Efektivitas Gaya Belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK) dalam Metode Pembelajaran Tahfidz Kauny Quantum Memory (KQM)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5166Keywords:
pembelajaran tahfidz, Kauny Quantum Memory, gaya belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode KQM di SD-IT Hafizul Ilmi, fungsionalisasi gaya belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK) dalam metode KQM serta respon siswa dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan penerapan metode tersebut yang berkaitan dengan efektifitas gaya belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau metode campuran (mixed methods) dengan desain penelitian sequential exploratory designs. Hasil penelitian: 1) Pembelajaran diawali dengan sistem classical, guru mengalihkan konsentrasi siswa menjadi lebih fokus dengan ucapan MASTER, lalu dijawab secara serentak “menghafal Al-Qur’an semudah tersenyumâ€. Dilanjutkan muraja’ah hafalan sebelumnya kemudian memulai dengan hafalan baru. 2) Teknik talaqqi, mind mapping, anchoring dan positive thingking dalam metode KQM telah mewakilkan fungsionalisasi ketiga modalitas indera anak. 3) Respon siswa dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan penerapan metode tersebut yang berkaitan dengan efektifitas gaya belajarnya dapat dikatakan positif, karena metode KQM ini telah mengakomodir ketiga gaya belajar siswa yaitu Visual Auditori dan Kinestetik. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu referensi pemilihan metode pembelajaran tahfidz yang memudahkan dan menyenangkan bagi anak.
References
Bobby De Porter dan Mike Hemacki. (2011).Quantum Learning Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
DePorter dan Hernacki. (2010). Quantum Learning. Terjemah: Abdurrahman, Bandung: PT Mizan Pustaka.
Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: Kaafah Learning Center.
Fauzan., Masagus A. dan Farid Wadji. (2010). Quantum Tahfiz (Siapa Bilang Menghafal al-Qur’an Susah?. Bandung: YKM Press.
Jarvis, M. (2000). Theoretical Approaches in Psychology. Psychology Press.
Herwibowo, Bobby. (2014). Menghafal al-Qur’an Semudah Tersenyum, Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia
Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Jarvis, M. (2011). Treating People with Mental Disorders-Cognitive Behavioral Approaches. Psychology Review, 16(4), 24.
MashurÇati, Yuyun. (2018). Beberapa Tes Gaya Belajar Remaja dengan Aplikasi Google Form, Media Sosial serta Program Layanan Konseling yang Terkait. Jurnal Education. (4)1 Vol. 4 No. 1:2-15
Mutiawati, Y., & Yusliani, H. (2022, October). Strategi Pembelajaran Tahfidz dengan Menggunakan Metode Kauny Quantum Memori di SDIT Hafizul Ilmi. In Seminar Nasional Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan (TEKAD) (pp. 310-324).
Nurmayani dkk. (2016). Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016ÍŸ Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. (2)1:2-17.
Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: PT. Alfabeta.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Subrata, H. (2008). Strategi dan Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di. Sekolah. Dasar
Sucipto, (2020). Tahfidz Alqur’an Melejitkan Prestasi. Depok: Guapedia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Ula,S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar (Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk). Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Wilis, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 hamdi yusliani, rosnidarwati rosnidarwati, M. Raihan Zahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).