Transformasi Dakwah Islami: Instagram Sebagai Media Tausiah Generasi Milenial

Authors

  • Mastanah Mastanah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Mahsusi Mahsusi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Syihaabul Hudaa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Indonesia
  • Nuryani Nuryani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Luo Ying GuangXi Minzu University, China

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5046

Keywords:

digital era da'wah, Instagram, critical discourse analysis

Abstract

Penyebaran syiar Islam melalui ceramah kepada generasi milenial dianggap monoton. Akibatnya, saat syiar Islam disampaikan banyak generasi muda yang sekadar mendengar saja. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji model dakwah dalam era digital melalui media Instagram. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari tiga akun Instagram, yaitu: @dakwah_islami.i, @kajian.motivasi.hits, dan @dakwah_tauhid. Sumber data didapatkan melalui unggahan teks di dalam ketiga akun Instagram tersebut dan ditelaah menggunakan analisis wacana Norman Fairclough. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa ketiga akun tersebut memiliki pengikut di media sosial yang sangat banyak. Unggahan yang dibagian pada dasarnya merupakan dakwah yang awalnya dilakukan secara lisan, kemudian didekonstruksi menjadi lebih sederhana menjadi teks singkat di Instagram. Teks ini pada hakikatnya merupakan respon atas permasalahan yang terjadi di kalangan generasi milenial. Unggahan dakwah di dalamnya mengandung model dakwah lisan (Qauliyyah), dakwah tulisan (Kitabiyyah), dakwah teladan (Fi’liyyah), dakwah hati (Bil Qalbi), dakwah dengan media visual (Basyariyyah), dakwah dengan argumentasi (Burhaniyyah), dan dakwah dengan dialog (Munazarah) yang disederhanakan di Instagram.

 

Author Biographies

Mastanah Mastanah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Manajemen Dakwah

Mahsusi Mahsusi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Manajemen Pendidikan

Syihaabul Hudaa, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

Manajemen

Nuryani Nuryani, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Allisa, L., & Triyono, A. (2023). Pengaruh Dakwah Di Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Religiusitas Remaja Di Demak. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 26–38. https://doi.org/10.30596/ji.v7i1.13070

Baihaqi, A. (2023). Kisah Anak Durhaka di Malang Gantung Ibu gegara Tak Dibelikan Helm. Detik.Com. https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-6838432/kisah-anak-durhaka-di-malang-gantung-ibu-gegara-tak-dibelikan-helm

Barquero Cabrero, J. D., Castillo-Abdul, B., Talamás-Carvajal, J. A., & Romero-Rodríguez, L. M. (2023). Owned media, influencer marketing, and unofficial brand ambassadors: differences between narratives, types of prescribers, and effects on interactions on Instagram. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1). https://doi.org/10.1057/s41599-023-01779-8

Barta, S., Gurrea, R., & Flavián, C. (2023). Telepresence in live-stream shopping: An experimental study comparing Instagram and the metaverse. Electronic Markets, 33(1). https://doi.org/10.1007/s12525-023-00643-6

Baulch, E., & Pramiyanti, A. (2018). Hijabers on instagram: Using visual social media to construct the ideal muslim woman. Social Media and Society, 4(4), 1–15. https://doi.org/10.1177/20563051188003

Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. Longman.

Fairclough, N. (2003). Analysing Discourse: Textual Analysis for Social Research. Routledge.

Hamdi, A. Z. (2023). The radicalization of contemporary educated Indonesian: A case study of university students in Yogyakarta. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(1), 155–162. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.1.17

Hayat, M. J. (2022). PREACHING ISLAMIC LEGAL RULES ON SCREEN Conservatism on Islamic Family Law in Digital-Based Dakwah Program Mamah dan Aa Beraksi. Al-Jami’ah, 60(2), 427–466. https://doi.org/10.14421/AJIS.2022.602.427-466

Husyairi, H. (2023). Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia. LDC_. https://wearesocial.xyz/

Kompas.com. (2023). Panji Gumilang Tersangka Penistaan Agama, Berikut Perjalanan Kasusnya. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2023/08/02/05150081/panji-gumilang-tersangka-penistaan-agama-berikut-perjalanan-kasusnya

KompasTV. (2023). Angka Nikah Siri di Banjarbaru Masih Tinggi, Februari 2023 Sudah Tercatat 72 Kali ! Kompas.Tv. https://www.kompas.tv/regional/382187/angka-nikah-siri-di-banjarbaru-masih-tinggi-februari-2023-sudah-tercatat-72-kali

