PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MATA PELAJARAN FIKIH DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.490

Keywords:

multimedia interaktif, adobe flash, fikih

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan minat hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI.A dan XI.B MAN 2 Kuningan Tahun Pelajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dengan cara purposed random sampling. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran fikih berbasis multimedia interaktif dalam bentuk Adobe Flash, yang memuat ilmu fikih dasar disertai dengan unsur multimedia seperti unsur video, suara, animasi, dan unsur lainnya untuk mendukung sistem multimedia yang memungkinkan anak didik berantusias dan berminat terhadap Pembelajaran Fikih Berbasis Adobe Flash (PFBAF). Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran Adobe Flash, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran klasikal. Pengambilan data diperoleh dengan hasil pretest dan postest untuk mendapatkan data nilai minat siswa yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil peningkatan minat siswa dengan menggunakan Adobe Flash meningkat secara signifikan.

References

The purpose of the study was to determine the increase in the ability of student learning outcomes by using Adobe Flash-based learning media. The population in this study were class XI.A MAN 2 Kuningan and XI.B MAN 2 Kuningan academic year 2018/2019. Selection of samples by purposed random sampling. This research produces interactive multimedia-based fiqh learning media in the form of Adobe flash, which contains basic fiqh accompanied by multimedia elements such as elements of video, sound, animation and other elements to support multimedia systems that enable students to be enthusiastic and interested in Pembelajaran Fikih Berbasis Adobe Flash (PFBAF). The experimental class is taught with Adobe Flash learning, while the control class is taught with classical learning. Data retrieval was obtained with the results of the pretest and posttest to obtain data on students motivation ability values which were then analyzed by the average difference test. Based on the results of the study, the results of the increase in students motivating reasoning ability using Adobe Flash increased significantly.

Additional Files

Published

29-08-2019

Citation Check