Kerangka Kerja Manajemen Rekrutmen Guru: Sebuah Tinjauan Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4656Keywords:
Manajemen Rekrutmen, Tenaga pendidik, PDCA, Systematic literatur ReviewAbstract
Proses rekrutmen guru penting dilakukan secara efektif dan efisien. Ketidak efektifan proses rekrutmen akan memberikan dampak Sekolah memperoleh guru yang kurang baik. Penelitian terkait rekrutmen guru telah banyak membahas bahwasannya kualitas rekrutmen mempengaruhi kualitas guru yang diterima oleh lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kajian mengbangkan proses manajemen rekrutmen guru dilandaskan pada manajemen proses PDCA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview semua artikel terkait manajemen rekrutmen dalam kurun waktu 2018-2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 18 artikel yang diperoleh dari Lens.org. Peneliti menggunakan PRISMA untuk menganalisis data yang terkumpul. Berdasarkan penelitian didapatkan sebuah kerangka manajemen rekrutmen yang merujuk pada siklus PDCA. Kegiatan rekrutmen diawali dengan kegiatan plan yang dimulai dari kegiatan analisis kebutuhan dan pemilihan metode rekrutmen. Kegiatan pelaksanaan diawali dengan penetapan panitia pelaksana rekrutmen, yang dimana bertugas untuk penetapan persyaratan calon guru, prosedur pendaftaran, jadwal rekrutmen dan penyiapan bahan ujian. Kegiatan dilanjutkan  kegiatan publikasi informasi lowongan sampai pada proses seleksi calon guru. Kegiatan Check dilakukan untuk menganalisis kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan, hasil yang dicapai pada kegiatan rekrutmen, untuk mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan selam proses rekrutmen. Kegiatan Act sebuah tindak lanjut hasil evaluasi untuk dilakukan pengembangan manajemen proses rekrutmen dimasa yang akan datang. Serangkaian kegiatan diatas dilakukan berulang menjadi sebuah siklus yang bertujuan untuk selalu mengarah perbaikan.
References
A’yun, Qurratu, Ali Imron, and Imron Arifin. 2019. “Rekrutmen Tenaga Pendidik Di SMA.†Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4(7):850. doi: 10.17977/jptpp.v4i7.12613.
Ahn, Eunjin, and Hyun Kang. 2018. “Introduction to Systematic Review and Meta-Analysis.†Korean Journal of Anesthesiology 71(2):103–12. doi: 10.4097/kjae.2018.71.2.103.
Arifa, Bella Nur. 2020. “Pelaksanaan Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin Bella.†Islamic Education Manajemen 5(2):168–76.
Arifin, S., F. Rahman, A. Wulandari, and V. Y. Anhar. 2013. “Buku Dasar-Dasar Manajemen Kesehatan.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Ashraf, Junaid. 2017. “Examining the Public Sector Recruitment and Selection, in Relation to Job Analysis in Pakistan.†Cogent Social Sciences 3(1). doi: 10.1080/23311886.2017.1309134.
Aziz, Safrudin. 2019. “Keberhasilan Program Tahfidz Al-Qur’an Kejar Paket B Darul Qur’an Al-Karim Baturaden Banyumas T.A. 2018-2019.†TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14(2):161. doi: 10.19105/tjpi.v14i2.2162.
Aziz, Tengku Ariefanda, M. Syamsul Maarif, and Anggraini Sukmawati. 2017. “Pengaruh Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja.†Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen 3(2):246–53. doi: 10.17358/jabm.3.2.246.
Bäckström, Martin, and Fredrik Björklund. 2017. “Increasing Systematicity Leads to Better Selection Decisions: Evidence from a Computer Paradigm for Evaluating Selection Tools.†PLoS ONE 12(5):1–15. doi: 10.1371/journal.pone.0178276.
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Bernandianto, Raden Biroum, and Vivi Friskila Angela. 2019. “Studi Pengelolaan Tenaga Pendidik Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Kota Palangka Raya.†Pencerah Publik 6(1):11–14. doi: 10.33084/pencerah.v6i1.959.
