Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 52-67 (Kajian Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al Qurtubi)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4819Keywords:
metode, pembelajaran, alquranAbstract
References
‘Abdullah bin Muhammad, 2008. Tafsir Ibnu Katsir, Terj. M. ‘Abdul Ghoffar E.M, Cet. 1, Tt: Pustaka Imam Asy-Syafi’i,
Akip, M. 2019. Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Dalam Al-Quran. el-Ghiroh. XVII(02), 1-16.
Akmansyah, M. 2015 Al-Quran dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 127-142.
Al-Qurtubi. 1994. Jami’ li Ahkam Al-quran, (Tafsir All-Qurtub ), Kairo : Dar Al-Kutub. Al-Mishiriyah juz I,
An Nahlawi, A. (1996). Pinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Bandung: Diponegoro, 1996.
Erich Fromm, E. (2001). Konsep Manusia Menurut Marx. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fuadi, L. H. 2013. Peran Akal Menurut Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Substantia,15(1), 81-96.
Hadi, H. (1996). Jati Diri Manusia. Yogyakarta: Kanisius.
Idrus, L. 2019. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara, 9(2), 920-935.
Irawan , H. 2020. Hakikat Sumber Daya (Fitrah, Akal, Qalb, Dan Nafs) Manusia dalam Pendidikan Islam dan Pengembangannya dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer). Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 8(1), 17-31.
Mahfud, C. 2014. The Power Of Syukur Tafsir Kontekstual Konsep Syukur dalam al-Qur’an. Epistemé, 9(2), 378-400.
Mahmudah, A. 2021. Institusi-Institusi Pendidikan dan Trasmisi Ilmu: Masjid, Madrasah, dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Rihlah,9 (2), 64-78.
Moeljadi, D. (2016). et. al. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jakarta ; 2016.
Novita, M. 2020. Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El-Islam, 4(2), 97-129.
Nurdin. 2019. Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Bagi Pendidik Era Milenial. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171-187.
Putra, M. S., Diponegoro, A. M., Yuzarion. 2022. Gambaran Kebersyukuran pada Penyandang Tunadaksa. Jurnal Psikologi Islam : Al-Qalb, 13(1), 16-27
Ramli, M. 2015. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 130-154.
Samsuri, S. 2020. Hakikat Fitrah Manusia dalam Islam. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 85-100.
Setyosari, P. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.
Takwin, B. (2007). Psikologi Naratif Membaca Manusia Sebagai Kisah. Yogyakarta: t.p.
Thalib, M. D. 2021. METODE PEMBELAJARAN MENURUT AL-QUR’AN. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 99-120
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).