Analisis Tingkat Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Welt Pada Politeknik Negeri Medan

Authors

  • Gunawan Gunawan Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia
  • Wahyudin Nur Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Mardianto Mardianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5172

Keywords:

Web-based learning, Islamic Education, Media development, Medan State Polytechnic.

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Medan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan interaktif yang dapat meningkatkan literasi agama Islam serta mengukur pemahaman melalui tes evaluasi. Metode pengembangan yang digunakan mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan melibatkan berbagai tahapan, termasuk analisis kurikulum, identifikasi target audiens, pengembangan konten, pengujian, dan evaluasi. Media pembelajaran ini dirancang untuk mendukung beragam gaya belajar dengan fitur interaktif, konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan responsif terhadap berbagai perangkat. Evaluasi dilakukan melalui tes pemahaman dan literasi agama Islam, serta melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai responden. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memenuhi kriteria praktikalitas dan validitas yang tinggi, dengan tingkat literasi dan pemahaman yang signifikan yang dicapai oleh pengguna dengan hasil rata-rata validasi 90.87%. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Medan melalui pemanfaatan media berbasis website yang inovatif dan efektif.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, R., I. A. Zakiyah, I. Farida, dan M. A. Ramdhani. “Learning Crude Oil by Using Scientific Literacy Comics.†Journal of Physics: Conference Series 895, no. 1 (2017). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012011.

Aulia, Dieny, dan Maulana Khalid Riefani. “Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protista Concept.†BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan 3, no. 3 (2021): 173–78. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino.

Bela, Shinta, dan Ferico Pasaribu. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Daring Berbasis Web Study Kasus Sdn Sidoasih Lampung Selatan.†TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology 1, no. 2 (2021): 55–60.

Dr. Drs. Ido Prijana Hadi, M.Si, M.Med.Kom Megawati Wahjudianata, S.Sos., dan M.Si Inri Inggrit Indrayani, S.I.P. KOMUNIKASI MASSA. Diedit oleh Tim Qiara Media. Pasuruan: Qiara Media, 2021.

Fahmi, Angga. “Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Kredit Semester (Sks).†ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2022): 1–10.

Fahmi, Fahmi, Muhammad Syabrina, Sulistyowati Sulistyowati, dan Saudah Saudah. “Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 931–40. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673.

Febrita, Yolanda, dan Maria Ulfah. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa†0812, no. 2019 (n.d.): 181–88.

Fitriani, Yuni. “Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19.†Journal of Information System, Informatics and Computing 4, no. 2 (2020): 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312.

Hafizatul, Khaira. “Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT.†Prosiding Seminar Nasional, 2020, 43.

Handayani, Wahyuni, Wawan Setiawan, Parlindungan Sinaga, dan Andi Suhandi. “Triple step writing strategy: Meningkatkan keterampilan menulis materi ajar multimodus representasi pada mahasiswa calon guru fisika.†Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 7, no. 1 (2021): 46–60. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i1.37781.

Indah, P. S. “Efektivitas Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bundo Kanduang dalam Penanganan Keluhan Fakir Miskin di Kota Padang.†Universitas Andalas, 2023.

Izza, A. Q. I. D. A. T. U. L. “Penilaian Model SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, Redefinisi) terhadap Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fikih dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di MTsN 1 Sidoarjo.†Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2021.

Juniantari, Made, dan Gede Saindra Santyadiputra. “The Validity of Learning Media in the Course of Assessment and Learning Evaluation Based on Articulate Storyline 3†536, no. Icsteir 2020 (2021): 351–56.

Mahendra, E R. dkk. “Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.†Jurnal Education … 9, no. 1 (2021): 279–84. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375.

Melati, Eka, Ayyesha Dara Fayola, I Putu Agus Dharma Hita, Andi Muh Akbar Saputra, Zamzami Zamzami, dan Anita Ninasari. “Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.†Journal on Education 6, no. 1 (2023): 732–41. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988.

Meredith, D.Gallm, Joyce P.Gall, dan Walter R.Borg. Educational Research an Introduction. United States of America: Person Educational, Inc, 2003.

Oktavian, Riskey, Riantina Fitra Aldya, Universitas Kristen Indonesia, dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERINTEGRASI DI ERA†20, no. 2 (2020): 129–35.

PRATIWI, IKA. “Pengembangan Media Pemebelajaran Audio Visual dalam Bentuk CD Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Indonesia pada Tema 4 Berbagi Pekerjaan Siswa Kelas IV SD/MI.†FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 2020. http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf.

Ritonga, Maisaroh. “Penerapan Media Visual Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam†3, no. 1 (2020): 1–14.

Rury, John L., Ryan Belew, dan Jennifer Hurst. “The Origins of American Test-Based Educational Accountability and Controversies About Its Impact, 1970–1983.†Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education 124, no. 1 (2022): 143–63. https://doi.org/10.1177/01614681221086094.

Saman. “TINJAUAN TEORITISMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN APLIKASI TIKTOK.†JURNALSAINTIFIK (Multi Science Journal) 21, no. 2 (2023): 79–88.

Rizki Rian Sari, Sunardi Sunardi, dan Musa Pelu. “Utilization of Local History of Pengging Site as a Source of Digital Literacy-Based History Learning with a Constructivist Approach.†International Journal of Social Science and Human Research 06, no. 05 (2023): 3019–26. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i5-66.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

———. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, 2016.

Suryadi, Ahmad. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I. Sukabumi: CV. Jejak, 2020.

Syafrin, Yulia, Muhiddinur Kamal, Arman Husni, dan Negeri Iain Bukittinggi. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam†2, no. 1 (2023): 72–77.

Trinova, Zulvia, M Tamrin, dan Annisaul Khairat. “Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal : Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar.†Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar 10, no. 2 (2020): 213–22.

Usmaedi, Usmaedi, Putri Yuniar Fatmawati, dan Aprian Karisman. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Educatio FKIP UNMA 6, no. 2 (2020): 489–99. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595.

Wahyuni, Janetri Suti, Haryadi Haryadi, dan Agus Nuryatin. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video melalui Website Rumah Belajar pada Materi Teks Eksplanasi.†Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 5, no. 1 (2022): 22–32. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1617.

Zakirman, Zakirman, Chichi Rahayu, dan Wienda Gusta. “E-Animation Media to Improve The Understanding of Elementary School Science Learning.†Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3411–19. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2595.

Zhang, Xiaolei, Jie Yang, Tao Lin, dan Yibin Ying. “Food and agro-product quality evaluation based on spectroscopy and deep learning: A review.†Trends in Food Science & Technology 112, no. 112 (Juni 2021): 431–41. https://doi.org/10.1016/j.tifs.2021.04.008.

Published

18-11-2023

Citation Check