Dakhi, Yohannes. 2016. “Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu.†Jurnal Warta 53(9):1679–99.
Fahmi, Irham. 2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia : Konsep & Konerja. Edisi Pert. Mitra Wacana Media.
Faishal Haq, Muhammad. 2018. “Manajemen Guru Era Otonomi Daerah.†Journal EVALUASI 1(2):185. doi: 10.32478/evaluasi.v1i2.72.
Hamadi, Hamadi. 2018. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sdit Ishlahul Ummah Kota Sawahlunto.†Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2):103. doi: 10.31958/jaf.v6i2.1388.
Herawati, Etti. 2019. “Evaluasi Penialaian Kinerja Guru Bersertifikasi Di Sd Inpres 25 Kabupaten Sorong Tahun 2017.†Biolearning Journal 6(1):8–15.
Hidayat, Hidayat, and Asriyantini. 2020. “Analisis Pola Rekrutmen Tenaga Pendidik.†Jambura Journal of Educational Management 1(September):60–70. doi: 10.37411/jjem.v1i2.163.
Jefferson, O. A., D. Koellhofer, B. Warren, and R. Jefferson. 2019. “The Lens Meta Record and Lens ID: An Open Identifier System for Aggregated Metadata and Versioning of Knowledge Artefacts.†1–10.
Kurniawati, Dhoni. 2018. “Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Elevansinya Dengan Manajemen Modern.†Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 11(1):19–40. doi: 10.24042/ijpmi.v11i1.3414.
Kurniawati, Etik. 2019. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp It Darussalam Sragen.†7(1):28–56.
Lisnandari. 2018. “Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Di Madrasah Aliyah Lisnandari.†Jurnal Islamic Education Manajemen 3(2):193–200.
Loeb, S., and J. Myung. 2020. “Economic Approaches to Teacher Recruitment and Retention.†Pp. 403–14 in The Economics of Education: A Comprehensive Overview.
MacLure, Katie, Vibhu Paudyal, and Derek Stewart. 2016. “Reviewing the Literature, How Systematic Is Systematic?†International Journal of Clinical Pharmacy 38(3):685–94. doi: 10.1007/s11096-016-0288-3.
Manahung, Muhammad Ramoend. 2019. “Strategi Pengelolaan Pendidikan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Di Gorontalo.†Al-Ulum 19(2):482–505. doi: 10.30603/au.v19i2.827.
Marhaeni, Novie P. 2019. “Analisis Pekerjaan Dan Perencanaan Sumber Daya Manusia Serta Pengaruhnya Terhadap Metode Rekrutmen.†Jurnal Bisnis Terapan 3(02):129–36. doi: 10.24123/jbt.v3i02.2508.
Mirnawati, Mira. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. edited by A. Hanan Nugraha. Gorontalo: Ideas Publishing.
Page, Matthew J., Joanne E. McKenzie, Patrick M. Bossuyt, Isabelle Boutron, Tammy C. Hoffmann, Cynthia D. Mulrow, Larissa Shamseer, Jennifer M. Tetzlaff, Elie A. Akl, Sue E. Brennan, Roger Chou, Julie Glanville, Jeremy M. Grimshaw, Asbjørn Hróbjartsson, Manoj M. Lalu, Tianjing Li, Elizabeth W. Loder, Evan Mayo-Wilson, Steve McDonald, Luke A. McGuinness, Lesley A. Stewart, James Thomas, Andrea C. Tricco, Vivian A. Welch, Penny Whiting, and David Moher. 2021. “The PRISMA 2020 Statement: An Updated Guideline for Reporting Systematic Reviews.†The BMJ 372. doi: 10.1136/bmj.n71.
Paré, Guy, Marie Claude Trudel, Mirou Jaana, and Spyros Kitsiou. 2015. “Synthesizing Information Systems Knowledge: A Typology of Literature Reviews.†Information and Management 52(2):183–99. doi: 10.1016/j.im.2014.08.008.