Latief, H. (2022). The Masyumi Networks and the Proliferation of Islamic Higher Education in Indonesia (1945-1965). Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde, 178(4), 477–502. https://doi.org/10.1163/22134379-bja10043

Maarif, B. S., & Rahmat, M. (2023). The Dakwah Communication Model of the Post-Persecution Muslim Minority: The Case of the Restoration of the Indonesian Ahmadiyya Congregation (JAI). Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 12(3), 276–290. https://doi.org/10.36941/ajis-2023-0077

Millie, J., Syarif, D., & Fakhruroji, M. (2023). The Discipline of Dakwah in Indonesia’s State Education System. Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde, 179(1), 38–60. https://doi.org/10.1163/22134379-bja10047

Muzakki, A., Rosidi, I., & Hartono, T. (2022). Islam on the air: the struggle for Salafism through radio in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 12(1), 59–84. https://doi.org/10.18326/ijims.v12i1.59-84

Nashrullah, N. (2023). Masjid Sepi Syiar Dakwah Meski Bertebaran dan Bangunannya Megah, Tanda Kiamat? Republika.Co.Id. https://islamdigest.republika.co.id/berita/rrmvdc320/masjid-sepi-syiar-dakwah-meski-bertebaran-dan-bangunannya-megah-tanda-kiamat

Nurfitria, S., & Arzam, A. (2022). Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media. An-Nida’, 46(1), 88. https://doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19245

Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Prospek, 1(1). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1718

Roqib, M. (2021). Increasing social class through islamic boarding schools in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 12(2), 305–329. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85110440018&partnerID=40&md5=4bac518b887576aa290db21bcbdba7d0

Soelaiman, R. (2023). BREAKING NEWS : Kesal Sering Dibully, Pelajar SMAN 7 Banjarmasin Tusuk Siswa Lain. Tribunbanjarmasin.Com. https://banjarmasin.tribunnews.com/2023/07/31/breaking-news-gegara-kesal-sering-dibulipelajar-sman-7-banjarmasin-tusuk-siswa-lain

Strauss, W., & Howe, N. (1991). Generations: The History of America’s Future, 1584 to 2069. William Morrow Paperbacks.

Subuki, M. (2023). Radikalisme Islam Populer : Analisis Wacana Kritis terhadap Bahasa Ustaz Selebritis dalam Aksi Bela Islam. Widyaparwa, 51(1), 174–194. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/wdprw.v51i1.1298 Abstract

Suparto, T. A., Alfatihah, B. A., Rohaedi, S., Puspita, A. P. W., Hermayanti, Y., Darmansyah, D., & Sutrisno, I. T. (2021). Exploring the Obstacles of Islamic Boarding School Health Post in Bandung Indonesia. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 17, 78–85. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85123788535&partnerID=40&md5=a8fe57b64193e218d902a60b96e0cff8

Supratman, S. H., & Suhendi, H. (2022). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keberagamaan. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v2i1.748

Susylowati, E., Sumarlam, Abdullah, W., & Marmanto, S. (2019). Communication used by female santri as part of their social interaction in indonesian modern pesantren. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(7), 77–94. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85078985907&partnerID=40&md5=77832a82ca3acbba95f834abbdc32b06

Ucu, K. R. (2023). Jika Masjid UI Sepi Jamaah, Masjid Salman ITB Masih Ramai Kajian Dakwah. Rejabar.Republika.Co.Id. https://rejabar.republika.co.id/berita/rrk2au282/jika-masjid-ui-sepi-jamaah-masjid-salman-itb-masih-ramai-kajian-dakwah

Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Ye, S., Ho, K. K. W., Wakabayashi, K., & Kato, Y. (2023). Relationship between university students’ emotional expression on tweets and subjective well-being: Considering the effects of their self-presentation and online communication skills. BMC Public Health, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12889-023-15485-2

Yulianto, A. (2023). Ustaz Hanan Attaki Dulu Sempat Ditolak Berdakwah, Ini Daftarnya. Rejabar.Republika.Co.Id. https://rejabar.republika.co.id/berita/ruj1ra396/ustaz-hanan-attaki-dulu-sempat-ditolak-berdakwah-ini-daftarnya

Published

18-11-2023

Citation Check