Problematika Kelembagaan Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4765Keywords:
Pendidikan Karakter, Problematika, Sosial kemasyarakatanAbstract
Problematika dalam kelembagaan merupakan sebuah keniscayaan, masalah dan  kenadala yang dihadapi oleh semua lembaga pendidikan. Problematika dalam sebuah lembaga pendidikan biasa terjadi karena dalam hal manajerial yang sering kali seorang pemimpin tidak menjalankan secara maksimal, tidak melaksankan fungsi-fungsinya sebagai seorang pemimpin, kurikulum yang tidak sesuai dengan perencanaan program dan visi misi lembaga.  Lembaga Pendidikan Islam merupakan lembaga pendidikan yang dapat memberikan contoh yang baik dalam melaksanakan menejerial, kinerja dan kurikulum. Tujuan pendidikan Islam adalah untuk mencerdasakan kehidupan bangsa, bermoral dan berakhlak karimah. Kelembagaan pendidikan yang bermutu adalah kelembagaan yang dapat diterima oleh semua masyarakat, stakeholder dan komponen lapisan lembaga pendidikan yang memberikan motivasi, inspirasi dan inovasi dalam meningkatkan kelembagaan pendidikan Islam sesuai dengan contoh model-model kepemimpinan dari masa yang lalu sampai masa sekarang.  Dalam penulisan jurnal ini dengan metode library reashet yakni studi pustaka yang menjadikan literatur sebagai rujukan utama dalam penelitian ini.  Problematika kelembagaan pendidikan Islam akan menjadi pelajaran dan tolak ukur dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam yang lebih bermutu, maju dan berkembang jika kelembagaan tersebut mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan prosedur kelembagaan, menejerial dan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder. Kunci, Lembaga, Pendidikan Islam, problematika
References
Badan Pusat Statistik Kabuaten Indramayu. 2021. Indramayu dalam angka,
Dewantara, Ki Hadjar, 2002. “ Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Doni, Koesoema, Albertus, 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, PT.Grasindo, Jakarta
Giyarsih, Juli 2014. Pengentasan kemiskinan yang komprehensif di bagian Wilayah Terluar Indonisia, Jurnal, manusia dan Lingkungan, Vol.21, (No,2)
Gunawan, Heri, 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta, Bndung
Nasih Ulwan, Abdullah, 1981.Pedoman Pendidikan Anak,Terjemahan dariTarbiyatul Aulad fl al-Islam, Asy-Syifa’, Semarang
Riwajanti, 2013.Islamic microfinance as an alternative for Poferty Alleviation, Afro Eurasion Studies,
Marfu`, 2014.Perbedaan pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak, pendidikan moral, dan pendidikan nilai, http:// risetpendidikangmarfu’.com, Diakses pada tanggal 20 Mei
Masnur, Muslih, 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional Bumi Aksara,. Jakarta
Miftah, Zainul, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling, Gena Pratama Pustaka, Surabaya
Ni’matulloh.et. all, Pendidikan Karakter Dalam Persfektif Pendidikan Islam, http://nimatlloh. blogspot.com, diakses pada tanggal 20Mei 2014.
Kuncoro, M, 1997. Ekonomi pembangunan, teori maslah dan kebijakan, Unit penerbitan dan percetakan akademi manajemen perushaan YKPN, Yogyakarta
Kesuma, 2011. Dharma, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah: Remaja Rosdakarya, Bandung
Sukmadinata, 2001.Nana Syaodih. “Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktekâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tafsir, Ahmad, 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).