Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Menghafal ‎al-Qur’an Siswa SMP Islam Terpadu Al-Manar ‎Pangkalan Bun
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4679Keywords:
Effect, Motivation, Al-Qur’an Memorize Skill ‎Abstract
SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun mewajibkan tiap siswanya hafal 2 juz al-Qur’an dengan target 3 tahun masa pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan kapala sekolah dan guru Qur’an, masih ada sebagian siswa yang dalam waktu 3 tahun tidak mencapai 2 juz hafalan dikarenakan tiap siswa memiliki kemampuan menghafal al-Qur’an yang berbeda-beda begitupun dengan motivasi tiap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Motivasi siswa SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun. 2) Kemampuan menghafal al-Qur’an siswa SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun. 3) Pengaruh motivasi terhadap kemampuan menghafal al-Qur’an siswa SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat asosiatif.  Sampel penelitian siswa kelas VIII dan IX SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Motivasi siswa SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun memiliki motivasi yang tinggi dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,77. 2) Kemampuan menghafal al-Qur’an siswa SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun memiliki kemampuan menghafal al-Qur’an yang tinggi dengan nilai rata-rata 4,02. 3) Ada pengaruh motivasi terhadap kemampuan menghafaal-Qur’an siswa SMP Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun, dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel 0,245>0,238. Dalam penelitian diketahui bahwa kemampuan menghafal al-Qur’an siswa di SMP Iasman Terpadu Al Manar Pangkalan Bun memiliki kemampuan yang tinggi, namun tidak meneliti penguasaan tajwidnya. Oleh karena itu disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti penguasaan tajwid siswa di SMP Islam Terpadu Al Manar Pangkanlan Bun.
References
Ajahari. (2018). Ulumul Qur’an (Ilmu-Ilmu al-Qur’an). Palangka Raya: Aswaja ‎Pressindo.‎
Aziz, Jamil Abdul. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Pembentukan ‎Karakter Peserta Didik Di Roudhatul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi. Golden ‎Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1 (2).‎
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: ‎Balai Pustaka.‎
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.‎
Hidayah, Aida. (2017). Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas ‎Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia). Jurnal ‎Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Hadits, 18 (1).‎
Jarkasi. (2020). Pengaruh Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap ‎Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Darul Ulum Kota Palangka Raya. Skripsi. ‎Palangka Raya: IAIN Palangka Raya.‎
Kementrian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Departemen Agama ‎RI.‎
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. ‎Remaja Rosdakarya.‎
Kusyairi. (2014). Motivasi Belajar Intrinsik Dalam Novel. Interaksi: Jurnal Pendidikan, ‎‎9 (1).‎
Laitani, Almas. (2020). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Al-‎Qur’an-Hadits Siswa Kelas XI Di MAN 1 Metro. Skripsi. IAIN Metro ‎Lampung.‎
Lestari, Endang Titik. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah ‎Dasar. Yogyakarta: CV. Budi Utama‎
Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida ‎Journal, 4 (2).‎
Mundiri, Akmal dan Irma Zahra. (2017). Implementasi Metode STIFIn Dalam ‎Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an STIFIn ‎Paiton Probolinggo. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5 (2).‎
Nitami, Mayrika, dkk. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi ‎Akademik Siswa. Jurnal Konselor, 4 (1).‎
Nurhasanah, Siti dan A.Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil ‎Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1).‎
Nurjan, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar, Ponorogo: Wade Group.‎
Parnawi, Afi. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.‎
Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.‎
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. ‎Jakarta : Prenada Media Group.‎
Sardiman, A.M (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali ‎Press.‎
Solina, Wira dkk. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Motivasi ‎Belajar Siswa Disekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1).‎
Supriadi, Gito. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.‎
Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar (Sebuah Kajian Psikologi Pendidikan). ‎Yogyakarta: K-Media.‎
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.‎
Ulfa, Maria. (2018). Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode ‎Kauny Quantum Memory Pada Mata Pelajaran Al-Islam Kelas XII IPA 2 SMA ‎Muhammadiyah 7 Surabaya. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surabaya.‎
Uno, H. (2013). Motivasi dan pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: ‎PT. Bumi Aksara.‎
Waliya, Markhamah. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan ‎Menghafal Juz Amma Siswa Kelas V Di Mi Ma’arif 07 Karangmangu ‎Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Purwokerto: IAIN Purwokerto.‎
Zakaria, Darmawati dan Sulaiman Ibrahim. (2018). Efektivitas Bimbingan Belajar ‎Mandiri Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam ‎Peserta Didik Di SMK Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari, 3 (2).‎
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).