Komunikasi Islam: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Bengkulu Indonesia

Authors

  • Rini Fitria Universitas Agama Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4564

Keywords:

Model, Komunikasi, Pembelajaran, Pendidikan, Agama, Islam, SMA

Abstract

Artikel ini membahas model komunikasi islam merupakan strategi pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) kota Bengkulu, Penting dilakukan berdasarkan observasi awal bahawa komunikasi yang terjadi dalam proses pembelajaran masih memerlukan pendekatan komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok serta model pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah bagaimana model komunikasi islam sebagai strategi pembelajaran PAI yang digunakan guru di SMAN Kota Bengkulu? Tujuan  ini untuk menjawab strategi pemebelajaran Pendidikan Agama Islam dalam konteks komunikasi antarpribdai, komunikasi kelompok yang digunakan guru PAI. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data dengan pengumpulan data, verifikasi data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. tekhnik validasi data dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. 95 informan di ambil secara purposive, sebagai perwakilan SMAN  3, 5, 7 Kota Bengkulu. Hasil adalah model komunikasi islam sebagai strategi  pembelajaran PAI yang digunakan guru di SMAN Kota Bengkulu, bukan hanya mengandalkan kemampuan guru dalam menghafal materi pembelajaran, akan tetapi mencoba untuk meningkatkan kemampuan motivasi belajar siswa dan dapat menemukan titik terang dari materi pembelajaran. Pemahaman siswa secara konitif, afektif dan di aplikasikan dalam kehidupannya, dengan qawlan sasidan, layyinan, ma’rufan, maysyuran, balighah, kariman dalam proses pembelajarannya.

References

A, Fotana dan H.J. Frey, Wawancara seni ilmu pengetahuan, (Dariyanto B.S Fata, Abi dan J. Rinaldi, Trans). In N K. Denzin dan Y.S. Lincon (Eds). Handbook of Qualitative Research (2 ed., Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2009

A. Muis, Komunikasi Islam, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2001

Anslem Strauss dan Juliet Corbin diterjamahkan oleh Muhammad Shodiq dan Imam Mutaqqien, Dasar daear penelitian Kualitatif, tata langkah dan teknik teknik teoritis Data, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2013.

Burhan Bungin, Penelitian Kualittaif, Kencana, Prenada Media Group, Jakarta, 2008.

C. Daymon dan I, Holloway, Metode-metode riset Kualitatif: dalam publick relation dan Marketing Communications, Bentang Pustaka, Yogyakarta, 2008.

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi suatu Pengantar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Dedy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003.

Deni Darmawan, Komunikasi Pendidikan perspektif Bio-Komunikasi, Remaja Rosda Karya, bandung, 2016

Departemen Agama RI, Alqur’an Terjemah, Depok, Jakarta, 2012.

Djamaan Satori dan Aan Komariah, Metodologi Kualitatif, Alfbeta, Bandung, 2010.

Emzir, Analisis data: Metodologi penelitian kualitatif, Raja Grafindo Perkasa, Jakarta, 2010.

Hadi Widodo,Et.All, Komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 11 Nomor 2 Juni 2021 ISSN: 2087-9385 (print) dan 2528-696X (online) Tahun 2021 diakses Juni 2022, http://jurnal.umk.ac.id/index.php/R

Imam Gunawan, Metode Penelitian KUalitatif teori dan praktik, Bumi Aksara, Jakarta, 2013, hal 88

Irawati, model pembelajaran CTL, Jurnal Ilmiah Multi Sice, STIA, Vol 1 Tahun 2020, https://jurnal.staiaulia.ac.id/index.php/TAZKIYAH/article/view/26/20

Jalaludin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2001

Lexy J, Moleong, Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004

Mafri Amir, Etika Komunikasi Massa dalam pandangan Islam, Logos, Jakarta, 2019

Mafri Amir, Etika Komunikasi Massa dalam pandnagan Islam, Logos, Jakarta, 2019.

Miles dan Huberman, Qualitative data analysis: A Soucebook of new methods. SAGE, Beverly Hills, 1992, hal 87.

Muh. Rizal Masdul, Komunikasi Pembelajaran, Learning Communication, IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, ISSN 0216-4949 (Print) || ISSN 2615-4870 (Online) Volume 13, Nomor 02, Juli 2018 diakses Juni 2022, https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/259/1335

NK Denzin, The Research Act: A Theoritical Introduction in Sociological Methods, McGraw-Hill. New York, 1978.

Ridwan Abdullah Sani, At All, Penelitian Pendidikan, Tira Smart, Tanggerang, 2018.

Suharsimi Arikunto, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2022.

W.J. Creswell, Qualitativd inquiry and research Design: Choosing among Five approaches (2nded). Thaousand Oaks C.A: Sage Publicationns. 2007.

Xing Lu, Xing Wei Liu, Wei Zhang, Diversities of learners’ interactions in different MOOC courses: How these diversities affects communication in learning , 2020 di akses Juni 2022, https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103873

Yan Hendra, Pengaruh Komunikasi Keluarga, Guru Pendidikan Agama Islam dan Teman Sebaya terhadap Etika Komunikasi Islam siswa sekolah menengah Pertama di Kota Medan, Disertasi, 2017 di akses 18 Juli 2022. http://repository.uinsu.ac.id/1851/1/DISERTASI%20FULL%20YAN%20HENDRA.pdf .

Yosal Iriantara, Komunikasi Pembelajaran, interaksi komunikatif dan edikatif di dalam kelas, Simbiosa Rekatama, 2014.

Yusan Alfi Rohman Wahid, Peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik SMK Otomotif melalui model pembelajaran Kooperatif Student Team Achievment Divisions (STAND) . JPTM. Volume 11 Nomor 01 Tahun 2021, 157 – 162, diakses Juni 2022 . https://scholar.google.co.id/scholar?as_ylo=2022&q=artikel+komunikasi+pembelajaran&hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1

Published

29-08-2023

Citation Check