Toleransi Bergama Dengan Pendekatan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.4805Keywords:
Toleransi Beragama, Project based learning, Perguruan tinggi umumAbstract
Memanfaatkan isu agama sering kali terjadi disetiap ruang, apalagi pernah terjadi dalam sebuah pilkada kelompok masyarakat terpecah dengan isu agama yang dikembangkan. Nilai Pendidikan Islam yang mengedepankan Rahmah dan Mahabbah tidak semestinya menjadikan pemeluknya menjadi intoleran hanya karena sebuah perbedaaan. Waktu yang singkat dalam pembelajaran agama di perguruan tinggi umum masih banyak menyisakan masalah dalam menumbuhkan sikap toleransi pada mahasiswa. Tiga puluh persen data yang menunjukan terkait sikap intoleran pada mahasiswa menjadi sebuah keprihatinan dikalangan kaum terpelajar. Mahasiswa sebagai kaum intelektual semestinya menjadi garda terdepan dalam menghadirkan sikap toleransi kepada masyarakat lainnya. Project based Learning pada mata kuliah Pendidikan agama Islam dapat menghadirkan nuansa berbeda dari yang sebelumnya. Project based learning menjadikan nilai toleraransi dihadirkan dalam bentuk nyata pada pembelajaran serta mengubah dari tekkstual menjadi kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model riset dan pengembangan (R&D) pada model pembelajarannya. Dimana sebelumnya menggunakan model pembelajaanran konvensional menjadi pembelajaran berbasis proyek (Project based Learning). Penelitian ini bertujuan menjadikan pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan agama Islam lebih bermakna serta memberikan pemahaman pada nilai toleransi yang sudah terjaga sejak lama melalui pendekatan project based learning sebagai model pembelajaran di perguruan tinggi umum.
References
Anandari, Anatansyah Ayomi, and Dwi Afriyanto. 2022. “Urgensi Sikap Toleransi Umat Beragama Dalam Transformasi Masyarakat Era Society 5.0 Perspektif Islam.†IN RIGHT: Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia 11 (1). https://doi.org/10.14421/inright.v11i1.2540.
Askar, Nur, and Zulkifli Makmur. 2020. “Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian.†Jural Khitah: Kajian Islam, Budaya & Humaniora 1 (1).
Muda, Khadijah, and Siti Nor Azhani Mohd Tohar. 2020. “Definisi, Konsep Dan Teori Toleransi Beragama.†Sains Insani 5 (1). https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol5no1.179.
Muslimin, Abdul Aziz. 2017. “Pendidikan Berbasis Agama Islam Sebagai Katalisator Di Lingkungan Sosial Perkotaan.†Equilibrium: Jurnal Pendidikan 4 (2). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.495.
Nilam suci. 2022. “Pentingnya Agama Dalam Hidup.†Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam 3 (1). https://doi.org/10.31943/counselia.v3i1.37.
Nurohman, Sabar. 2015. “Pendekatan Project Based Learning.†Pendidikan Matematika.
Rahardhian, Adhitya. 2022. “Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat.†Jurnal Filsafat Indonesia 5 (2).
Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. 2022. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.†Jurnal Basicedu 6 (2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Sari, Ifka Ayu Rofikoh, Romdloni Romdloni, and Sholeh Hasan. 2022. “Pendidikan Agama Islam Berwasasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa.†Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam 9 (1).
Styowati, Esty, and Febriyanti Utami. 2022. “Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970.
Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.†Bandung: Alfabeta.
Sumarto, Sumarto. 2021. “Implementasi Program Moderasi Beragama Kementerian Agama Ri.†Jurnal Pendidikan Guru 3 (1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.294.
Suprapti, Endang. 2018. “Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar.†MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.116.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).