Nilai Pendidikan Akidah Dalam Hadis Amal Jariyah (Studi Ma‘ān al-Ḥadīth dengan pendekatan Taḥlīlī)

Authors

  • Rustina N Institut Agama Islam Negeri Ambon, Indonesia
  • Muhammad Rahanjamtel Institut Agama Islam Negeri Ambon, Indonesia
  • Muhajir Abd Rahman Institut Agama Islam Negeri Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.5243

Keywords:

nilai pendidikan akidah, tahlili, amal jariyah

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguraikan makna hadis tiga amalan jariyah; untuk menganalisis secara mendalam nilai-nilai pendidikan akidah yang dikandungnya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka  dengan pendekatan kualitatif.  Data primer, berupa kitab-kitab pokok hadis, kitab biografi periwayat hadis, kitab syarah hadis. Data sekunder berupa buku, artikel serta literatur lain yang relevan, teknik analisis data digunakan content analisis, Hasil pembahasan:  1. Hadis ini berkualitas sahih, diriwayatkan oleh sahabat yaitu Abu Hurairah ra. periwayatan berkembang pada tingkat tabi‘ tabi’in menjadi delapan jalur periwayatan, diriwayatkan oleh enam imam hadis, yaitu Muslim, al-Tirmizi al-Nasa’i al-Darimi Ahmad ibn Hanbal, dan Abu Dawud. 2. Makna dan kandungan matan hadis bahwa terdapat tiga jenis amal jariyah, yaitu perbuatan, atau hasil karya yang memiliki nilai kekal abadi di sisi Allah swt. sehingga pelakunya memperoleh ganjaran pahala terus menerus baik semasa hidup maupun setelah meninggal dunia, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang terus menerus dirasakan manfaatnya dan anak shaleh yang selalu mendoakan orang tuanya setelah mereka tiada; 3. Nilai pendidikan akidah yang terkandung dalam hadis, yaitu keimanan kepada Allah, keimanan kepada hari kiamat, keiminan kepada pahala dan siksa Allah, serta keadilanNya, keutamaan  amal  kebaikan, dan pentingnya pendidikan dan ilmu pengetahuan.

References

Abadi, Sharaf al-Haq al-Azim. 1415. Aun Al-Ma’bÅ«d Sharḥ Sunan AbÄ« DÄwÅ«d. Mesir: DÄr Ibn al-Jauzi.

Abdullah, Taufiq. 1996. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Abu Ahmadi, and Noor Salimi. 2008. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-AjalÅ«nÄ«, IsmÄÄ«l bin Muhammad. 1988. Kasyf Al-KhafÄ’ Wa MuzÄ«l Al-IlbÄs ‘an Ma Ishtahara Min Al-AḥÄdÄ«th ‘alÄ Alsinah Al-NÄs. Beirut: DÄr al-Kutub al-Ilmiyah.

Al-AsqalÄnÄ«, Ibnu Hajar. 1379. Fatḥ Al-BÄrÄ« Syarḥ á¹¢aḥīḥ Al-BukhÄrÄ«. Beirut: DÄr al-Ma’rifah.

Al-BujairamÄ«, Sulaiman bin Muhammad. 1998. Tuhfat Al-HabÄ«b ‘ala Syarḥ Al-KhÄtib. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-DÄrimÄ«, AbÅ« Muḥammad. n.d. Sunan Al-DÄrimÄ«. DÄr al-Ihya’ al-Sunnah al-Nabawiyyah.

Al-Isfahani, Al-Ragib. 1992. Mu‘Jam Mufradat Alfaz Al-Qur’An. Damaskus: Dar al-Qalam.

Al-MizzÄ«, Jamaluddin YÅ«suf bin al-ZakÄ« Abd al-RaḥmÄn AbÅ« al-HajjÄj. 1985. TahzÄ«b Al-KamÄl Min AsmÄ’ Al-RijÄl. Beirut: Mu’assasat al-RisÄlah.

Al-Munawwir, A.W. 2011. Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif.

