MENDIDIK ANAK DALAM MENCINTAI AL-QURAN: Studi Kasus di TPA Darussalam Al-Hamidiyah Bogor

Authors

  • Asnan Purba STEI Tazkia Bogor, Indonesia
  • Maturidi Maturidi Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN La Raiba Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.508

Keywords:

Pendidikan, Al-Quran, Taman Pendidikan al-Quran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari tentang bagaimana mendidik anak mencintai al-quran yang dilakukan di Taman Pendidikan al-Quran Darussalam Al-Hamidiyah Bogor, Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang yang sudah tahu kepada orang yang belum tahu sebagai sarana untuk menjadikan pribadi yang insan kamil. Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia, sebagai undang-undang makhluk hidup di dalamnya banyak hal-hal yang harus dilakukan oleh manusia sebagai panduan hidup dunia dan akhirat. Dalam hal ini Taman Pendidikan al-Quran sebagai tempat pendidikan al-Quran bagi santri-santri yang berada di Tapos Tenjolaya Bogor mempunyai keunikkan yang khas, dengan memberikan kepada mereka pendidikan mencintai al-Quran, sebagai solusi bagi masyarakat sekitar. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian tersebut dengan metode Deskriptif Kualitatif. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang mendidik anak dengan mencintai al-Quran adapun hasil penelitiannya adalah: 1. Mengenalkan al Quran Sejak Dini 2. Langkah agar anak selalu hidup bersama al-Quran, 3. Membuat dan memperbanyak  kegiatan di Taman Pendidikan Al-Quran Darussalam al-Hamidiyah 4. Membuat iklim dan suasana yang baik di lingkungan TPA Darussalam Al-Hamidiyah 5. Adanya faktor pendorong dan penghambat kegiatan mendidik anak mencintai al-quran

References

Purnama, M. D., Maulida, A., & Sarbini, M. (2019). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ALQURAN BAGI SANTRI USIA TAMYIZ DI KUTTAB AL-FATIH BANTARJATI BOGOR. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 179-191.

Khudori, Anwar Muhamad Priyatna, Moch. Yasyakur. Penerapan Metode Ummi dalam

meningkatkan kemampuan membaca al-Quran pada siswa di kelas IV SD KAIFA

Bogor, Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Thontowi, Z. S., & Dardiri, A. (2019). Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Quran Menjawab Urban Middle Class Milenial. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 159-170.

Sarbini, M., & Maya, R. (2019). MENGGAGAS PENDIDIKAN ANTI JAHILIYAH (KEBODOHAN, AL-JÂHILIYYAH). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 1-20.

Rahmawati, N., & Munadi, M. (2019). PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 57-68.

Misjaya, M., Bukhori, D. S., Husaini, A., & Syafri, U. A. (2019). KONSEP PENDIDIKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DI PONDOK PESANTREN MUKMIN MANDIRI SIDOARJO-JAWA TIMUR. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 91-108.

Ramadhan, H. R., Mulyawan, M., Hidayani, I., & Mahdi, I. (2019). METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KHULAFAURRASYIDIN. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 143-158.

Si, E. M. M., Mufarohah, L., & Alim, A. (2019). PENGGUNAAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 171-182.

Abdel, Muhammad Haleem, Memahami al-Quran: Pendekatan Gaya dan Tema

(Bandung: Marja', 1999)

Aizid, Rizem, Anak Gemar Baca, (jogjakarta : 2011)

Aminudin, et. all., Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum,

(Bogor: Ghalia Indonesia, 2005)

Arifin, Muhammad, dkk. Indonesia Berzikir risalah Anak Bangsauntuk Negeri Tercinta

(Depok: Intuisi Press, 2004)

Arifin,Muhammad. Ilmu pendidikan Islam, (tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan

pendekatan interdisiplinier (Jakarta: Bumi Aksar, 2008)

Muhammad Athiyah al-Abrasy, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terjemhan.

Bustami A. Gani dan Djohor Bahry, (Jakarta:Bulan Bintang, 1984)

Aziz, Rosmiaty Aspek-Aspek Pendidikan dari Kisah Maryam dalam al-Qur’an,

(Cet. I;Makassar: Alauddin University Press, 2011)

Bakar, Muhammad Ismail,Washaya al Rasul, (Maktabah al Manar,Kairo, 2003)

D. Marimba, Ahmad Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung : Al- Maarif,1989)

Danim, Sudarwan. Menjadi Peneliti Kualitatif. (Bandung: Pustaka Setia, 2002)

Hadi, Sutrisno. Metodolgi Research 2. (Yogyakarta: Andi Ofset 2004)

Khalid, bin Syekh Abdurrahman. Kitab Fiqh Mendidik Anak.(Jogjakarta: Diva press 2012)

Ilyas, alwahidi dkk, Islam Tinjauan Spiritual dan Sosial.(Cet. I(Yogyakarta: AK Group, 2006)

Moeloeng J, Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif. ( Bandung: Penerbit Pt Remaja Rosdakarya Offset 2007)

Muchlas, Imam.Metode Penafsiran Al-Qur’an. (Malang: UMM Press, 2004)

Nasih ,Abdullah Ulwan,Tarbiatul Awlad fi al Islam, , Dar al Salam, Kairo: 2003)

Nashih, Abdullah Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj. Drs. Jamaludin, M.Si Lc.,

Pendidikan Anak dalam Islam, (Jakarta: Pustaka Amani, 1994), Jilid 2

Profil Pondok Modern Darussalam Al-Hamidiyah. 2019

Shihab, Quraish, Yang Hilang Dari Kita Akhlak. (Penerbit Lentera Hati, Tangerang Selatan: 2017)

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur‟an. (Mizan, Bandung: 2000)

Zainuddin A. dan Muhammad Jamhari, Al-Islam 2 ; Muamalah dan

Akhlaq.(Bandung : Pustaka Setia, 1999)

Published

29-08-2019

Citation Check