Efektivitas Gaya Belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK) dalam Metode Pembelajaran Tahfidz Kauny Quantum Memory (KQM)

Authors

  • Hamdi Yusliani Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Rosnidarwati Rosnidarwati Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Saiful Saiful Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • M. Raihan Zahri Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Faiza Nudia Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5166

Keywords:

pembelajaran tahfidz, Kauny Quantum Memory, gaya belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode KQM di SD-IT Hafizul Ilmi, fungsionalisasi gaya belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK) dalam metode KQM serta respon siswa dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan penerapan metode tersebut yang berkaitan dengan efektifitas gaya belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau metode campuran (mixed methods) dengan desain penelitian sequential exploratory designs. Hasil penelitian: 1) Pembelajaran diawali dengan sistem  classical, guru mengalihkan konsentrasi siswa menjadi lebih fokus dengan ucapan MASTER, lalu dijawab secara serentak “menghafal Al-Qur’an semudah tersenyumâ€. Dilanjutkan muraja’ah hafalan sebelumnya kemudian memulai dengan hafalan baru. 2) Teknik talaqqi, mind mapping, anchoring dan positive thingking dalam metode KQM telah mewakilkan fungsionalisasi ketiga modalitas indera anak. 3) Respon siswa dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan penerapan metode tersebut yang berkaitan dengan efektifitas gaya belajarnya dapat dikatakan positif, karena metode KQM ini telah mengakomodir ketiga gaya belajar siswa yaitu Visual Auditori dan Kinestetik. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu referensi pemilihan metode pembelajaran tahfidz yang memudahkan dan menyenangkan bagi anak.

References

Bobby De Porter dan Mike Hemacki. (2011).Quantum Learning Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

DePorter dan Hernacki. (2010). Quantum Learning. Terjemah: Abdurrahman, Bandung: PT Mizan Pustaka.

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: Kaafah Learning Center.

Fauzan., Masagus A. dan Farid Wadji. (2010). Quantum Tahfiz (Siapa Bilang Menghafal al-Qur’an Susah?. Bandung: YKM Press.

Jarvis, M. (2000). Theoretical Approaches in Psychology. Psychology Press.

Herwibowo, Bobby. (2014). Menghafal al-Qur’an Semudah Tersenyum, Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia

Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Jarvis, M. (2011). Treating People with Mental Disorders-Cognitive Behavioral Approaches. Psychology Review, 16(4), 24.

MashurÇati, Yuyun. (2018). Beberapa Tes Gaya Belajar Remaja dengan Aplikasi Google Form, Media Sosial serta Program Layanan Konseling yang Terkait. Jurnal Education. (4)1 Vol. 4 No. 1:2-15

Mutiawati, Y., & Yusliani, H. (2022, October). Strategi Pembelajaran Tahfidz dengan Menggunakan Metode Kauny Quantum Memori di SDIT Hafizul Ilmi. In Seminar Nasional Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan (TEKAD) (pp. 310-324).

Nurmayani dkk. (2016). Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016ÍŸ Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. (2)1:2-17.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: PT. Alfabeta.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Subrata, H. (2008). Strategi dan Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di. Sekolah. Dasar

Sucipto, (2020). Tahfidz Alqur’an Melejitkan Prestasi. Depok: Guapedia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Ula,S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar (Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk). Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Wilis, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Published

18-11-2023

Citation Check