MENGGAGAS STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UIN KHAS JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.5106Keywords:
Strategi, Pembelajaran, PaikemAbstract
Artikel ini membahas tentang konsep, penerapan, dan evaluasi strategi pembelajaran PAIKEM di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KH Achmad Siddiq Jember yang diimplementasikan dosen selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian bahwa konsep strategi PAIKEM adalah proses pembelajaran dimana pengajar harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif, maka pembelajaran tersebut bertentangan dengan hakikat belajar. Peran aktif dari siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain. Penerapan strategi PAIKEM dilakukan dengan menerapkan beberapa metode yaitu metode ceramah, diskusi, demonstrasi, resitasi, dan karya wisata. Selanjutnya, pada evaluasi strategi pembelajaran PAIKEM yakni dibagi menjadi dua teknik evaluasi, yaitu teknik tes dan teknik non tes. Evaluasi dengan tes dilakukan dengan tes lisan dan tes tertulis. Sedangkan evaluasi dengan non tes dilakukan dengan pengamatan pada setiap proses pembelajaran.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu, and Joko Tri Prasetya. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Asari, Slamet, Santya Dian Pratiwi, Trias Fitri Ariza, Heni Indapratiwi, Citra Ayu Putriningtyas, Firdah Vebriyanti, Iqnatia Alfiansyah, Sukaris Sukaris, Ernawati Ernawati, and Andi Rahmad Rahim. 2021. “PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan).†DedikasiMU : Journal of Community Service 3 (4): 1139–48. https://doi.org/10.30587/DEDIKASIMU.V3I4.3249.
Djamarah, Saiful Bahri. 2005. Metode Pembelajaran. jakarta: Rineka Cipta.
Evayana, E. 2022. “Implementasi Paikem Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Babussalam Pekanbaru.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6: 3830–41. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3460%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3460/2950.
Fuad Yusuf, Choirul. 2007. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP). Jakarta: Pena Citasatria.
Hardianto, and M Rusli Baharuddin. 2019. “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.†Cokroaminoto Journal of Primary Education 2 (1): 27–33. https://doi.org/10.30605/CJPE.212019.105.
Margono, Sugianto. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarrya.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik Dan Implementasi. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
RI, Menag. 2006. Undang – Undang Dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Agama Islam.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Sarly, Shintia May, and Putri Hana Pebriana. 2020. “Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Kreativitas Karya Kolase Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling 2 (2): 156–60. https://doi.org/10.31004/JPDK.V2I2.1029.
Sumarno, Yuel, Apin Militia Christi, Febie Yolla Gracia, Anastasia Runesi, and Hendrik Timadius. 2021. “Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Pandemi Covid-19.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 4 (2): 226–44. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.274.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning, Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zaini, Hisyam, and Bermawi Munthe. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).