Strategi Interaksi Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa

Authors

  • Syahrin Pasaribu UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Indra Satia Pohan STAI Al-Ishlahiyah Binjai, Indonesia
  • Muhammad Najari STAI Al-Ishlahiyah Binjai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.5002

Keywords:

Strategi, Interaksi, Guru, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana Interaksi guru PAI dalam membentuk Akhlaqul Karimah siswa di SMA Nusa Kota Binjai. Dalam mencapai tujuan pembelajaran tentang akhlakul karimah, guru PAI mempunyai startegi pendekatan yang dilakukan kepda siswanya. Menjadi guru agama Islam bukan hanya memberikan pembelajaran formal sesuai kualifikasi akademik yang dimilki, akan tetapi guru tersebut juga memiliki tanggung jawab dapat merubah akhlak siswanya, maka perlu dilakukan strategi dalam berinteraksi.     Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru PAI, Siswa melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi interaksi guru PAI dalam  membentuk Akhlaqul Karimah siswa. Interaksi sosial dua arah yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa cukup efektif, bahwa pendekaatan tidak hanya cukup dilakukan di depan kelas, akan tetaapi perlu dilakukan pendekatan secara personal. Kendala diantaranya dalam hal penerapan dalam personal siswa. Kesimpulan bahwa Strategi interaksi guru PAI dalam  membentuk Akhlaqul Karimah siswa dapat  dilakukan melalui 3 cara yaitu : kegiatan ta’lim, penerapan norma Agama dilakukan dengan pembiasaan sholat dhuha dan dzuhur berjamaah

References

Abdullah, R. (2016) Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 1-15.

Adi, L. (2022). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1-9.

Amelia, J. (2021). Peran Keteladanan Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Smp Negeri 07 Lubuklinggau, al-Bahtsu, 6(1), 87-95.

Djamarah, Syaiful bahri. (2000) “Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatifâ€, Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Kementrian Agama RI, (2006), Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra.

Kementrian Pendidikan Nasional, (2014) Kamus Besar Bahsa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kesuma, U., Hamami, T. (2020). Implementasi Tujuan Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts Patra Mandiri Plaju Kota Palembang. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 146-180.

Mahmuda, Siti. (2010), Psikologi Sosial, Jakarta: Rajawali

Massie, A. Y., Nababan, K. R.(2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal pendidikan, XXXVII(1), 54-61.

Murdin, Muhammad.(2008), Kiat Menjadi Guru Professional, Yogyakarta: ar-ruzz media.

Novauli. F. M. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh . Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 45- 67.

Nurkholis. (2013) Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Pieter, Hari Zen. (2012), Pengantar Komunikasi Dan Konseling, Jakarta: kencana prenada media group.

Pohan, Indra Satia, (2023), Strategi Pembelajaran Umum Dan PAI, MEDAN : UMSU PRESS.

Rosarian, A. W., Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain, JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2),146 – 163.

Sahrul, (2004), Sosiologi Islam, Medan: IAIN Press

Sardiman, A.M. ( 2014), Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Sugiyono, (2008) , Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Published

21-08-2023

Citation Check