Leading Integrasi Karakter Berpikir Plural Melalui Pendidikan Agama Islam di UPN Veteran Jatim

Authors

  • Taufikurrahman Taufikurrahman Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim, Indonesia
  • Umi Sumbulah Universitas Islam Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Barizi Universitas Islam Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Dahri STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5165

Keywords:

Leading Intergari, Karakter Berpikir Plural, Pendidikan Agama Islam, UPN Veteran Jatim

Abstract

This research aims to develop a concept of plural thinking character which is integrated with an Islamic religious education approach both in practical and practical aspects. At UPN Veteran East Java, through strengthening the National Defense Character, the process of forming a plural thinking character can be analyzed. The diversity that exists at UPN Veteran Jatm certainly creates potential for intersections and gaps in both thought and action, but by forming a plural thinking character these intersections and gaps can be minimized and overcome. A qualitative approach was chosen in this research to look into literacy and other data sources that are closely related to research with the theme of integration of plural thinking characters. The meaning of leading will be answered with the perspective of various thoughts about pluralism. Good pluralism of religions, cultures, traditions and nations. Therefore, the result of this research is the concept of plural thinking character integration which is closely related to awareness of diversity, especially those built at UPN Verteran East Java.

References

Abdul Hakam dan Encep Syarie Nurdin, Metode Internalisasi Nilai-nilai (untuk modifikasi perilaku berkarakter) (Bandung, Maulana Media Grafika, 2016)

Ahmad Syafii Ma’arif. Islam, Humanity and The Indonesia Identity, (Leiden University Press, 2018)

Ahmad Syafii Maarif. Membumikan Islam, (Yogyakarta; IRCiSod, DIVA Press, 2019)

Ahmad Syafii Maarif. Reactuallising Humanistic Values in Contemporary Muslim Society.

Amin Abdullah. Buya Ahmad Syafii Maarif, Muslim Progresif, Faithful Patriotisme & Pembela Pancasila. (Jakarta, Salihara & Maarif Institute, 2020). Sebuah makalah yang diterbitkan oleh Maarif Institute untuk mengenang Buya Syafii Maarif; 40 Harian.

Ahmad Syafii Maarif, Menimbang Kembali Keindonesiaan dalam Kaitannya dengan Masalah Keadilan, Kemanusiaan, Kebinerkaan dan Toleransi. Sebagai Prolog dalam Buku Fikih Kebinekaan, (Jakarta: MIzan, 2015),

Aji Sofanudin, Internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA EFKS-RSBI di Tegal (Junral Smart, Vol.1 No. 2 2015)

Amin Abdullah. Dinamika Islam Kultural, Pemetaan atas Wacana Keislaman Kontemporer, (Yogyakarta; IRCiSoD, 2020)

Amin Abdullah, Relevansi Studi Agama di Era Pluralisme Agama, sebagai pengantar buku “Keberagamaan yang Saling Menyapa, Perspektif Filsafat Parenial, Moh. Sabri†(Yogyakarta, Ittaqa Press, 1999)

Abdul Mukti. Nalar Islam, dari Arab ke Indonesia, (Pontianak, IAIN Pontianak Press; 2017)

Berutu, A. G. G. (2019). Migrasi dan Problematika Minoritas Muslim di Asia. Islamic Management and Empowerment Journal, 1 (2), 230–246. https://doi.org/ 10.18326/imej.v1i2.230-246

Council for the Parliament of the world’s Religions, A global ethic; The Declaration of theParliament of the world’s religions (Chicago; The Continuum International Publishing Group Inc., 1993) dalam Muhammad Qorib. Pluralisme Buya Syafii Maarif: Gagasan dan Pemikiran Sang Guru Bangsa, (Yogyakarta: Bildung, 2019)

Dauda, K. O. (2020). Islamophobia and Religious Intolerance: Threats to Global Peace and Harmonious Co-Existence. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8 (2), 257. https://doi.org/ 10.21043/qijis.v8i2.6811

Elly M. Setiadi., et. all. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Penerbit Kencana, 2017)

Fanindy, M. N., & Mupida, S. (2021). Pergeseran Literasi pada Generasi Milenial Akibat Penyebaran Radikalisme di Media Sosial. Millah: Jurnal Studi Agama, 20 (2), 195-222.,

Jufri, M., & Dahlan, A. (2018). Kepemimpinan Non Muslim di Indonesia Perspektif Hukum Islam. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 12 (1), 59–78. https://doi.org/10.35316/ lisanalhal.v12i1.141

Jufri, M., & Dahlan, A. (2018). Kepemimpinan Non Muslim di Indonesia Perspektif Hukum Islam. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 12 (1), 59–78. https://doi.org/10.35316/ lisanalhal.v12i1.141,

Mohammad Sabri. Keberagamaan yang Saling Menyapa Perspektif Filsafat Perennial, (Yogyakarta, Ittaqa Press:1999)

Mohammad Sabri. Keberagamaan yang Saling Menyapa Perspektif Filsafat Perennial,…..

Nurkholis Majid. Islam Agama Peradaban, dalam artikel "Pendekatan Sejarah dalam Memahami Hijrah".

NU Online, Gus Yahya Menjadi Pembicara Kunci di Oxford. Diakses pada 28/11/2022

Interpretasi tematik dari ayat 13 Qs; Al-Hujurat, yang asrtinya adalah Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Nurochim, Mahmud. Pluralisme Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Ma’arif 1 Metro, Jurnal Unisan, Vol. 01 No.3 2022

SETARA Institute. (2019). Tipologi Keberagamaan Mahasiswa: Survei di 10 Perguruan Tinggi Negeri. Artikel publikasi diakses pada 28 Agustus 2023, di www.setarainstitute.com

Peter L Berger dan Luckman, Thomas. “Tafsiran Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuanâ€. LP3ES, Jakarta, 1990), h. 67.

Rohman, Ahmad Yani Fathur. Sembilan Nilai Utama Gus Dur Perspektif Etika Ibnu Miskawaih. Jurnal Sosmaniora, Vol. 2, No. 2, 2023, h. 271

Setiawandari, H., Munandar, A. I., & Hannase, M. (2020). Ketahanan Individu Pemuda terhadap Paham Radikalisme. Journal of Terrorism Studies, 2 (2). Article 5. https:// doi.org/10.7454/jts.v2i2.1025

Suryana, A. (2022). Religious Extremism in Major Campuses in Indonesia. ISEAS Publishing

Subagyo, Agus. “Bela Negara: Peluang dan Tantangan Di Era Globalisasi,†(Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015).

Sharan B. Merriam, Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation (USA: The Jossey-Bass, 2009), hlm. 13 dalam Nurokhim, Machmud, (2022). Pluralisme dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Ma’arif 1 metro. Junal UNISAN: Jurnal Manajemen dan Pendidikan. Vol. 1, No, 3 2022. ,hlm. 827

Titi Sunarti dkk, “Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis (Studi Kasus Di SMP 2 Bantul),†Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No. 2, 2014, h. 185.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Pasal 30 Ayat 1 dan Pasal 27 Ayat 3.

Wilfred Cantwell Smith. Kitab Suci Agama-Agama, (Jakarta: Teraju, 2005)

Zaki, Muhammad. Pendidikan agama islam di perguruan tinggi umum berbasis multikulturalisme. Jurnal Nur El-Islam, Vol. 2 Np. 1 2015

Published

18-11-2023

Citation Check