfan Hassandi, Fakultas Manajemen, and Universitas Dinamika Bangsa. 2023. “Peluang Dan Tantangan Pasca Covid-19 Menghadapi Era Society 5.0 Untuk Mencapai Kinerja Berkelanjutan.†Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan Universitas 2: 146–51. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jumanage%0Ap-ISSN:

Sholichah, Aas Siti, Mufasir Alam, and E E Junaedi Sastradiharja. 2023. “Digitalization of Education and Its Impact on Urban Society : A Study on Junior High School Teachers†15: 2895–2905. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.2103.

Sholichah, Aas Siti, Baeti Rahman, Wildan Alwi, and Ade Muqit. 2022. “Penguatan Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Literasi Digital Kegamaan ( Studi Di SMP Islamic School Al-Bayan Jakarta ).†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 433–54. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2267/1001.

sugyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD.†Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD.

Syafril, Elsa Putri Ermisah. 2019. “‘Ruangguru’, Digitalisasi Pendidikan Antara Capaian Nilai Dan Pengembangan Karakter Melalui Interaksi Sosial.†Icadecs.Um.Ac.Id 2019: 94–99. http://icadecs.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/16-Elsa-Putri-Ermisah-Syafril.pdf.

Wahyudi, Tri. 2023. “Studi Kasus Pengembangan Dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia.†Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 9 (1): 28–32. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse.

Widyana, Aurella Irvanti, and Heru Dwi Waluyanto. 2022. “Pengembangan Kreativitas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual.†Jurnal DKV Adiwarna 1 (0): 11. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12231.

Yokhebed, Yokhebed. 2019. “Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers.†Bio-Pedagogi 8 (2): 94. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.36154.

Published

12-02-2024

Citation Check