Peran Muslimat Al-Washliyah dalam Pendidikan di Kota Medan Pasca Reformasi

Authors

  • Rizki Ananda Putra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Syaiful Akhyar Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Junaidi Arsyad Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4778

Keywords:

Muslimat Al-Washliyah, Pasca Reformasi, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Muslimat Al-Washliyah terkhusus di bidang pendidikan setelah era reformasi. Untuk memperoleh sumber data penelitian, dilakukan upaya kombinasi penelitian lapangan dan studi kepustakaan, di mana peneliti bertugas sebagai peneliti partisipan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Organisasi Muslimat Al-Washliyah berdiri pada tanggal 12 November 1938 di Pematang Siantar dengan nama awal Puteri Al-Washliyah. Sebelum Muslimat Al-Washliyah didirikan, organisasi Al-Washliyah yang pertama dibentuk dan didirikan pada tanggal 30 November 1930, artinya Muslimat Al-Washliyah berdiri 8 tahun setelah organisasi Al-Washliyah didirikan. Komitmen Al-Washliyah untuk mendirikan suatu organisasi sangatlah tinggi, dilihat dari usaha dan peranannya. Dan peranan Muslimat Al-Washliyah begitu penting dan berdampak positif dalam kemajuan organisasi terutama di bidang pendidikan. Setelah era reformasi peran Muslimat Al-Washliyah mampu membawa dampak yang begitu signifikan dalam perkembangannya baik lembaga-lembaga pendidikan umumnya, mulai dari pendidikan pra sekolah sampai pendidikan tinggi, baik pendidikan formal dan non-formal mengalami perkembangan baik dari segi fasilitas, jumlah unit bangunan sekolah maupun program-program pendidikan.

References

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Azizah, A. (2016). Muslimat Al-Washliyah: Srikandi Tak Kenal Lelah. Jakarta: Penerbit PPMA.

Dahlan, Z., et.al. (2022). Al-Washliyah Studies: Catatan Menuju 1 Abad Al-Jam’iyatul Washliyah. Medan: Centre for Al-Washliyah Studies. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=fF9YEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=Dahlan,+Z.+(2023).+Al-Washliyah+Studies:+Catatan+Menuju+1+Abad+Al-Jam%E2%80%99iyatul+Washliyah.+Medan:+Centre+for+Al-Washliyah+Studies.&ots=MRxt2u1Z1k&sig=A9Rx9qZna0dUcCpr9UcG1FQFX7s.

Hasanuddin, C. (1988). Al-Jam’iyatul Washliyah 1930-1942: Api dalam Sekam di Sumatera Timur. Bandung: Penerbit Pustaka.

Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI.

Ja’far, J. (2020). Al-Jam’iyatul Washliyah: Sejarah dan Ideologi. Medan: Perdana Publishing dan Majelis Pendidikan PB Al-Jam’iyatul Washliyah.

Remiswal, R., Fajri, S., & Putri, R. (2021). “Aisyiyah dan Peranannya dalam Meningkatkan Derajat Kaum Perempuan†Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 4(1). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KAGANGA/article/view/2341

Shihab, M. Q. (2006). Perempuan. Jakarta: Lentera Hati.

Siddik, D., & Rosnita, R. (2014). “Gerakan Pendidikan Al-Washliyah di Sumatera Utara†Jurnal Studi Keislaman, 18(1). https://ulumuna.or.id/index.php/ujis/article/view/250.

Sirot, I., & Atmaja, H. T. (2020). “Reformasi Tahun 1998: Peranan dan Dampaknya Bagi Kota Solo†Journal of Indonesian History, 9(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jih/article/view/45435.

Suwarno, W. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syafaruddin, S., Asrul, A., & Mesiono, M. (2012). Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Published

21-08-2023

Citation Check