Model Insersi Pendidikan Antikorupsi Dalam Pembelajaran Keagamaan Islam di SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5131Keywords:
Pendidikan Agama Islam, nilai-nilai antikorpsi, soft skill, SMK-Pusat KeunggulanAbstract
References
Burhanuddin, A. A. (2021). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Mahasiswa. Salimiya : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 54–72.
Devayanti, D. G. S. (2015). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 1–15.
Dike Widhiyaastuti, I. G. A. A., & Ariawan, I. G. K. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Untuk Berperilaku Anti Koruptif Melalui Pendidikan Anti Korupsi. Acta Comitas, 3(1), 17. https://doi.org/10.24843/ac.2018.v03.i01.p02
Faisal, A., & Yuliani, I. (2018). Productive Zakat of Baznas Yogyakarta on the Growth of Micro Business. Shirkah: Journal of Economics and Business, 2(3). https://doi.org/10.22515/shirkah.v2i3.169
Fatahillah, & Hendayani, S. (2022). Telaah Tekstual Insersi Etika Anti Korupsi dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Distrupsi Teknologi 4.0. Journal of Elementary School Education, 2(1), 94–104.
Gall, B. (1989). Educational research: An introduction ((5th Ed.)). Boston-USA: Allyn and Abcon.
Karsona, A. M. (211AD). Pengertian Korupsi. In Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi (p. 23). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Kebudayaan, M. P. D. (2021). Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Ri Nomor 17/M/2021. Lembaran Negara RI.
KPK. (2006). Memahami Untuk Membasmi. Jakarta: KPK.
Kristiono, N., Astuti, I., & Uddin, H. R. (2020). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di SMK Texmaco Pemalang. Integralistik, 31(1), 13–21.
Laso. (2010). Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Bahaya Korupsi Melalui Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah dalam Upaya Menciptakan Generasi Muda yang Anti Korupsi di SMK Diponegoro Karanganyar. Jurnal Pena, 19(2), 145–153.
Lestari, B., & Pardimin, P. (2019). Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 113. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3652
Lickona, T. (1989). Educating For Character: HowOur School Can Teach Respect and Responsibility (1st ed.). New York: Carol Nylen.
Mardi, M. (2021). Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Bidang Animasi Melalui Program SMK PK (Pusat Keunggulan). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(8), 1259–1268. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.208
Mu’arifah, Suyadi, Dwi Hastuti, S. (2019). Model Pendidikan Antikorupsi dalam Pembelajaran Keagamaan Islam Berbasis Neurosains (Studi Multi Kasus Pada Pendidikan Anak Usia Dini Ramah Otak Di Kepulauan 3t Bawean, Gresik, Jawa Timur. Jakarta: Kementerian Pendidikan Tingi, Riset, dan Teknologi.
Muhammadiyah, M. T. dan T. P. P. (2006). Fikih Anti Korupsi Perspektif Ulama Muhammadiyah. Jakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Mustakim, M. (2013). Wawasan Al-Quran tentang Pendidikan Anti Korupsi. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,†2(1).
Nownes, A. (2017). Lobbying: The preconditions of an anti-corruption promise. Anti-Corruption Resource Centre (Vol. 4). Australia.
Rachman, D. A. (2019). KPK: Pelaku Korupsi Semakin Muda dan Melibatkan Keluarga. Kompas.Com, p. 2.
Ratnawati, D. (2016). Kontribusi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Keluarga terhadap Soft Skill Siswa SMK. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 01(1), 23–32.
Sasongko, A. (2016). Madrasah Anti Korupsi, Program Unggulan Pemuda Muhammadiyah. Republika.Co.Id, p. 6.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta. Retrieved from https://www.belbuk.com/metode-penelitian-pendidikan-pendekatan-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-p-10743.html
Sukarinto, W. (2021). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22/D/O/2021 Tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Jakarta: Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumaryati. (2014). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Antikorupsi Untuk Mewujudkan Karakter Jupe Mendi Tangse Kebedil (Survey Dalam Proses Pembelajaran Di SMA N 3 Bantul). Yogyakarta.
Sumaryati, S. (2021a). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran PPKn Bermuatan Pendidikan Antikorupsi bagi Guru PPKn SMA dan SMK Kabupaten Kulon Progo. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3, pp. 623–629).
Sumaryati, S. (2021b). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. In Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran PPKn Bermuatan Pendidikan Antikorupsi bagi Guru PPKn SMA dan SMK Kabupaten Kulon Progo (Vol. 3, pp. 623–629). LPPM UAD.
Sumaryati, Suyadi, & D. Hastuti. (2019). Pendidikan Anti korupsi di Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Yogyakarta: UAD Press.
Sumaryati, Suyadi, & Hastuti, D. (2019). Pendidikan Anti korupsi di Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Yogyakarta: UAD Press.
Suryaningtyas, N., Siswandari, & Hamidi, N. (2019). Persepsi Siswa Tentang Nilai Kemandirian Pada Pendidikan Antikorupsi (Studi Di SMK). Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1), 82–94, hlm 83.
Suyadi, Dwi Hastuti, S. (2019). Anticorruption Education Insertion in Islamic Religious Learning In The Umar Mas’ud Kindergarten of Bawean Island Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(10), 771–783.
Suyadi. (2018). Integration of Anti-Corruption Education (PAK) In Islamic Religious Education (PAI) With Neuroscience Approach (Multi-Case Study in Brain Friendly PAUD: I Sleman Kindergarten Yogyakarta). Inferensi, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(2), 307–330.
Suyadi. (2019). Constitutional Piety: The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 1–12.
Suyadi, Nuryana, Z., & Asmorojati, A. W. (2021). The insertion of anti-corruption education into Islamic education learning based on neuroscience. International Journal of Evaluation and Research in Education. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21881
Suyitno, Lisa Retnasari, S. (2022). Prototipe Madrasah Antikorupsi di Sekolah Dasar Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 851–858. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/18284
Suyitno, S., Sukmayadi, T., & Mahadhni, J. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendidikan Antikorupsi Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kapanewon Depok Yogyakarta. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 37. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2571
Teddlie, A. T. C. (2010). Handbook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research. Thousand Oaks, California: Sage Publication.
Tripuspita, N., Belladonna, A. P., & Sadiman, A. O. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Antikorupsi di SMK Bina Insan Bangsa Kabupaten Bandung Barat. MORES; Jurnal Pendidikan Hukum, Politik, Dan Kewarganegaraan, 4(1), 9–22.
Umam, M. H. (2013). Pandangan Islam tentang Korupsi. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 3, 462–482.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Antikorupsi di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
X, H. B. (2020). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 60 Tahun 2020 Tentang Implementasi Insersi Pendidikan Antikorupsi Pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Dan Sekolah Luar Biasa. GUbernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).