Penguatan Moderasi Beragama Melalui Kajian Riset Disipliner Dan Interdisipliner Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Isu-Isu Nasional Dan Global

Authors

  • Enoh Enoh Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Herdian Kertayasa Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Fiqih Amrullah STIT Al-Amin Indramayu, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5223

Keywords:

Riset disipliner-interdisipliner, Pendidikan Islam, Moderasi Beragama,

Abstract

Penelitian studi literatur ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi dan peran kajian riset disipliner dan interdisipliner pendidikan Islam dalam menghadapi isu-isu nasional dan global. Kajian riset disipliner dan interdsipliner pendidikan Islam merupakan bagian dari upaya penguatan sekaligus pengembangan pendidikan Islam dalam partisipasi dan kontekstualisai perannya dalam memecahkan persoalan-persoalan nasional dan globalyangsemakin kompleks dan multidimensi.Melalui kajian tersebut diharapkan dapat membangun pendidikan Islam yang responsif, adaptif, inovatif dan efektif. Penguatan moderasi beragama secara konseptual maupun antual dalam pendidikna Islam merupakan jawaban atas isu nasional dan global tentang radikalisme, terosime, multikultural dan pluralisme di era globalisai ini.

Penelitian studi literatur ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi dan peran kajian riset disipliner dan interdisipliner pendidikan Islam dalam menghadapi isu-isu nasional dan global. Kajian riset disipliner dan interdsipliner pendidikan Islam merupakan bagian dari upaya penguatan sekaligus pengembangan pendidikan Islam dalam partisipasi dan kontekstualisai perannya dalam memecahkan persoalan-persoalan nasional dan globalyangsemakin kompleks dan multidimensi.Melalui kajian tersebut diharapkan dapat membangun pendidikan Islam yang responsif, adaptif, inovatif dan efektif. Penguatan moderasi beragama secara konseptual maupun antual dalam pendidikna Islam merupakan jawaban atas isu nasional dan global tentang radikalisme, terosime, multikultural dan pluralisme di era globalisai ini.

 

References

Al-Qardhawi, Y. (1980). Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, terj. Bustami A. Gani, Jakarta: Bulan Bintang.

Azra, A. (2001). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium. Ciputat: Kalimah.

Cooper, H. M. (1988). Organizing knowledge syntheses: A taxonomy of literature reviews. Knowledge in Society, 1(1), 104.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Daradjat, Z. (2017). Ilmu pendidikan islam.

Denzin, N. K. (2017). The research act: A theoretical introduction to sociological methods. Transaction publishers.

Fink, A. (2019). Conducting research literature reviews: From the internet to paper. Sage publications.

Golafshani, N. (2003). Understanding reliability and validity in qualitative research. The Qualitative Report, 8(4), 597–607.

Hart, C. (2018). Doing a literature review: Releasing the research imagination. Doing a Literature Review, 1–352.

Langgulung, H. (1980). Beberapa pemikiran tentang pendidikan Islam. Alma’arif.

Nimawati, N., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Kajian Riset Monodisipliner dan Interdisipliner dalam pendidikan islam Menghadapi Isu Nasional dan Global: Studi Kasus Terhadap Isu Covid-19. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 5(1), 101–122.

Patton, M. Q. (2014). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications.

Pemberton, J. M., & Prentice, A. E. (1990). Information science: The interdisciplinary context. New York: Neal-Schuman.

Wohlin, C. (n.d.). Claes.(2014). Guidelines for snowballing in systematic literature studies and a replication in software engineering. Proceedings of the 18th International Conference on Evaluation and Assessment in Software Engineering-EASE’14, 1–10.

Published

12-02-2024

Citation Check