Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4623Keywords:
Development, Syllabus & RPS Kemuhammadiyahan, Islamic Education Study ProgramAbstract
Silabus matakuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam UMSU, masih harus disesuaikan dengan kebutuhan lulusan. Rumusan Kompetensi Dasar, metode dan capaian pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS), masih belum sesuai dengan standar teori perumusannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rumusan silabus dan RPS, serta mengembangkan Silabus dan RPS matakuliah Kemuhammadiyahan bagi mahasiswa Program Studi PAI UMSU. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode Desain Berbasis Riset. Langkah-langkah penelitiannya; identifiksasi dan analisis masalah, merancang produk, uji validitas isi oleh para ahli dan revisi, serta melakukan refleksi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen, wawancara, dan Focus Group Discussion, seta review rancangan oleh pakar. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilakukan secara interaktif.dan berlangsung. secara kontinu. Adapun langkah-langkah penelitian datanya adalah reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konten Silabus matakuliah Kemuhammadiyahan di Prodi PAI UMSU masih kurang sesuai dengan kebutuhan lulusan. Semua Kompetensi Dasar yang dirumuskan menggunakan kata kerja non operasional. Metode yang dicantumkan bersifat konvensional. Rumusan capaian pembelajaran masih pada level C1 dan C2 dengan kategori LOTS. 2) Pengembangan silabus Kemuhammadiyahan Prodi PAI ditambah dengan beberapa pokok bahasan dari kurikulum Kemuhammadiyahan tingkat SMA. Pengembangan RPS dilakukan dengan merumuskan Kompetensi Dasar menggunakan kata kerja operasional. Metode yang dicantumkan harus dapat memicu berfikir kritis, kemampuan menalar, dan berpusat pada mahasiswa. Perumusan capaian pembelajarannya harus pada level C3-C6 (HOTS).
References
A. Kusmaharti dan D. Fanani . "Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V." Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 1 (2018): 1-11.
Abidin, Y. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama, 2016.
Amin, A. R. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Amini, N.R., dkk. "Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara." Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 2019.
Arifin, S. "Rekonstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai." Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 13, no. 2 (2015): 201-221.
Baidarus. "Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan Karakter." Jurnal AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 2019: 71-79.
D.D. Dermawan, S. Wardani, dan Y.K.S. Pranoto. "Pengembangan Instrumen Assesmen HOTS Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar." JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 5, no. 3 (2021): 387-394.
E. Yunaldi, F.A. Putri, dan W. Iskandar. "Analisis Program Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills di MI At-Taqwa GUPPI Wojowalur Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019." AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2021): 97-120.
FGD. Pengembangan Kurikulum Kemuhammadiyahan bagi Prodi PAI FAI UMSU. Medan: -, 2022.
GV. Madhuri, et.al. "Promoting higher order thinking skills using nquiry-based learning." European Journal of Engineering Education 137, no. 2 (2012): 117-123.
Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Indrawai, K. "Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dengnan Metode Al-Quran Tematik." Cendekia, 2018: 17-35.
Jaelani, M., dkk. "Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya terhadap Pendidikan Islam." Al-Idaroh: Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 1 (2021): 142-155.
Komalasari, I. dkk. "Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbicara Berbicara Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Bahasa di Sekolah Dasar." Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, no. 4 (2018): 250-259.
Miles, M.B and Huberman, A.M.,. Matthews B. Miles and A. Michael Huberman, An Expanded Source book Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publication, 1992.
Muhammadiyah, Tim Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Majelis Pendidikan Tinggi PP. Buku Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Yagyakarta: Majelis Dikti PP Muhammadiyah, 2013.
Nugroho, R.A. HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2018.
Nurzannah, dan Ginting, N. "Peta Kebutuhan Mahasiswa Umsu Terhadap Kurikulum." Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 3 (2021): 777-791.
PPM-a, Tim Penyusun Pedoman AIK. Pedoman Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggui Muahammadiyah. Yogyakarta: Majelis Dikti PPM, 2013.
Sani, R.A. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart, 2019.
Sanjaya, W. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
Suparman, A. Desain instruksional modern : panduan para pengajar dan inovator pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2014.
Tobroni. April Senin, 2014. https://www.diktilitbangmuhammadiyah.org/id/ kebijakanpembelajaran-aik-di-ptm/. (accessed Agustus Jum'at, 2022).
Wangsadanureja, Miftah. "Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tingg Berbasis Terjemahan Istilah Bahasa Arab." Jurnal Uhamka 8, no. 2 (2017): 163-182.
Wibisono, Y.,. "Pengembangan dan Implementasi Kurikulum ISMUBA di SMP Muhammadiyah Pakem Sleman Yogyakarta." At-Tajdid 3, no. 2 (2019): 167-179.
Yaumi, M. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).