Parlina, Ika, Syahidin Syahidin, and Munawar Rahmat. 2020. “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi.†Jurnal Kajian Peradaban Islam 2(2):22–30. doi: 10.47076/jkpis.v2i2.32.
Prashar, Anupama. 2017. “Adopting PDCA ( Plan-Do-Check-Act ) Cycle for Energy Optimization in Energy-Intensive SMEs.†Journal of Cleaner Production 145:277–93. doi: 10.1016/j.jclepro.2017.01.068.
Purwanto, Riyadi. 2018. “Rancang Bangun Decision Support System (DSS) Untuk Membantu Menentukan Hasil Seleksi Pegawai Pada Politeknik Negeri Cilacap Dengan Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE).†Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3(2):190–99. doi: 10.30591/jpit.v3i2.861.
Rahayu, Milla, Nurul Ulfatin, and Juharyanto Juharyanto. 2018. “Sistem Pengelolaan Guru Tidak Tetap (Gtt) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.†Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1(3):263–69. doi: 10.17977/um027v1i32018p263.
Sancassani, Pietro. 2023. “The Effect of Teacher Subject-Specific Qualifications on Student Science Achievement.†Labour Economics 80:102309. doi: https://doi.org/10.1016/j.labeco.2022.102309.
Sandela, Maivia. 2019. “Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Di Sdit Sa’Adiah Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.†Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 7(2):155. doi: 10.31958/jaf.v7i2.1674.
Sastrawan, Ketut Bali. 2019. “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategis.†Jurnal Penjaminan Mutu 5(2):203. doi: 10.25078/jpm.v5i2.763.
Schmidt, Hugo. 2018. “Explosive Precursor Safety : An Application of the Deming Cycle for Continuous Improvement.†Journal of Chemical Health & Safety 1–6. doi: 10.1016/j.jchas.2018.09.005.
Sholihah, Hidayatus. 2020. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di MAN Yogyakarta III.†Journal of Education Research 1(3):225–36. doi: 10.37985/jer.v1i3.26.
Su’eb. 2021. “Manajemen Rekrutmen Dan Seleksi Tenaga Pendidik Studi Kasus Di MA Al Khoziny Buduran Sidoarjo S u ’ Eb IAI Al-Khoziny Buduran Sidoarjo.†4(1):15–33.
Suhariadi, Fendy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendekatan Teori Dan Praktis. Surabaya: Airlangga University Press.
Supriadi, Supriadi. 2018. “Manajemen Rekrutmen Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.†Jurnal Hadratul Madaniyah 5(2):89–101. doi: 10.33084/jhm.v5i2.889.
Susanti, Yuni. 2019. “Manajemen Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Madrasah Efektif Di Madrasah Tsanawiyah Pp Mu’Allimin Muhammadiyah Sawah Dangka Agam.†Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2):115. doi: 10.31958/jaf.v6i2.1389.
Titisari, Millenia, and Khairul Ikhwan. 2021. “Proses Rekrutmen Dan Seleksi: Potensi Ketidakefektifan Dan Faktornya.†JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan) 6(3):11. doi: 10.32503/jmk.v6i3.1848.
UNESCO. 2016. GEM Report: Education for People and Planet.
Vries, J. A. De, A. Dimosthenous, K. Schildkamp, and A. J. Visscher. 2022. “Studies in Educational Evaluation The Impact on Student Achievement of an Assessment for Learning Teacher Professional Development Program.†Studies in Educational Evaluation 74(September 2021):101184. doi: 10.1016/j.stueduc.2022.101184.
Whitfield, Jennifer, Manjari Banerjee, Hersh C. Waxman, Timothy P. Scott, and Mary Margaret Capraro. 2021. “Recruitment and Retention of STEM Teachers through the Noyce Scholarship: A Longitudinal Mixed Methods Study.†Teaching and Teacher Education 103(2001). doi: 10.1016/j.tate.2021.103361.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).