Analisis Tafsir Ayat-Ayat Tauhid Menurut Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Tafsir Al-Nur Serta Urgensinya Terhadap Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5060Keywords:
Hasbi Ash-Shiddieqy, Tawhid, Islamic EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat konstruksi tauhid Hasbi Ash-Shiddieqy yang terdapat di dalam Tafsir Al-Qur’anul Karim Al-Majid An-Nur. Konstruksi tauhid Hasbi dalam tafsirnya akan ditampilkan dan melihat pokok-pokok pemikirannya yang menjadi sebuah model pengajaran dalam pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan analisis konten. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perbincangan tauhid Hasbi mempertahankan aspek eksklusivitas yang berdasarkan ajaran dalil-dalil Al-Qur’an. Eksklusivitas Hasbi lahir dari pendidikan yang mempengaruhinya sedari kecil sehingga membentuk karakter sedemikian rupa pula. Dalam pandangannya mengenai tauhid, Hasbi begitu menekankan ke dalam dua aspek, yaitu logis dan kritis. Aspek logis dari pemikiran Hasbi mengenai tauhid dapat dilihat dalam penafsirannya yang menegaskan pentingnya argumentasi berdasarkan Al-Qur’an ketika berbicara mengenai Tuhan yang Maha Esa. Sedangkan aspek kritisnya disampaikan dalam bangunan argumennya mengkritik Tuhan di luar ajaran Islam. Kedua aspek ini dapat menjadi sebuah acuan dalam model pemikiran dalam pendidikan Islam sehingga ajaran Islam yang sebenarnya berbasis argumentasi yang kuat dan nyata dapat terus dipertahankan.Â
References
Amin, Suharman, and ferry Muhammadsyah Siregar. “Telaah Atas Karya Tafsir Di Indonesia: Studi Atas Tafsir Al-Bayan Karya Tm. Hasbi Al-Siddiqi.†Afkaruna 9, no. 1 (2013): 37–49. https://doi.org/10.18196/aiijis.2013.0018.37-49.
Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Jilid 1. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
———. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Jilid 2. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
———. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Jilid 3. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
———. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Jilid 4. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
———. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Jilid 5. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
Faisal, Muhammad. “Kontribusi T.M Hasbi Ash-Shiddieqy Dalam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Di Indonesia.†Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist 4, no. 1 (2020): 24–53. https://doi.org/10.35132/albayan.v4i1.101.
Ghozali, Mahbub, and Ahmad Murtaza MZ. “Pola Pengembangan Integratif Studi Al-Qur’an Di Perguruan Tinggi Islam: Analisis Atas Gagasan Integratif Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.†Jurnal Tarbiyah 30, no. 1 (2023): 146–59.
Hamdani, Fikri. “Hasi Ash Shiddieqy Dan Metode Penafsirannya.†Rausyan Fikr 12, no. 1 (2016): 17–34.
Ibrahim, Sulaiman. “Khazanah Tafsir Nusantara: Telaah Atas Tafsir Al-Bayan Karya TM. Hasbi Ash Shiddieqy.†Farabi 15, no. 2 (2018): 103–16. https://doi.org/10.30603/jf.v15i2.646.
Idris, Muhammad Anwar. “Pemetaan Kajian Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia: Studi Atas Tafsir An-Nur Karya T.M Hasbi Ash-Shiddieqy.†Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 5, no. 1 (2020): 1–18. https://doi.org/10.30868/at.v5i1.733.30868/at.v4i01.427.
Irian, L. “Tauhid Sebagai Dasar Pendidikan Agama Islam Tafsir Q.S. Al-Baqarah:21-22.†Jurnal Pendidikan Ar-Rashid 7, no. 2 (2022): 1–14. https://www.journal.staisyarifmuhammad.ac.id/index.php/jp/article/view/24.
Marhadi. “Tafsir An-Nur DanTafsir Al-Bayaan Karya T. M. Hasbhi Ash Shiddieqy (Studi Komparatif Metodologi Kitab Tafsir).†UIN Alauddin Makassar, 2013.
Miswar, Andi. “Tafsir Al-Qur’an Al-Majid ‘Al-Nur’ Karya T.M. Hasbi Ash Shiddieqy (Corak Tafsir Berdasarkan Perkembangan Kebudayaan Islam Nusantara).†Jurnal Adabiyah XV, no. 1 (2015): 83–91.
Murtaza MZ, Ahmad, Satria Tenun Syahputra, and Saiful Mujab. “Tafsir Pendidikan Islam Dalam Tafsir Al-Burhan Karya Abdul Karim Amrullah (Analisis QS. Al-‘Alaq: 1-5).†Jurnal Kawakib 4, no. 1 (2023): 81–89.
Ramdhan, Tri Wahyudi. “Desain Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid.†Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 118–34. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3400.
Rifaki, M. “Epistemologi Tafsir Al-Nur Karya M. Hasbi Ash-Shiddieqy Dalam Memahami Al-Quran.†Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam 2, no. 2 (2021): 49–63. https://doi.org/10.58401/takwiluna.v2i2.319.
Saputro, Ichsan. “Konsep Tauhid Menurut Abdul Karim Amrullah Dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam.†At Ta’Dib 11, no. 2 (2016). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i2.779.
Shiddiqi, Nourouzzaman. “Lima Tokoh IAIN Sunan Kalijaga.†Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 2000.
Sudariyah. “Konstruksi Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Karya M Hasbi Ash-Shiddieqy.†SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary 3, no. 1 (2018): 93–106. https://doi.org/10.22515/shahih.v3i1.1282.
Supian, Aan. “Kontribusi Pemikiran Hasbi Ash-Shiddieqy Dalam Kajian Ilmu Hadis.†Mutawatir 4, no. 2 (2014): 270–91.
Ulum, Itah Miftahul. “Konsepsi Tauhid Menurut Muhammad Bin Abdul Wahab Dan Implikasinya Bagi Tujuan Pendidikan Islam.†Jurnal Lemlit Unswagati 9, no. 3 (2013): 94–105.
Wahidin, Ade. “Kurikulum Pendidikian Islam Berbasis Tauhid Asma Wa Sifat.†Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 03 (2014): 572–90.
Wahyudi, Y. “Hasbi’s Theory of Ijtihad in the Context of Indonesian Fiqh.†McGill University, 1993.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).