Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 52-67 (Kajian Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al Qurtubi)

Authors

  • Sumardi Sumardi UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Syamsu Nahar UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Yusnaili Budianti UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4819

Keywords:

metode, pembelajaran, alquran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penafsiran  surat Al Anbiyaa’ ayat 52-67 menurut tafsir Ibnu Katsir dan tafsir  Qurtubi. Kemudian menganalisis Berbagai macam metode pembelajaran  yang terdapat dalam Al Qur’an surat Al Anbiya ayat 52-67 berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir dan Al Qurtubi. Mencari tahu Relevansi metode pembelajaran yang terkandung dalam qur’an surat Al Anbiya ayat 52-67.terhadap metode pembelajaran yang berlangsung saat ini.Penelitian ini menggunakan metode Metode Library research (penelitian kepustakaan ataupun tinjauan perpustakaan) dengan menggunakan pendekatan tafsir Tahlili, yang menggunakan sumber primernya ialah alquran. Diantara buku tafsir yang digunakan ialah terjemahan tafsir Ibnu Katsir karya Dr. Shalah Abdul Fattah Al Khalidi (Pentahqiq) dan Al Qurtubi karya Muhammad Ibrahim Al Hifnawi  (Ta’liq) dan Mahmud Hamid Utsman (Takhrij). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Secara umum Alquran surat al anbiya’ ayat 52-67 menceritakan tentang kisah nabi Ibrahim, As yang pada akhirnya menghancurkan berhala-berhala yang dianggap sebagai tuhan dimasa itu. Dari uraian tafsir Ibnu katsir dan Al Qurtubi hal dasar yang menjadi pokok permasalahan pada ayat ini adalah masalah dasar tentang ketuhanan atau ketauhidan. 2) setidaknya ada beberapa metode pembelajaran yang ditemukan dari uraian penelitian yakni Metode Uswatun hasanah dimana itu tergambar dari beberapa momen saat nabi Ibrahim tidak melakukan  penyembahan kepada berhala-berhala. 3) Relevansi metode pembelajaran dalam Al quran surat Al anbiya’ ayat 52-67 dari kajian tafsir Ibnu Katsir dan Al Qurtubi terlihat Dari beberapa metode seperti dialog, metode Diskusi, Metode ceramah observasi lapangan yang memang masih dipakai disekolah-sekolah pada umumnya. Tentu ini sebagai kontribusi yang sangat berharga sekaligus memberikan motivasi bagi sekolah-sekolah untuk bisa meningkatkan kwalitas pendidikan melalui metode yang relevan untuk digunakan

References

‘Abdullah bin Muhammad, 2008. Tafsir Ibnu Katsir, Terj. M. ‘Abdul Ghoffar E.M, Cet. 1, Tt: Pustaka Imam Asy-Syafi’i,

Akip, M. 2019. Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Dalam Al-Quran. el-Ghiroh. XVII(02), 1-16.

Akmansyah, M. 2015 Al-Quran dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 127-142.

Al-Qurtubi. 1994. Jami’ li Ahkam Al-quran, (Tafsir All-Qurtub ), Kairo : Dar Al-Kutub. Al-Mishiriyah juz I,

An Nahlawi, A. (1996). Pinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Bandung: Diponegoro, 1996.

Erich Fromm, E. (2001). Konsep Manusia Menurut Marx. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fuadi, L. H. 2013. Peran Akal Menurut Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Substantia,15(1), 81-96.

Hadi, H. (1996). Jati Diri Manusia. Yogyakarta: Kanisius.

Idrus, L. 2019. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara, 9(2), 920-935.

Irawan , H. 2020. Hakikat Sumber Daya (Fitrah, Akal, Qalb, Dan Nafs) Manusia dalam Pendidikan Islam dan Pengembangannya dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer). Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 8(1), 17-31.

Mahfud, C. 2014. The Power Of Syukur Tafsir Kontekstual Konsep Syukur dalam al-Qur’an. Epistemé, 9(2), 378-400.

Mahmudah, A. 2021. Institusi-Institusi Pendidikan dan Trasmisi Ilmu: Masjid, Madrasah, dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Rihlah,9 (2), 64-78.

Moeljadi, D. (2016). et. al. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jakarta ; 2016.

Novita, M. 2020. Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El-Islam, 4(2), 97-129.

Nurdin. 2019. Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Bagi Pendidik Era Milenial. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171-187.

Putra, M. S., Diponegoro, A. M., Yuzarion. 2022. Gambaran Kebersyukuran pada Penyandang Tunadaksa. Jurnal Psikologi Islam : Al-Qalb, 13(1), 16-27

Ramli, M. 2015. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 130-154.

Samsuri, S. 2020. Hakikat Fitrah Manusia dalam Islam. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 85-100.

Setyosari, P. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.

Takwin, B. (2007). Psikologi Naratif Membaca Manusia Sebagai Kisah. Yogyakarta: t.p.

Thalib, M. D. 2021. METODE PEMBELAJARAN MENURUT AL-QUR’AN. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 99-120

Published

21-08-2023

Citation Check