Al-NaisabÅ«rÄ«, Muslim bin al-ḤajjÄj. 1955. á¹¢aḥīḥ Muslim. Bairut: DÄr IhyÄ al-TurÄth al-ArabÄ«.

Al-NasÄÄ«, AbÅ« ‘Abd al-RahmÄn Aḥmad bin Shu‘aib. 1980. Sunan Al-NasÄÄ«. Beirut: Dar al-Fikr.

al-NawawÄ«, AbÅ« ZakariyÄ. 1392. Syarḥ Al-NawawÄ« ‘ala á¹¢aḥīḥ Muslim. Bairut: DÄr IhyÄ al-TurÄth al-ArabÄ«.

Al-á¹¢an’anÄ«, Muhammad bin IsmÄÄ«l al-KahlÄnÄ«. 1960. Subul Al-SalÄm. Maktabah al-Bab al-Halabi.

Al-SijistÄnÄ«, AbÅ« DÄwÅ«d. 1431. Sunan AbÄ« DÄwÅ«d. Bairut: al-Maktabah al-Asriyyah.

Al-SuyÅ«á¹­Ä«, JalÄluddÄ«n. 2015. MisbÄh Al-ZujÄjah Ala Sunan Ibn MÄjah. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-Tirmizi, Abu Isa. 1980. Sunan Al-Tirmizī. Bairut: Dâr al-Fikr.

Al-UthaimÄ«n, Muḥammad bin á¹¢Älih bin Muḥammad. 1426. Sharh Riyad Al-Salihin. Riyad: Dar al-Watn.

Anshory, Muhammad Isa, and Muhammad Syarifudin Hafid. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Dalam QS. Asy-Syu’ara.†Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 6 (2): 252–68. https://www.jurnalptiq.com/index.php/mumtaz/article/view/406/227.

Bertens, K. 2007. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Danial Hilmi, and Halimatus Sa’diyah. 2019. “Konstruksi Sosial Historis Ritual Rebbe Dalam Menginterpretasikan Makna Shadaqah Jariyah Pada Masyarakat Sumber Lembar Probolinggo.†Malang.

Hamdan, Nazmi Qayyum, and Mohd Nizam Sahad. 2022. “PEMBENTUKAN KERANGKA INFAK JARIAH MENURUT ULAMA HADIS (Foundation Of Continuous Charity Framework According to Hadith Scholars).†Journal of Hadith Studies 7 (2): 2550–1488. https://journalofhadith.usim.edu.my/index.php/johs/article/view/205.

Hanbal, Ahmad bin Muhammad bin. 1998. Musnad Al-Imam Ahmad Bin Hanbal. Riyad: DÄr al-Fakr al-Dauliyat li al-Nasyer wa al-Tauzi’,.

Kartawisastra, H.U. 1980. Strategi Klasifikasi Nilai. Jakarta: P3G. Depdikbud.

Khon, Abdul Majid. 2012. Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Nasional, Departemen Pendidikan. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Riadi, Marwan. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Dalam Surah Al-Kahfi.†Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Ritonga, A. Rahman. 2005. Akidah: Merekat Hubungan Manusia Dengan Khaliknya Melalui Pendidikan Akidah Anak Usia Dini. Surabaya: Amelia.

Sulaiman Slamet, Moh. Ibnu. 2011. “Shadaqah Dalam Perspektif Hadis Nabi.†Jurnal Al-Hikmah 12 (1): 46–61.

Syafruddin. 2014. Ilmu Pendidikan Islam ‘melejitkan Potensi Budaya Umat. Jakarta: Hijri Pustaka.

Umar, Bukhari. 2012. Hadis Tarbawi, Pendidikan Dalam Perspektif Hadis. Jakarta: Amzah.

Yunus, Mahmud. 1990. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah, Penafsiran Al-Qur’an.

ZakariyÄ, AbÅ« al-Husayn Aḥmad bin FÄris bin. 1979. Mu‘jam MaqÄyÄ«s Al-Lugah. Beirut: DÄr al-Fikr.

Published

30-08-2023

Citation Check