Peran Muslimat Al-Washliyah dalam Pendidikan di Kota Medan Pasca Reformasi
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4778Keywords:
Muslimat Al-Washliyah, Pasca Reformasi, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Muslimat Al-Washliyah terkhusus di bidang pendidikan setelah era reformasi. Untuk memperoleh sumber data penelitian, dilakukan upaya kombinasi penelitian lapangan dan studi kepustakaan, di mana peneliti bertugas sebagai peneliti partisipan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Organisasi Muslimat Al-Washliyah berdiri pada tanggal 12 November 1938 di Pematang Siantar dengan nama awal Puteri Al-Washliyah. Sebelum Muslimat Al-Washliyah didirikan, organisasi Al-Washliyah yang pertama dibentuk dan didirikan pada tanggal 30 November 1930, artinya Muslimat Al-Washliyah berdiri 8 tahun setelah organisasi Al-Washliyah didirikan. Komitmen Al-Washliyah untuk mendirikan suatu organisasi sangatlah tinggi, dilihat dari usaha dan peranannya. Dan peranan Muslimat Al-Washliyah begitu penting dan berdampak positif dalam kemajuan organisasi terutama di bidang pendidikan. Setelah era reformasi peran Muslimat Al-Washliyah mampu membawa dampak yang begitu signifikan dalam perkembangannya baik lembaga-lembaga pendidikan umumnya, mulai dari pendidikan pra sekolah sampai pendidikan tinggi, baik pendidikan formal dan non-formal mengalami perkembangan baik dari segi fasilitas, jumlah unit bangunan sekolah maupun program-program pendidikan.
References
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.
Azizah, A. (2016). Muslimat Al-Washliyah: Srikandi Tak Kenal Lelah. Jakarta: Penerbit PPMA.
Dahlan, Z., et.al. (2022). Al-Washliyah Studies: Catatan Menuju 1 Abad Al-Jam’iyatul Washliyah. Medan: Centre for Al-Washliyah Studies. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=fF9YEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=Dahlan,+Z.+(2023).+Al-Washliyah+Studies:+Catatan+Menuju+1+Abad+Al-Jam%E2%80%99iyatul+Washliyah.+Medan:+Centre+for+Al-Washliyah+Studies.&ots=MRxt2u1Z1k&sig=A9Rx9qZna0dUcCpr9UcG1FQFX7s.
Hasanuddin, C. (1988). Al-Jam’iyatul Washliyah 1930-1942: Api dalam Sekam di Sumatera Timur. Bandung: Penerbit Pustaka.
Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI.
Ja’far, J. (2020). Al-Jam’iyatul Washliyah: Sejarah dan Ideologi. Medan: Perdana Publishing dan Majelis Pendidikan PB Al-Jam’iyatul Washliyah.
Remiswal, R., Fajri, S., & Putri, R. (2021). “Aisyiyah dan Peranannya dalam Meningkatkan Derajat Kaum Perempuan†Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 4(1). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KAGANGA/article/view/2341
Shihab, M. Q. (2006). Perempuan. Jakarta: Lentera Hati.
Siddik, D., & Rosnita, R. (2014). “Gerakan Pendidikan Al-Washliyah di Sumatera Utara†Jurnal Studi Keislaman, 18(1). https://ulumuna.or.id/index.php/ujis/article/view/250.
Sirot, I., & Atmaja, H. T. (2020). “Reformasi Tahun 1998: Peranan dan Dampaknya Bagi Kota Solo†Journal of Indonesian History, 9(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jih/article/view/45435.
Suwarno, W. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Syafaruddin, S., Asrul, A., & Mesiono, M. (2012). Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks.
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).