Problematika Kelembagaan Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Jaedi Jaedi Universitas Wiralodra Indramayu, Indonesia
  • Kurnengsih Kurnengsih Unversitas Wiralodra Indramayu, Indonesia
  • Sarwo Edi Universitas Pelita Bangsa Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4765

Keywords:

Pendidikan Karakter, Problematika, Sosial kemasyarakatan

Abstract

Problematika dalam kelembagaan merupakan sebuah keniscayaan, masalah dan  kenadala yang dihadapi oleh semua lembaga pendidikan. Problematika dalam sebuah lembaga pendidikan biasa terjadi karena  dalam hal manajerial yang sering kali seorang pemimpin tidak menjalankan secara maksimal, tidak melaksankan fungsi-fungsinya sebagai seorang pemimpin, kurikulum yang tidak sesuai dengan perencanaan program dan visi misi lembaga.  Lembaga Pendidikan Islam merupakan lembaga pendidikan yang dapat memberikan contoh yang baik dalam melaksanakan menejerial, kinerja dan kurikulum. Tujuan pendidikan Islam adalah untuk mencerdasakan kehidupan bangsa, bermoral dan berakhlak karimah. Kelembagaan pendidikan yang bermutu adalah kelembagaan yang dapat diterima oleh semua masyarakat, stakeholder dan komponen lapisan lembaga pendidikan yang memberikan motivasi, inspirasi dan inovasi dalam meningkatkan kelembagaan pendidikan Islam sesuai dengan contoh model-model kepemimpinan dari masa yang lalu sampai masa sekarang.  Dalam penulisan jurnal ini dengan metode library reashet yakni studi pustaka yang menjadikan literatur sebagai rujukan utama dalam penelitian ini.  Problematika kelembagaan pendidikan Islam akan menjadi pelajaran dan tolak ukur dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam yang lebih bermutu, maju dan berkembang jika kelembagaan tersebut mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan prosedur kelembagaan, menejerial dan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder. Kunci, Lembaga, Pendidikan Islam, problematika

References

Badan Pusat Statistik Kabuaten Indramayu. 2021. Indramayu dalam angka,

Dewantara, Ki Hadjar, 2002. “ Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Doni, Koesoema, Albertus, 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, PT.Grasindo, Jakarta

Giyarsih, Juli 2014. Pengentasan kemiskinan yang komprehensif di bagian Wilayah Terluar Indonisia, Jurnal, manusia dan Lingkungan, Vol.21, (No,2)

Gunawan, Heri, 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta, Bndung

Nasih Ulwan, Abdullah, 1981.Pedoman Pendidikan Anak,Terjemahan dariTarbiyatul Aulad fl al-Islam, Asy-Syifa’, Semarang

Riwajanti, 2013.Islamic microfinance as an alternative for Poferty Alleviation, Afro Eurasion Studies,

Marfu`, 2014.Perbedaan pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak, pendidikan moral, dan pendidikan nilai, http:// risetpendidikangmarfu’.com, Diakses pada tanggal 20 Mei

Masnur, Muslih, 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional Bumi Aksara,. Jakarta

Miftah, Zainul, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling, Gena Pratama Pustaka, Surabaya

Ni’matulloh.et. all, Pendidikan Karakter Dalam Persfektif Pendidikan Islam, http://nimatlloh. blogspot.com, diakses pada tanggal 20Mei 2014.

Kuncoro, M, 1997. Ekonomi pembangunan, teori maslah dan kebijakan, Unit penerbitan dan percetakan akademi manajemen perushaan YKPN, Yogyakarta

Kesuma, 2011. Dharma, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah: Remaja Rosdakarya, Bandung

Sukmadinata, 2001.Nana Syaodih. “Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktekâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Tafsir, Ahmad, 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Published

15-11-2023

Citation Check