Pengembangan Manajemen Kurikulum Pendidikan Profetik di Pesantren Tahfidz Difabel Darul A’shom Jogjakarta

Authors

  • Ahmad Manshur Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Jawa Timur, Indonesia
  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.4787

Keywords:

pengambangan kurikulum, pendidikan profetik, difabel

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan pengembangan manajemen kurikulum dan metode pendidikan karakter yang diimplementasikan di Ponpes Tahfidz Difabel Darul A’shom Jogjakarta. Hasil penelitiannya adalah pertama, pengembangan kurikulum dilakukan dengan merumuskan perencanakan kurikulum secara subtansial yang muatan utamanya adalah pengetahuan dan nilai profetik, mengorganisasir kurikulum dalam untuk mengatur berbagai kegiatan dan materi belajar pendidikan profetik; melaksanaan kurikulum pendidikan profetik dalam kegiatan belajar setiap hari; dan pengawasan implementasi kurikulum pendidikan profetik yang dilakukan dengan cara bermusyawarah untuk keperluan mengevaluasi dan menentukan kebijakan selanjutnya. Kedua, pengembangan metode pendidikan profetik dilakukan dengan metode hiwar (percakapan) Qurani dan Nabawi, metode kisah-kisah Qurani dan Nabawi, metode amtsal (perumpamaan), metode uswah (teladan), metode mengambil ibrah (pelajaran) dan mau’izhah (peringatan), dan metode targhib (membuat senang) dan tarhib (membuat takut). Dengan pengembangan kurikulum dan metode inilah, pratik belajar dan mengajar di Pondok An- Najah dilaksanakan dengan muatan materi pendidikan profetik bisa dilakukan dengan lancar, baik dan berkelanjutan.

References

Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zaenal. 2012a. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zaenal. 2012b. Pengembangan Manajemen Kurikulum Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrohim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi Menuju Deentralisas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Vagam Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dakir. 2010. Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gary, Yulk. 2015. Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Ketujuh, Terj. Ati Cahayani, “Leadership in Organizations, Seventh Edition”. Jakarta, Indeks.

Ghofur, Abd. 2009. Pendidikan anak pengungsi model pendidikan di pesantren bagi anak-anak pengungsi. Malang: UIN Malang Press.

Handoko, T, Hani. 2012. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hasan, Hamid. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Rosda Karya.

Asy’ari, Hasyim. 2001. Adab Al ‘Alim wa Al Muta’alim. Jombang; Maktabah At Tsurats Al Islamiy.

Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kuntowijoyo. 2011. Muslim Tanpa Masjid. Bandung: Mizan.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya..

Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.

Manullang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: UGM Press.

Maunah, Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri (Dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan). Yogyakarta: Teras.

Roqib, Mohammad. 2011. Prophetic Education; Kontektualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press.

Nursodiq, Muallim. 2012. Kepemimpinan Kiai dalam Mengelola Pondok Pesantren Madrasah Aliyah. Surakarta; Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mughits, Abdul. 2008. Kritik Nalar FIQH Pesantren.Jakarta: Kencana Preenada Media Group.

Raharjo, Muhammad Mu’iz. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia yang Unggul, Cerdas, dan Berkarakter Islami; Perubahan Menuju Perbaikan dalam Menjaga Kebenaran. Yogyakarta: Gava Media.

Antonio, Muhammad Syafii. 2015. Muhammad Saw the Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkiya Publishing.

Nasution, S. 2011. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugraeni, Martiar Khomsah. 2001. “Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Al Qur’an (PPQ) Al-Amin Pabuaran Purwokerto,” Skripsi. Purwokerto: STAIN Purwokerto.

Pesma An Najah, “Laporan Pertanggungjawaban Pesantren Menulis 1”. (Purwokerto, 2012).

Pesma An Najah, “Laporan Pertanggungjawaban Pesantren Menulis 2”. (Purwokerto, 2014).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Sudjana, Djudju. 2004. Manajemen Program Pendidikan Nonformal dan Pengembangan SDM. Jakarta: Fallah Production.

Surakhmad, Winarmo. 2004. Pengantar Penelitian. Bandung: Tarsito.

Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafaruddin. 2005. Manajemen lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metodologi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Teras

Terry, George. 2006. Asas-asas Menejemen. Bandung: PT Alumni.

Tunggal, Amin, Widjaja. 2003. Manajemen Suatu Pengantar.Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, Muhammad. 2009. Pengembangan kurikulum (konsep implementasi dan inovasi). Yogyakarta: Teras.

Published

29-12-2023

Citation Check